UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA DALAM MATERI KONSEP PERKALIAN BILANGAN CACAH MENGGUNAKAN ALAT PERAGA KONKRET DI KELAS 2 SD NEGERI 24 PALEMBANG

Filzah Izzati Amin, Siti Hawa, Toybah Toybah

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam materi konsep perkalian bilangan cacah menggunakan alat peraga konkret. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Setiap siklus meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 24 Palembang Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes tertulis berupa 10 soal uraian dan lembar observasi untuk mengamati guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan pemahaman siswa dalam materi konsep perkalian bilangan cacah persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 53,57% dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan persentase ketuntasan belajar siswa mencapai 89,28%. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan alat peraga konkret dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam materi konsep perkalian bilangan cacah di kelas 2 SD Negeri 24 Palembang.

 

Kata-kata kunci: Alat peraga konkret, pemahaman konsep materi operasi perklian   bilangan cacah, matematika


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36706/jisd.v5i1.8255

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Inovasi Sekolah Dasar



PUBLISHED BY:

Universitas Sriwijaya in Collaboration with HDPGSDI (Himpunan Dosen PGSD Indonesia)

Kampus Indralaya 
Jl. Palembang-Indralaya KM 32 Ogan Ilir
Kampus Palembang
Jl. Srijaya KM 5.5 Kelurahan Srijaya Kecamatan Alang-alang Lebar

email: jisd@fkip.unsri.ac.id


p-ISSN: 2355-7346

e-ISSN: 2685-6433