PENGARUH MODEL OUTDOOR LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS V SD NEGERI 25 INDRALAYA
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Outdoor Learning terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas V SD Negeri 25 Indralaya. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (quasi experimental research) dengan rancangan Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas tinggi SD Negeri 25 Indralaya dan sampel terdiri dari dua kelas yaitu kelas VB berjumlah 24 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VA berjumlah 23 siswa sebagai kelas kontrol yang diambil dengan purpose sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Dari hasil perhitungan, didapatkanlah rata-rata nilai Pretest kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 50,20 dan 49,78. Sedangkan rata-rata nilai Posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 68,95 dan 57,61. Analisis data menggunakan uji t-Polled Varians dengan taraf signifikan 5% dan didapatkanlah hasil thitung > ttabel yaitu 2,29 > 2,01 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan Model Outdoor Learningberpengaruh terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas V SD Negeri 25 Indralaya
Kata-kata Kunci: Model Outdoor Learning, Kemampuan Menulis Puisi.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.36706/jisd.v5i1.8252
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Inovasi Sekolah Dasar
PUBLISHED BY:
Universitas Sriwijaya in Collaboration with HDPGSDI (Himpunan Dosen PGSD Indonesia)
Kampus Indralaya
Jl. Palembang-Indralaya KM 32 Ogan Ilir
Kampus Palembang
Jl. Srijaya KM 5.5 Kelurahan Srijaya Kecamatan Alang-alang Lebar
email: jisd@fkip.unsri.ac.id