EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN LEARNING COMMUNITY DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA SISWA KELAS III SDN TENGGARO
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui untuk mengetahui efektifitas model pembelajaran learning community dalam meningkatkan kemampuan membaca pada siswa kelas III SDN Tenggaro. Metode yang digunakan adalah metode Quasi Experimental Design bentuk desain yang digunakan One Grup Pretest-Posttest. Populasi dan sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III di SDN Tenggaro dengan jumlah 20 siswa. Adapun teknik pengumpulan data data dilakukan dengan cara tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t (independent t test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hasil rata-rata nilai tes awal pretest kemampuan membaca anak siswa kelas III di SDN Tenggaro diperoleh nillai sebesar 69,7. Hasil rata-rata nilai akhir posstest yang diberikan perlakuan model pembelajaran Learning Community terhadap kemampuan membaca siswa kelas III di SDN Tenggaro diperoleh nilai sebesar 78,95. Hasil hipotesis menunjukkan bahwa niali, thitung sebesar 36,04, sedangkan ttabel= 1,72 (thitung >ttabel) sehingga Ha diterima dan Ho ditolak model learning community efektif terhadap kemampuan membaca pada siswa kelas III di SDN Tenggaro”.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aan, K dan Isah C. (2016). Peningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Dengan Strategi Question Aswer Relation pada siswa kelas V Sekolah dasar. Jurnal Pedagogik Pendidikan Dasar. Volume 4 nomor 2 hal 161-175
Depdiknas .(2003). Undang-undang RI No.20 tahun 2003.tentang sistem pendidikan nasional.
Endang W,W. (2018, Teori Dan Praktik Penelitian Kuantitatif, Kualitatif,PTK, R&D. Jakarta : Bumi Aksara
Helmianti. (2012), Model Pembelajaran. Pekan Baru: aswaja Pressindo
Istirani, dan Intan Pulungan.(2017). Enslikopedia Pendidikan Jilid I. Medan: Media Persada
Marhamah, M, M. (2017). Pengaruh Model Kolaboratif Berbasis Lesson Study Learning community. Jurnal ilmiah Mahasiswa, Volume 2. No 3. Hal 277-282
Mohammad,S. (2016). Strategi Kognitif Dalam Pembelajran. Bandung : Alfabeta
Morrison, George S. (2012). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini(PAUD) (Penerjemah: Suci Romadhona & Apri Widiastuti). Jakarta: PT INDEKS.
Nurhadi. (2016). Teknik Membaca. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Oemar H. (2020). Kurikulum Dan Pembelajaran.Jakarta: PT Bumi Aksara
Pebri Wulan Dari, Hermansyah & Susanti Faipri Selegi. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Project Based LearningTerhadap Hasil Belajar IPS Kelas IV. Jurnal Innovative: Volume2 Nomor 1 hal 76-87.
Purwanto. (2017). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Ramelan dkk(2012). Penggunaan Teknik Diskusi Melalui Kelompok Mmebaca Untuk Meningkatkan Minat Mahasiswa. Jurnal PendidikanTeknik Mesin: Volume 12 Nomor 1 hal 35-39
Rizkiana. (2016). “Analisis Kesulitan Membaca Pemulaan Siswa Kelas 1 SD Negeri Bangunrejo 2 Kricak Tegalrejo Yogyakarta”. Skripsi,Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta
Rusman.(2015). Pembelajaran Tematik Terpadu Teori, Praktik dan Penilaian. Jakarta: Rajawali Pers.
Sri Utami. (2018). Efektifitas Model Pembelajaran Learning Community Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Siswa Kelas III SD Negeri Kranggan 01 Kec. Geger Madiun Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Widyabastra, Volume 06, Nomor 1
Sugiyono. (2016). Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif R& D. Jakarta: Rineka Cipta.
Supadmi. (2019). Pemanfaatan Model Pembelajaran Learning Community Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengarangsiswa Kelas VI.A SDN 05 Madiun Lor Kecamatan Manguharjo Kota Madiun. Jurnal Revolusi Pendidikan Vol. II No. 2
DOI: https://doi.org/10.36706/jisd.v9i2.18158
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Inovasi Sekolah Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
PUBLISHED BY:
Universitas Sriwijaya in Collaboration with HDPGSDI (Himpunan Dosen PGSD Indonesia)
Kampus Indralaya
Jl. Palembang-Indralaya KM 32 Ogan Ilir
Kampus Palembang
Jl. Srijaya KM 5.5 Kelurahan Srijaya Kecamatan Alang-alang Lebar
email: jisd@fkip.unsri.ac.id