PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK MELALUI MODEL PAIRED STORY TELLING PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 238 PALEMBANG
Abstract
Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menyimak dengan menggunakan media pembelajaran media Audiovisual melalui model Paired Story Telling siswa kelas V SD Negeri 238 Palembang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas selama 3 Siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan observasi. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai keterampilan menulis narasi siswa terjadi peningkatan, hal ini terlihat pada ketuntasan belajar siswa di Siklus I sebesar 64.51% dengan rata-rata 76.45, pada Siklus II ketuntasan belajar siswa meningkat hingga mencapai 65.62% dengan rata-rata 76.93 dan pada Siklus III meningkat menjadi 82.35% dengan rata-rata 87.14. Hal ini didukung dari hasil observasi, keaktifan siswa yang mengalami peningkatan, pada siklus I sebesar 70.96 dengan kategori aktif, pada siklus II meningkat menjadi 74.60 dengan kategori aktif dan pada siklus III meningkat menjadi 87.86 dengan kategori sangat aktif. Jadi, dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Paired Story Telling dapat meningkatkan keterampilan menyimak materi pada mata pelajaran IPS siswa kelas V SD Negeri 238 Palembang.
Kata-kata Kunci: Peningkatan, Model, Media, Keterampilan Menyimak.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.36706/jisd.v5i1.8256
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Inovasi Sekolah Dasar
PUBLISHED BY:
Universitas Sriwijaya in Collaboration with HDPGSDI (Himpunan Dosen PGSD Indonesia)
Kampus Indralaya
Jl. Palembang-Indralaya KM 32 Ogan Ilir
Kampus Palembang
Jl. Srijaya KM 5.5 Kelurahan Srijaya Kecamatan Alang-alang Lebar
email: jisd@fkip.unsri.ac.id