PELAKSANAAN KONSEP PENDIDIKAN SISTEM AMONG DI SD TAMAN MUDA JETIS YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menggambarkan dan memaknai peran pamong dan sekolah dalam pelaksanaan sistem among, (2) mengungkap dan menggambarkan kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan sistem among di SD Taman Muda Jetis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Data diperoleh dari studi literatur dan dari kepala sekolah, guru serta siswa di SD Taman Muda Jetis. Teknik analisis menggunakan model interaktif Milles & Huberman. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh sebagai berikut. (1) Pembelajaran yang pamong lakukan mengedepankan kemerdekaan dan pemberian pemaknaan kepada anak didik agar menimbulkan kesadaran dari dalam diri anak didik, selain itu melalui keteladanan, pembiasaan, pengajaran, dan jika terpaksa memberikan hukuman yang mendidik namun setelah memberikan teguran dan nasihat. Pihak sekolah berperan aktif untuk senantiasa mengingatkan dan mengawasi pamong dalam melaksanakan sistem among tersebut. Sekolah juga melaksanakan pelatihan kepada pamong perihal konsep pendidikan dari Ki Hadjar Dewantara. (2) Kendala pelaksanaan sistem among yaitu berasal dari kurikulum, kualitas pamong, serta fasilitas fisik sekolah yang masih belum memadai.
Kata Kunci:Sistem AmongFull Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.36706/jisd.v4i1.8334
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Inovasi Sekolah Dasar
PUBLISHED BY:
Universitas Sriwijaya in Collaboration with HDPGSDI (Himpunan Dosen PGSD Indonesia)
Kampus Indralaya
Jl. Palembang-Indralaya KM 32 Ogan Ilir
Kampus Palembang
Jl. Srijaya KM 5.5 Kelurahan Srijaya Kecamatan Alang-alang Lebar
email: jisd@fkip.unsri.ac.id