PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK MELALUI MODEL PAIRED STORY TELLING PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 238 PALEMBANG

Agnes Yatumia, Nuraini Usman, Asnimar Asnimar

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menyimak dengan menggunakan media pembelajaran media Audiovisual melalui model Paired Story Telling siswa kelas V SD Negeri 238 Palembang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas selama 3 Siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan observasi. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai keterampilan menulis narasi siswa terjadi peningkatan, hal ini terlihat pada ketuntasan belajar siswa di Siklus I sebesar 64.51% dengan rata-rata 76.45, pada Siklus II ketuntasan belajar siswa meningkat hingga mencapai 65.62% dengan rata-rata 76.93 dan pada Siklus III meningkat menjadi 82.35% dengan rata-rata 87.14. Hal ini didukung dari hasil observasi, keaktifan siswa yang mengalami peningkatan, pada siklus I sebesar 70.96 dengan kategori aktif, pada siklus II meningkat menjadi 74.60 dengan kategori aktif dan pada siklus III meningkat menjadi 87.86 dengan kategori sangat aktif. Jadi, dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Paired Story Telling dapat meningkatkan keterampilan menyimak materi pada mata pelajaran IPS siswa kelas V SD Negeri 238 Palembang.

 

Kata-kata Kunci: Peningkatan, Model, Media, Keterampilan Menyimak.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36706/jisd.v5i1.8256

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Inovasi Sekolah Dasar

Program Studi PGSD FKIP Universitas Sriwijaya

p-ISSN: 2355-7346

e-ISSN: 2685-6433

Kampus Indralaya 
Jl. Palembang-Indralaya KM 32 Ogan Ilir
Kampus Palembang
Jl. Srijaya KM 5.5 Kelurahan Srijaya Kecamatan Alang-alang Lebar

Indexed In:


Recomended Tools:


 

View My Stats

Flag Counter

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.