• https://theoejwilson.com/
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • mariatogel
  • g200m
  • 55kbet
  • a200m
  • garudaslot
  • MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS LAPORAN PENGAMATAN PESERTA DIDIK KELAS VB SD NEGERI 11 INDRALAYA | Yusuf | Inovasi Sekolah Dasar: Jurnal Kajian Pengembangan Pendidikan

    MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS LAPORAN PENGAMATAN PESERTA DIDIK KELAS VB SD NEGERI 11 INDRALAYA

    Muhamad Heri Yusuf, Asnimar Asnimar, Umar Effendy

    Abstract


    Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis laporan pengamatan peserta didik kelas VB SD Negeri 11 Indralaya dengan menerapkan model Project Based Learning. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan 3 siklus. Setiap tahapan siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian ini didapatkan bahwa pada siklus I ketuntasan klasikal peserta didik mencapai 57,6% dengan nilai rata-rata 64,7. Kemudian pada siklus II ketuntasan klasikal peserta didik mencapai 69,2% dengan nilai rata-rata 71,2. Selanjutnya pada siklus III ketuntasan klasikal peserta didik mencapai 80,7% dengan nilai rata-rata 78,5. Dari data observasi selama proses pembelajaran didapatkan pada siklus I pertemuan ke-1 nilai rata-rata 63,7 (kategori cukup aktif) dan pada siklus I pertemuan ke-2 nilai rata-rata 65,1 (kategori cukup aktif) kemudian pada siklus II pertemuan ke-1 nilai rata-rata 69,6 (kategori aktif) dan pada siklus II pertemuan ke-2 nilai rata-rata 72,5 (kategori aktif) kemudian pada siklus III pertemuan ke-1 nilai rata-rata 76,0 (kategori aktif) dan pada siklus III pertemuan ke-2 nilai rata-rata 82,1 (kategori sangat aktif). Dari data tersebut menunjukkan bahwa adanya peningkatan keterampilan menulis laporan pengamatan peserta didik kelas VB SD Negeri 11 Indralaya dan dapat meningkatkan keaktifan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model Project Based Learning.

     

    Kata-kata kunci: Keterampilan menulis laporan pengamatan, Project Based Learning

     


    Full Text:

    PDF


    DOI: https://doi.org/10.36706/jisd.v5i2.8262

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    Copyright (c) 2019 Jurnal Inovasi Sekolah Dasar



    PUBLISHED BY:

    Universitas Sriwijaya in Collaboration with HDPGSDI (Himpunan Dosen PGSD Indonesia)

    Kampus Indralaya 
    Jl. Palembang-Indralaya KM 32 Ogan Ilir
    Kampus Palembang
    Jl. Srijaya KM 5.5 Kelurahan Srijaya Kecamatan Alang-alang Lebar

    email: jisd@fkip.unsri.ac.id


    p-ISSN: 2355-7346

    e-ISSN: 2685-6433