MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS KEUNGGULAN LOKAL SUMATERA SELATAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD N 24 PALEMBANG
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning berbasis keunggulan lokal Sumatera Selatan terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD N 24 Palembang. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Experimental Design Experimental dengan rancangan Nonequivalent Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 32 siswa kelas eksperimen dan 34 siswa kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi, observasi dan tes pretest-posttest. Nilai rata-rata pretest kelas eksperimen yaitu 53,3. Rata-rata pretest kelas kontrol yaitu 47,7. rata-rata posttest kelas eksperimen yaitu, 75,25 dan kelas kontrol sebesar 65,97. Data pretest dan posttest kelas eksperimen berdistribusi normal dengan nilai km 0,57 dan 0,59. Data pretest dan posttest kelas kontrol berdistribusi normal dengan nilai km -0,25 dan -0,03. Perhitungan hipotesis dengan menggunakan Uji-t yakni uji Polled Varians dan diperoleh t hitung sebesar 3,65 pada taraf signifikan 0,05 dan t table 1,669. Karena nilai signifikan menunjukkan thitung> ttabel, maka, Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan model ProblemBased Learning berbasis keunggulan lokal Sumatera Selatan berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD N 24 Palembang.
Kata-kata kunci: Pengaruh,Model Problem Based Learning, Berbasis Keunggulan Lokal Sumatera Selatan, IPA.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.36706/jisd.v5i2.8269
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Inovasi Sekolah Dasar
PUBLISHED BY:
Universitas Sriwijaya in Collaboration with HDPGSDI (Himpunan Dosen PGSD Indonesia)
Kampus Indralaya
Jl. Palembang-Indralaya KM 32 Ogan Ilir
Kampus Palembang
Jl. Srijaya KM 5.5 Kelurahan Srijaya Kecamatan Alang-alang Lebar
email: jisd@fkip.unsri.ac.id