EFEKTIVITAS PENGGUNAAN TEKNIK ICE BREAKING BERBASIS TEPUK TANGAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV

resa agustina, Liza Murniviyanti, Susanti Faipri Selegi

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan teknik ice breaking berbasis tepuk tangan dalam meningkatkan minat belajar pada siswa kelas IV. Desain yang digunakan One Grup Pretest-Posttest. Populasi adalah seluruh siswa kelas IV di SDN 89 Palembang dengan jumlah 22 siswa dan sampel penelitian dengan jumlah 20 siswa. Adapun teknik pengumpulan data data dilakukan dengan cara tes dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t (paired sample t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hasil rata-rata nilai tes awal pretest siswa kelas IV di SDN 89 Palembang diperoleh nillai sebesar 53.50. Hasil rata-rata nilai akhir posstest yang diberikan perlakuan ice breaking berbasis tepuk tangan terhadap minat belajar siswa kelas IV di SDN 89 Palembang diperoleh nilai sebesar 73.00 Hasil hipotesis menunjukkan bahwa nilai , thitung sebesar 5.584, sedangkan ttabel= 1.729 (thitung >ttabel) sehingga Ha diterima dan Ho ditolak penggunaan teknik ice breaking berbasis tepuk tangan efektif dalam meningkatkan minat belajar pada siswa kelas IV di SDN 89 Palembang”.


Keywords


Teknik Ice Breaking Berbasis Tepuk Tangan dan Minat Belajar

Full Text:

PDF

References


Adnan, Mislinawati, Sahilni, Kurniawan, R., & M.Husin . (2020). Pengaruh Ice Breaking Terhadap Hasil Belajar Pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Kinerja Pendidikan,Vol 2 No.4.

Anggraeni N, A., Widiyana, F., Diansari, I., & Dhinata, Z. M. (2020). Penerapan Ice Breaking Untuk Siswa Kelas IV Di SD Negeri I 1 Pringkuku Sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar. Journal Of Social Empowerment,Volume 05 No.2.

Basyarudin. (2019). Peningkatan Efektivitas Pembelajaran IPS Melalui Pengunaan Ice Breaker Humour Di Kelas V SD Negeri 22 Bengkalis. Jurnal Pendidikan Tambusai,Volume 3 No.1.

Deswanti, I. P., Santoso, A. B., & N. W. (2020). Pengaruh Ice Breaking Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Dasar. Vol.1 .

Fayanto, S., Halawa, F., & Duha, T. (2020). Implementasi Ice Breaking Berbasis Tepuk Tepuk Untuk Meningkatkan Minat Siswa Dalam Proses Pe,belajaran di Sekolah Dasar. SEMAR Journal:Education Studies.

Hariono, T., Ashoumi, H., Muhajahadah, A. S., & Adriansyah. (2021). Pendampingan Pembelajaran dalam Pengkondisian Siswa melalui Ice Breaking. Jurnal Pengabdian Masyarakat,Vol 2 No.3.

Nurrahmawati, A. (2021). Menjadi Guru Profesional dan Inovatif dalam Menghadapi Pademi. Yogyakarta: Uad Press

Paradita, Ulva, R., & Handayani, F. (2021). Pengaruh Teknik Ice Breaking Terhadap Hasil Blaja IPA Siswa Kelas IV SD 101/11 Muaro Bungo Kabupaten Bungo. Journal Of Social Scien Research, Volume 1 No.2.

Prayuda, I. C., Agung , P., & Mashari, A. (2022). Pengaruh Teknik Ice Breaking Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Kelas II SD. Evaluasi dan Pembelajaran, Volume 4 No.1 .

Pujiarti, T. (2022). Pengaruh Pengunaan Teknik Ice Breaking terhadap hasil belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan.

Selegi, S. F. (2019). Analisis Kemampuan Higher Order Thingking Skil (Hots) Melalui Creative Problem Solving (Cps) Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Mahasiswa. Jurnal Swarnabhumi,Volume 4 No.1.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatf dan R&D . Bandung: Alfabeta.

Suzana, Y., & Jayanto, I. (2021). Belajar & Pembelajaran. Perum Paradiso Kav.Al Junrejo-Batu: Literasi Nusantara

Wulandari, R., Putra, M., & Dedy, A. (2022). Pengaruh Pemberian Ice Breaking Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas III SD Negeri 2 Lais. Jurnal Pendidikan dan Konseling, Volume 4. No.4 .

Zuhariyah, Z., & Fahmi, I. (2022). Pengaruh Ice Breaking Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas II Di SD Negeri Pusakaya Utara I Kabupaten Karawang . Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, Volume VII. No.1




DOI: https://doi.org/10.36706/jisd.v10i1.19897

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Inovasi Sekolah Dasar: Jurnal Kajian Pengembangan Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

PUBLISHED BY:

Universitas Sriwijaya in Collaboration with HDPGSDI (Himpunan Dosen PGSD Indonesia)

Kampus Indralaya 
Jl. Palembang-Indralaya KM 32 Ogan Ilir
Kampus Palembang
Jl. Srijaya KM 5.5 Kelurahan Srijaya Kecamatan Alang-alang Lebar

email: jisd@fkip.unsri.ac.id


p-ISSN: 2355-7346

e-ISSN: 2685-6433