PENGARUH MEDIA ADOBE FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI MENGENAL UNSUR-UNSUR BANGUN DATAR SEDERHANA KELAS II SDN 238 PALEMBANG
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media adobe flash terhadap hasil belajar siswa materi mengenal unsur-unsur bangun datar sederhana kelas II SDN 238 Palembang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian One Group Pretest Posttest Design. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas II SDN 238 Palembang yang terdiri dari tiga kelas semester genap tahun ajaran 2017-2018 yang berjumlah 91 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IIA sebanyak 30 siswa sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes (pretest dan posttest). Statistik yang digunakan untuk menganalisa data dalam pembuktian adalah statistik parametris melalui hipotesis (uji-t) dengan menggunakan uji-t didapat thitung sebesar 8,45 sedangkan ttabel sebesar 2,045. Hal ini dapat dilihat dari hasil rata-rata pretest sebesar 49,47 dan posttest sebesar 59,87. Dari hasil rata-rata pretest dan posttest terlihat bahwa adanya pengaruh media adobe flash terhadap hasil belajar siswa materi mengenal unsur-unsur bangun datar sederhana kelas II SDN 238 Palembang.
Kata-kata kunci: Pengaruh, media adobe flash, dan hasil belajar.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.36706/jisd.v5i1.8258
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Inovasi Sekolah Dasar
PUBLISHED BY:
Universitas Sriwijaya in Collaboration with HDPGSDI (Himpunan Dosen PGSD Indonesia)
Kampus Indralaya
Jl. Palembang-Indralaya KM 32 Ogan Ilir
Kampus Palembang
Jl. Srijaya KM 5.5 Kelurahan Srijaya Kecamatan Alang-alang Lebar
email: jisd@fkip.unsri.ac.id