GERAKAN LITERASI SEKOLAH DI SD NEGERI 157 PALEMBANG

Ayu Yuliyanti, Umar Effendy, Yosef Yosef

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah di SD Negeri 157 Palembang. Penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptip kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah berjumlah 1 orang, guru berjumlah 4 orang, siswa berjumlah 6 orang, pustakawan berjumlah 1 orang dan orangtua berjumlah 6 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Pelaksanaan gerakan literasi dan komunitas sekolah sudah terlihat antusias dan mendukung. Berdasarkan hasil pengumpulan data yang diperoleh dikelas, guru sudah cukup baik dalam melakukan pembelajaran literasi, begitupun juga di perpustakaan, siswa dan petugas perpustakaan saling membantu dalam meningkatkan literasi di sekolah. Antusias siswa pun terbilang baik, dari hal kegiatan membaca dikelas sebelum pembelajaran dimulai maupun berkunjung ke perpustakaan. Walaupun belum seluruhnya siswa merespon baik terhadap literasi di sekolah ini. Jadi dapat disimpulkan gerakan literasi sekolah yang dilaksanakan di SD Negeri 157 Palembang ini sudah cukup sesuai dengan pedoman gerakan literasi sekolah.

 

Kata-kata kunci: Literasi, keterlibatan komunitas sekolah dan antusias komunitas sekolah


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36706/jisd.v5i1.8257

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Inovasi Sekolah Dasar



PUBLISHED BY:

Universitas Sriwijaya in Collaboration with HDPGSDI (Himpunan Dosen PGSD Indonesia)

Kampus Indralaya 
Jl. Palembang-Indralaya KM 32 Ogan Ilir
Kampus Palembang
Jl. Srijaya KM 5.5 Kelurahan Srijaya Kecamatan Alang-alang Lebar

email: jisd@fkip.unsri.ac.id


p-ISSN: 2355-7346

e-ISSN: 2685-6433