MODEL ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 05 INDRALAYA PADA TEMA PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model role playing terhadap hasil belajar siswa kelas v SD Negeri 05 Indralaya pada tema peristiwa dalam kehidupan. Metode penelitian yang dilakukan adalah Pre-Experimental Design dengan jenis one group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 05 Indralaya yang berjumlah 116 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VD yang berjumlah 23 orang siswa terdiri dari orang 10 laki-laki dan 13 orang perempuan. Setelah hipotesis penelitian diuji dengan uji t diperoleh thitung=13,90 Sedangkan nilai ttabel=2,074. Berdasarkan kriteria pengujian hipotesis, jika thitung > ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima, jika thitung < ttabel maka Ho diterima dan Ha ditolak. Karena thitung > ttabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya penggunaan model pembelajaran role playing berpengaruh hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 05 Indralaya.
Kata-kata kunci: Model Role Playing, Hasil Belajar Siswa
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.36706/jisd.v5i2.8263
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Inovasi Sekolah Dasar
PUBLISHED BY:
Universitas Sriwijaya in Collaboration with HDPGSDI (Himpunan Dosen PGSD Indonesia)
Kampus Indralaya
Jl. Palembang-Indralaya KM 32 Ogan Ilir
Kampus Palembang
Jl. Srijaya KM 5.5 Kelurahan Srijaya Kecamatan Alang-alang Lebar
email: jisd@fkip.unsri.ac.id