KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU SD KECAMATAN RAMBUTAN
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kompetensi kepribadian guru yang menampilkan diri sebagai pribadi yang berakhlak mulia di SD Kecamatan Rambutan yang meliputi kompetensi kepribadian guru berakhlak mulia secara keseluruhan, berdasarkan aspek, berdasarkan kelompok sertifikasi, serta berdasarkan masing-masing item pertanyaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Hasil perhitungan angket secara keseluruhan tergolong dalam kategori sedang. Terdapat 8 guru berkategori tinggi, 12 guru berkategori sedang, dan 6 guru berkategori rendah. Hasil perhitungan angket berdasarkan aspek perilaku terpuji yaitu termasuk kedalam kategori tinggi. Hasil perhitungan angket berdasarkan aspek kesederhanaan yaitu termasuk kedalam kategori sedang. Hasil perhitungan angket berdasarkan aspek kesabaran yaitu termasuk kedalam kategori sedang. Hasil perhitungan angket berdasarkan kelompok sertifikasi >5 Tahun maupun kelompok sertifikasi ?5 Tahun yaitu tergolong dalam kategori sedang. Hasil perhitungan angket berdasarkan masing-masing item pertanyaan termasuk dalam kategori yaitu sedang..
Kata-kata kunci: Kompetensi Kepribadian Guru, Sertifikasi, Akhlak Mulia
DOI: https://doi.org/10.36706/jisd.v5i2.8264
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Inovasi Sekolah Dasar
PUBLISHED BY:
Universitas Sriwijaya in Collaboration with HDPGSDI (Himpunan Dosen PGSD Indonesia)
Kampus Indralaya
Jl. Palembang-Indralaya KM 32 Ogan Ilir
Kampus Palembang
Jl. Srijaya KM 5.5 Kelurahan Srijaya Kecamatan Alang-alang Lebar
email: jisd@fkip.unsri.ac.id