PENGEMBANGAN MEDIA KOMEDO (KOTAK MENDONGENG) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENCERITAKAN KEMBALI ISI DONGENG KELAS III SDN GEDANGSEWU 2

Rada Wijayana, Dhian Dwi Nur Wenda, Ita Kurnia

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi hasil observasi awal di SDN Gedangsewu 2 yang menunjukkan pembelajaran Bahasa Indonesia pada kompetensi dasar menceritkan kembali isi dongeng di kelas III SD, guru masih belum mampu mengembangkan media pembelajaran sesuai dengan harapan.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan pengembangan media Komedo (Kotak Mendongeng) materi menceritakan kembali isi dongeng. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian RnD (Research and Develoment). Model pengembangan yang digunakan Borg & Gall (1979) yang diadaptasi oleh Punaji Setyosari dengan tahapan 1) analisis kebutuhan, 2) perumusan tujuan, 3) mengembangkan materi/bahan, 4) pengembangan instrument, 5) penulisan naskah media, 6) uji coba produk, 7) revisi dan 8) produksi. Hasil dari penelitian ini adalah kevalidan, kepraktisan,dan keefektifan. Yang telah dilakukan dengan uji coba terbatas dan uji coba luas. Kriteria kevalidan menghasilkan nilai rata-rata 89. Berdasarkan hasil uji kepraktisan media dengan skor kuantitatif dari guru dan siswa pada uji coba terbatas dan uji coba luas dengan memperoleh skor sebanyak 90 dan 95 dengan keterangan sangat praktis. Sedangkan pada uji keefektifan media pada siswa dengan menggunakan soal evaluasi nilai skor uji coba terbatas 83,3 dan pada uji coba luas mendapat skor 84,5 dengan kriteria sangat baik.

Keywords


pengembangan media pembelajaran, kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan.

Full Text:

PDF

References


Damariswara, R. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Materi Dongeng Berbasis Kearifan Lokal Jawa Timur Bagi Siswa Kelas III SD. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(1), 73.UNIPMA, Madiun. https://doi.org/10.25273/pe.v9i1.4320

Diana Titis Rahayu (2018). Pengembangan Media Treechart Untuk Materi Mendiskripsikan Energi Panas Dan Bunyi Yang Terdapat Di Lingkungan Sekitar Serta Sifat-Sifatnya Pada Siswa Kelas IV SDN Mojoroto 4 Kota Kediri Tahun Ajaran 2016/2017. Repository: http://repository.unpkediri.ac.id/ideprint/

Lestari, Tina Dwi. (2018). Pengaruh Media Adobe Flash Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Mengenal Unsur-Unsur Bangun Datar Sederhana Kelas II SD Negeri 238 Palembang. Skripsi. Universitas Sriwijaya.

Marinda, L. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget Dan Problematikanya Pada Anak Usia Sekolah Dasar. An-Nisa’ : Jurnal Kajian Perempuan Dan Keislaman, 13(1), 116–152.

Jember. https://doi.org/10.35719/annisa.v13i1.26

Nesri, F. D. P. (2020). Pengembangan Modul Ajar Cetak dan Elektronik Materi Lingkaran untuk Meningkatkan Kecakapan Abad 21 Siswa Kelas Xi Sma Marsudirini Muntilan. Program Studi Pendidikan Matematika, 126–132.

Saidah, K., & Damariswara, R. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Materi Dongeng Berbasis Kearifan Lokal Jawa Timur Bagi Siswa Kelas III SD. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(1), 73.UNIPMA, Madiun. https://doi.org/10.25273/pe.v9i1.4320

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sujarwo, A., & Kholis, N. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Prezi Pada Mata Pelajaran Sistem Komputer Di SMK Negeri 3

Buduran. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 05(03), 897–901. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknikelektro/article/view/16504

Suzani, S. (2021). Hubungan Minat Belajar Siswa dan Hasil Belajar Siswa di SD Simpang Renggiang. Journal of Basic Education Research (JBER), 2(2), 47–50. https://doi.org/10.37251/jber.v2i2.195

Utami, D. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament Terhadap Minat Belajar Geografi Siswa SMA. Jurnal Swarnabhumi, 3(2), 81–88.

Punaji,S. (2016). Metode penelitian dan perkembangan. Jakarta: prenadamedia group.

Purwaningtyas, W. D. D., & Hariyadi, I. (2017). Pengembangan modul elektronik berbasis online dengan program edmodo. Jurnal Pendidikan, 2(1),123, 121-129. https://Jurnal.Um.Id/Index.Php/Jptpp/Article/Download/8471/4100

Wicaksono, A. ., Jumanto, & Irmade, O. (2020). Pengembangan Media Komik Komsa Materi Rangka Pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 10(2), 215–226.

Widyasari, A., Pujiastuti, P., Nawangsari, N. S., & Anggito, A. (2021). Efforts to Increase Science Learning Outcomes by Increasing Interaction Between Students in Learning. Proceedings of the 5th International Conference on Current Issues in Education (ICCIE 2021), 640, 169–174.

Wigati, B. W., Usman, N., & Laihat. (2021). Bahan Ajar Berbasis Lintas Budaya Dengan Model Project Based Learning Pada Subtema Globalisasi Di Sekitarku Di Kelas VI SD. Jurnal Inovasi Sekolah Dasar, 8(1), 24–32.

Yudi, C. N., Toybah T., & Yosef Y. (2022). Model Index Card Match Terhadap Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika Tentang Bangun Datar Kelas Iv Sd Negeri 140 Palembang. Jurnal Inovasi Sekolah Dasar, 9 (2).




DOI: https://doi.org/10.36706/jisd.v10i1.20278

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Inovasi Sekolah Dasar: Jurnal Kajian Pengembangan Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

PUBLISHED BY:

Universitas Sriwijaya in Collaboration with HDPGSDI (Himpunan Dosen PGSD Indonesia)

Kampus Indralaya 
Jl. Palembang-Indralaya KM 32 Ogan Ilir
Kampus Palembang
Jl. Srijaya KM 5.5 Kelurahan Srijaya Kecamatan Alang-alang Lebar

email: jisd@fkip.unsri.ac.id


p-ISSN: 2355-7346

e-ISSN: 2685-6433

 

 

https://siapadia.riau.go.id/plugins/pulsa-limaribu/bajak scatterhttps://pmb.uts.ac.id/cbt/public/hitam/https://ftk.parahikma.ac.id/robopragma/https://learning.poltekkesjogja.ac.id/lib/pulsaceban/https://fsi.unjani.ac.id/course/scatter/kakekslotakun pro jepangkkn777https://jitel.polban.ac.id/plugins/maria/https://elijo.umpwr.ac.id/course/classes/superhoki/https://rsp.unri.ac.id/stats/demoterus/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/styles/menangya/https://elijo.umpwr.ac.id/course/classes/idnslot/https://pmt.unwir.ac.id/dist/demoslot/https://jippm.uho.ac.id/public/site/scatterr/https://digilib.unila.ac.id/style/auto/kkn777casino onlineturbox500

slot gacor slot maxwin slot thailand slot demo togel online bandar togel dagangtoto slot gacor slot gacor slot online slot gacor scatter hitam mulia77 mulia77 slot gacor slot gacor slot gacor slot gacor https://biologi.ui.ac.id/wp-content/themes/idnslot/ https://biologi.ui.ac.id/products/mpo-slot/ https://uptikayu.disperindag.jatimprov.go.id/uploads/ dagangtoto slot gacor scatter hitam slot gacor mulia77 slot pragmatic slot gacor mulia77 mulia77 dagangtoto rtp slot slot gacor slot gacor slot gacor maxwin slot gacor mulia77 slot maxwin slot gacor maxwin slot gacor slot terpercaya slot gacor maxwin slot pragmatic slot gacor pragmatic play slot gacor mulia77 link slot gacor skl77 slot gacor maxwin77 slot gacor slot thailand slot gacor slot thailand slot gacor terpercaya slot online slot gacor link slot gacor slot online terpercaya mulia77 slot gacor mantap21 mulia77 https://jdih.wantannas.go.id/amp/ slot gacor muliajp slot gacor slot online slot online