EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA KAIN ULOS HELA SUKU BATAK TOBA TERHADAP KONSEP BANGUN DATAR
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi bentuk-bentuk dan pola ulos hela sehingga dapat dijadikan sebagai sumber belajar pengembangan matematika kontekstual yang didasarkan pada keanekaragaman budaya.Metode yang dihunakan pada penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan etnografi. Berdasarkan jenis dan pendekatan penelitian ini, maka instrumen yang digunakan peneliti adalah human instrument, Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti berupa observasi dan dokumentasi.Dari hasil penelitian ditemukan ada enam jenis bangun datar yang terdapat pada bentuk-bentuk dan pola ulos hela yaitu : persegi panjang, belah ketupat, segitiga siku-siku, segitiga sama kaki, dan segi enam.Mengajarkan konsep bangun datar dengan menggunakan konsep kontekstual merupakan hal yang penting selain dapat memudahkan siswa memahami konsep matematis juga dapat menambah wawasan siswa.
Abstract
The purpose of this study is to explore the forms and patterns of ulos hela due to be used as learning resources for the development of contextual mathematics based on cultural diversity. The method used in this research is descriptive qualitative research with an ethnographic approach. Based on the type and approach of this research, the instrument used by the researcher is a human instrument. The data collection techniques carried out by the researcher are in the form of observation and documentation.From the results of the study, it was found that there were six types of plane shapes found in the shapes and patterns of ulos hela, namely: rectangle, rhombus, right angle triangle, isosceles triangle, and hexagon. Teaching the concept of plane shapes using contextual concepts is additionally significant to facilitate students to understand mathematical concepts, and also to increase students' insight.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Astuti, S. (2019). Eskplorasi Etnomatematika Kain Ulos Batak Toba Untuk Mengungkap Nilai Filosofi Konsep Matematika. Jurnal MathEducation Nusantara, 2(1), 45-50.
Doli, MSa’oS. & Mei, A. 2018. Eksplorasi Matematika Symbol Geometri pada Tenun Lawo Nggela Leo. Jupika: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 1-9.
Gunarto. 2008. Matematika SD/MI Kelas V. Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan
Nasional.
Harahap, Lusiana. 2022. Eksplorasi Etnomatematika Pada Motif Batik Medan. Jurnal Of Education and Social Analysis, Vol 3 No, 2 DOI: https://doi.org/10.51178/jesa.v3i2.520.
Hutauruk, A. J.2020. Karakteristik Etnomatematika dalam Pembelajaran Sekolah. Prosiding Webinar Ethnomathematics Magister Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Hkbp Nommensen, 58-62.
Marsigit, M., Setiana D.S., & Hardiarti, S. 2018. Pengembangan Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia.
Manik, E. (2021). Ethnomathematics and Realistic Mathematics Education. EasyChair Matang,R. 2002. The Role Of Ethnomathematics Education in Papua New Guinea: Implications for mathematics curriculum. Journal of Eductional Studies, 24(1), 27-37.
Muhammad Takari. 2009. Ulos Dan Sejenisnya Dalam Budaya Batak Di Sumatera Utara: Makna, Fungsi, Dan Teknologi. Makalah pada Seminar Antarabangsa Tenunan Nusantara, di Kuantan, Pahang, Malaysia. Pengajian Media, Fakulti Sastera dan Sains Sosial, Universiti Malaya,
Pensyarah Fakultas Sastra Universitas Sumatera Utara
Nawawi, Agus. 2019. Bahan Ajar Membaca Berbasis Lokal Kecamatan Kota Kudus. Jurnal Inovasi Sekolah Dasar, Vol 6 No, 2 DOI: https://doi.org/10.36706/jisd.v6i2.10337.
Ruth, Dame. 2020. Eksplorasi Etnomatematika pada Kue Tradisional Suku Batak. Prosiding Webinar Nasional Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Hkbp Nommensen, 25-32.112
Sonang, Pariang. 2014. Penerapan Pendekatan Bermain Dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas IV SD. Jurnal Inovasi Sekolah Dasar,Vol 1 No, 1 DOI: https://doi.org/10.36706/jisd.v1i1.8631.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Penerbit Alfabeta. Bandung.
Sugiyono dan Dedi Syahriannur, S. 2019. Eksplorasi Etnomatematika Kain Songket Minang Kabau Untuk Mengungkap Nilai Filosofi Konsep Matematika. Jurnal MathEducation Nusantara, 2(1), 58-63.
Yunarto Ori. 2021. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Lintas Budaya Pada Subtema Globalisasi Dan Cinta Tanah Air Berbentuk Cerita Bergambar Di Kelas Vi Sd. Jurnal Inovasi Sekolah Dasar, Vol 8 No 1 DOI: https://doi.org/10.36706/jisd.v8i1.14361
DOI: https://doi.org/10.36706/jisd.v9i2.19091
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Inovasi Sekolah Dasar: Jurnal Kajian Pengembangan Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
PUBLISHED BY:
Universitas Sriwijaya in Collaboration with HDPGSDI (Himpunan Dosen PGSD Indonesia)
Kampus Indralaya
Jl. Palembang-Indralaya KM 32 Ogan Ilir
Kampus Palembang
Jl. Srijaya KM 5.5 Kelurahan Srijaya Kecamatan Alang-alang Lebar
email: jisd@fkip.unsri.ac.id