PENGARUH MEDIA ADOBE FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI MENGENAL UNSUR-UNSUR BANGUN DATAR SEDERHANA KELAS II SDN 238 PALEMBANG

Tina Dwi Lestari, Toybah Toybah, Nuraini Usman

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media adobe flash terhadap hasil belajar siswa materi mengenal unsur-unsur bangun datar sederhana kelas II SDN 238 Palembang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian One Group Pretest Posttest Design. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas II SDN 238 Palembang yang terdiri dari tiga kelas semester genap tahun ajaran 2017-2018 yang berjumlah 91 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IIA sebanyak 30 siswa sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes (pretest dan posttest). Statistik yang digunakan untuk menganalisa data dalam pembuktian adalah statistik parametris melalui hipotesis (uji-t) dengan menggunakan uji-t didapat thitung sebesar 8,45 sedangkan ttabel sebesar 2,045. Hal ini dapat dilihat dari hasil rata-rata pretest sebesar 49,47 dan posttest sebesar 59,87. Dari hasil rata-rata pretest dan posttest terlihat bahwa adanya pengaruh media adobe flash terhadap hasil belajar siswa materi mengenal unsur-unsur bangun datar sederhana kelas II SDN 238 Palembang.

 

Kata-kata kunci: Pengaruh, media adobe flash, dan hasil belajar.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36706/jisd.v5i1.8258

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Inovasi Sekolah Dasar

Program Studi PGSD FKIP Universitas Sriwijaya

p-ISSN: 2355-7346

e-ISSN: 2685-6433

Kampus Indralaya 
Jl. Palembang-Indralaya KM 32 Ogan Ilir
Kampus Palembang
Jl. Srijaya KM 5.5 Kelurahan Srijaya Kecamatan Alang-alang Lebar

Indexed In:


Recomended Tools:


 

View My Stats

Flag Counter

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.