PENGARUH MODEL COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V SD NEGERI 137 PALEMBANG
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model cooperative script terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SD Negeri 137 Palembang. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2017/2018 di SD Negeri 137 Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-Experimental Design dengan jenis one group pretest-posttest design. Pengambilan sampel pada penelitian ini dengan teknik random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes tertulis berupa soal esai sebanyak delapan butir soal. Selisih dari data prestest dan posttest tersebut dianalisis dengan menggunakan uji-t untuk melihat ada tidaknya pengaruh model cooperative script terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa. Berdasarkan uji prasyarat analisis data pretest dan posttest bahwa data tersebut berdistribusi normal. Setelah hipotesis penelitian diuji dengan uji-t diperoleh thitung = 7,11, sedangkan dari ttabel = 2,060 sehingga terlihat bahwa thitung> ttabel. Oleh karena itu, Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan model cooperative script berpengaruh terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SD Negeri 137 Palembang.
Kata-kata kunci: pengaruh, membaca pemahaman, model cooperative script.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.36706/jisd.v5i1.8254
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Inovasi Sekolah Dasar
PUBLISHED BY:
Universitas Sriwijaya in Collaboration with HDPGSDI (Himpunan Dosen PGSD Indonesia)
Kampus Indralaya
Jl. Palembang-Indralaya KM 32 Ogan Ilir
Kampus Palembang
Jl. Srijaya KM 5.5 Kelurahan Srijaya Kecamatan Alang-alang Lebar
email: jisd@fkip.unsri.ac.id