PENINGKATAN PENGETAHUAN KONSEPTUAL BERORIENTASI HOTS PADA MATA KULIAH PENDIDIKAN PKN SD MELALUI PENERAPAN CASE METHOD BERBANTUAN QUIZIZZ MAHASISWA PGSD UNIVERSITAS BENGKULU
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) penerapan Case Method berbantuan Quizizz dan (2) peningkatan pengetahuan konseptual berorientasi HOTS pada mata kuliah Pendidikan PKn SD pada mahasiswa PGSD Universitas Bengkulu. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas, yang dilakukan dalam desain siklus. Setiap tahapan siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester IVB berjumlah 27 mahasiswa, terdiri dari dua mahasiswa laki-laki dan 25 mahasiswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan tes tertulis. Analisis data yang dilakukan dengan melakukan analisis data kualitatif dan analisis kuantitatif. Penerapan metode Case Method berbantuan media Quizizz dilaksanakan dengan materi pokok Pembentukan Watak/Karakter Peserta Didik dengan menyelesaikan satu kasus mengenai kekerasan seksual dan perundungan (bullying). Hasil nilai tes pengetahuan konseptual mahasiswa pada pra siklus menunjukkan rata-rata nilai 49,07 (kurang), terjadi peningkatan setelah penerapan Case Method berbantuan Quizizz pada siklus I menjadi 53,89 (kurang), dan kembali meningkat pada siklus II menjadi 78,52 (baik). Kesimpulan terjadi peningkatan pengetahuan konseptual berorientasi HOTS pada mata kuliah Pendidikan PKn SD melalui penerapan Case Method berbantuan Quizizz mahasiswa PGSD Universitas Bengkulu.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adhani, A., & Muhhamad, M. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa ada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII 5 SMPN 8 Tarakan Melalui Penerapan Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning). Borneo Journal of Biology Education, 1(1), 89-98.
Agustina, H.P. & Zannah, S.N. (2020). Analisis Ketrampilan Proses Sains: Fokus Studi Pembiasan Cahaya Melalui Aplikasi Online Quizizz. Jurnal Kependidikan Betara, 1(2), 40-47.
Akins, J. L., Lamm, A. J., Telg, R., Abrams, K. Myers, C., & Raulerson, B. (2019). Seeking and engaging: Case study integration to enhance critical thinking about agricultural issues. Journal of Agricultural Education, 60(3), 97-108.
Azizah, Z., Taqwa, M.R.A., & Assalam, I.T. (2020). Analisis Pemahaman Konsep Fisika Peserta Didik Menggunakan Instrumen Berbantukan Quizizz. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika, 8(2), 1-11.
Citra, C. A., & Rosy, B. (2020). Keefektifan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Quizizz Terhadap Hasil Belajar Teknologi Perkantoran Siswa Kelas X SMK Ketintang Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(2), 261–272.
Darmansyah, A., Munawaroh, L., & Susanti, A. (2023). Penerapan Pembelajaran Online Berbasis ICT dengan Memanfaatkan Aplikasi Kahoot Terhadap Pengetahuan Guru di SD Dewi Kunti 1 Tigaraksa. PERISKOP: Jurnal Sains dan Ilmu Pendidikan, 4(1), 1–7. https://doi.org/10.58660/periskop.v4i1.38
Dosinaeng, W. B. N. (2019). Analysis of Students’ Higher Order Thinking Skills in Solving Basic Combinatorics Problems. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 133-147.
Fathoni, A., & Safitri, M.L.O. (2022). Sudut Pandang Mahasiswa PGSD Terhadap Gamifikasi Menggunakan Quizizz dalam Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Inovasi Sekolah Dasar, 9(2), 96-105. DOI: https://doi.org/10.36706/jisd.v9i2.18843
Fuentes, S. Q., Bloom, M. A., & Peace, H. (2014). Teaching Science and Mathematics: Preservice Teachers’ Perceptions of Knowledge Needs. Journal of College Science Teaching, 43(3), 30-35.
Gotriansyah, K., Winarni, E.W.& Dalifa. (2021). Analisis Buku Tematik Siswa Muatan IPA Ditinjau dari Dimensi Pengetahuan Faktual, Konseptual, Prosedural dan Metakognisi (Studi Deskriptif Materi IPA Tema 6 Dan 7 Kelas VI SD). Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 4(3), 349-361.
Hodijah, S., Hastuti, D., & Zevaya, F. (2022). Implementasi model case method dalam meningkatkan inovasi pembelajaran mahasiswa dan kemampuan berpikir kritis pada mata kuliah teknik perdagangan Internasional. Jurnal Paradigma Ekonomika. 17(2), 477-484.
Jamaludin, & Alanur S. N. (2022). Pengembangan Civic Knowledge dan Literasi Informasi Melalui Case Method pada Mahasiswa Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 11(01), 28-36.
Kurniati, D., Harimukti, R., & Jamil, N. A. (2016). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMP di Kabupaten Jember dalam Menyelesaikan Soal Berstandar PISA. Jurnal Penelitian & Evaluasi Pendidikan, 20(6), 142-155.
Kusumaningrum, R.W. (2019). Analisis pemahaman konsep materi listrik dinamis dengan game quizizz pada mahasiswa Jurusan Fisika Universitas Negeri Malang. Seminar Nasional Fisika dan Pembelajarannya, 1(1), 23-28.
Noor, S. (2020). Penggunaan Quizizz dalam Penilaian Pembelajaran pada Materi Ruang Lingkup Biologi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X. 6 SMAN 7 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Hayati, 6(1), 1-7.
Nugroho, AS. (2017). Meningkatkan Higher Order Thinking Skill dan Sikap Terbuka Melalui Media Pembelajaran Android. Journal of Komodo Science Education, 1(01), 79-94.
Ong, K.K.A., Hart, C.E., Chen, P.K. (2016). Promoting Higher-Order Thinking through Teacher Questioning: A Case Study of a Singapore Science Classroom. New Waves-Educational Research and Development Journal, 19(1), 1-19.
Panggabean, S., & Harahap, T.H. (2020). Studi Penerapan Media Kuis Interaktif Quizizz Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika. Journal of Mathematics Education and Science, 6(1), 78-83.
Purwasi, L.A., & Fitriyana, N. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS). AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 894-908. DOI: https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.3172
Ratnawati, N.K. (2020). Pembelajaran PPKn Berorientasi Higher Order Thinking Skills (HOTS) Melalui Problem Based Learning Kelas VIII D SMP Negeri 17 Mataram. CIVICUS: Pendidikan Penelitian Pengabdian Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan, 8(1), 83-92.
Ray, M. (2018). Teaching Economics Using ‘Cases’Going Beyond The ‘Chalk and Talk’ Method. International Review of Economics Education, 27, 1-9.
Salamah, D., & Maryono. (2022). Pembelajaran Team Quiz Berbantuan Quizizz Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 461-470.
Siregar, L. K. (2017). Korelasi Pemahaman Konsep Aljabar dengan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Islam dan Teknologi Pendidikan, 7(1), 22-33.
Tajudin, N. A. M., (2016). The Link between Higher Order Thinking Skills, Representation and Concepts in Enhancing TIMSS Tasks. International Journal of Instruction, 9(2), 199-214.
Tanujaya, B., Mumu, J., & Margono, G. (2017). The Relationship between Higher Order Thinking Skills and Academic Performance of Student in Mathematics Instruction. International Education Studies, 10(11), 78-85.
Vahlepi, S., Helty, H., & Tersta, F. W. (2021). Implementasi Model Pembelaaran berbasis Case Method dan Project Based Learning dalam rangka mengakomodir Higher Order Thinking Skill mahasiswa dalam Mata Kuliah Psikologi Pendidikan Bahasa Arab di Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 10153-10159.
Widiastuti, F., Amin, S., Hasbullah, H. (2022). Efektivitas Metode Pembelajaran Case Method dalam Upaya Peningkatan Partisipasi dan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Manajemen Perubahan. Jurnal Edumaspul, 6(1), 728-731.
Winarni, E.W. (2018a). Pendekatan Ilmiah dalam Pembelajaran Kreatif dan Inovatif. Bengkulu FKIP UNIB.
Wijayanti, R., Hermanto, D., & Zainudin, Z. (2021). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Quizizz Pada Matakuliah Matematika Sekolah Ditinjau dari Motivasi dan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika,5(1), 347–356. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.47
DOI: https://doi.org/10.36706/jisd.v10i2.22554
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Inovasi Sekolah Dasar: Jurnal Kajian Pengembangan Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
PUBLISHED BY:
Universitas Sriwijaya in Collaboration with HDPGSDI (Himpunan Dosen PGSD Indonesia)
Kampus Indralaya
Jl. Palembang-Indralaya KM 32 Ogan Ilir
Kampus Palembang
Jl. Srijaya KM 5.5 Kelurahan Srijaya Kecamatan Alang-alang Lebar
email: jisd@fkip.unsri.ac.id