PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA SD NEGERI 4 PALEMBANG MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA WORDWALL

Khoirul Rodzikin, Dyah Mareta

Abstract


Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa Kelas VI SD Negeri 4 Palembang melalui pemanfataan model Problem Based Learning berbantuan media berbasis IT Wordwall. Penelitian ini dilaksanakan melalui dua siklus tindakan. Penelitian ini menunjukkan bahwa ketuntasan hasil belajar naik dari siklus I yakni sebesar 53,85 % menjadi 84,62% setelah siklus II. Hasil belajar juga meningkat dari siklus I ke siklus II dengan masing-masing 64,42 dan 85,58. Studi ini menyimpulkan bahwa melalui pemanfaatan model Problem Based Learning berbantuan media berbasis IT Wordwall, akan ada peningkatan hasil belajar pada pembelajaran tematik

Keywords


Hasil Belajar, Problem Based Learning, Media Wordwall

Full Text:

PDF

References


Aniza.N., Maharani. S.D, Gandi. I. (2022). Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Di Kelas III. Jurnal Inovasi Sekolah Dasar. 8 (2), 79-86.

Arikunto, S., Suhardjono, dan Supardi. (2017). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi, Suhardjono, dan Supardi. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. 1 ed. diedit oleh Suryani. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Isma, T.W., Putra. R., Wicaksana, T. I., Tasrif, E., Huda, A. (2021) PeningkatanHasil Belajar Siswa melalui Problem Based Learning (PBL). Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 6 (1), 155-164

Junaidi. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Sikap Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, 9 (1). 25-35

Kemdikbud. (2019). Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jakarta: Direktorat Jenderal GTK

Maharani, L.P., Zainil, M. (2022) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Model Problem Based Learning (PBL) Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas V SDN 58 Lubuk Buaya Kota Padang. Journal of Basic Studies, 5 (1), 2278-2291.

Marwati, I., Amiruddin, Kaimuddin, L.O. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kelas V Sdn 7 Konda. Journal of Basication, 4 (1), 1-12

Novianti, N., Sumarno, Susanti, S. (2022) Jurnal Pendidikan Dan Konseling Volume 4 Nomor 5 Tahun 2022. Peningkatan Hasil Belajar Siswa MelaluiModel Problem Based Learning pada kelas V SDN 02 Temuireng Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4 (5), 2821-2832

Nugroho, I.A. (2021). Model Problem Based Learning Menggunakan Media Audiovisual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Subtema Perpindahan Kalor Disekitar Kita Di Kelas V Sd Negeri 132 Palembang. Jurnal Inovasi Sekolah Dasar, 8 (1), 1-9

Pertiwi, M. D., Sahabuddin, E, S., Latif, R. A. (2022) Penerapan Model PBL untuk Meningkatkan Hasil BelajarSiswa Kelas VI SDN 3 Bulusan. Pinisi Journal PGSD, 2 (1), 298-306

Samfitri. J.R., Maharani. S.D, Gandi. I. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Pada Pelajaran Matematika Sdn 11 Merapi Barat. Jurnal Inovasi Sekolah Dasar, 8 (2), 121-131

Saputra, Y.A., Susilowati, A.R. (2021). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Holistika Jurnal Ilmiah PGSD, 5 (2), 96-103

Setyawati. S., Kristin, F., Anugraheni, I. (2019) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas 2 SD. Jurnal Ilmiah Pengembangan Pendidikan. 4 (2), 93-99

Yuafian, R., Astuti, S. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Modelpembelajaran Problem Based Learning (PBL). Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 3 (1), 17-24




DOI: https://doi.org/10.36706/jisd.v10i1.19129

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Inovasi Sekolah Dasar: Jurnal Kajian Pengembangan Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

PUBLISHED BY:

Universitas Sriwijaya in Collaboration with HDPGSDI (Himpunan Dosen PGSD Indonesia)

Kampus Indralaya 
Jl. Palembang-Indralaya KM 32 Ogan Ilir
Kampus Palembang
Jl. Srijaya KM 5.5 Kelurahan Srijaya Kecamatan Alang-alang Lebar

email: jisd@fkip.unsri.ac.id


p-ISSN: 2355-7346

e-ISSN: 2685-6433