• https://theoejwilson.com/
  • santuy4d
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • https://perpustakaan.stpreinha.ac.id/mahasiswa/
  • https://www.lml.stpreinha.ac.id/lab/
  • https://cursosvirtuales.icip.edu.pe/nice/
  • slot resmi
  • TEKNIK-TEKNIK YANG DILAKUKAN GURU DALAM MEMBUKA PELAJARAN DI KELAS IV SD NEGERI 57 PALEMBANG | Hani | Inovasi Sekolah Dasar: Jurnal Kajian Pengembangan Pendidikan

    TEKNIK-TEKNIK YANG DILAKUKAN GURU DALAM MEMBUKA PELAJARAN DI KELAS IV SD NEGERI 57 PALEMBANG

    Ummu Hani

    Abstract


    Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan teknik guru dalam menarik perhatian, membuat siswa termotivasi, memberi acuan dan mengaitkan materi pelajaran. Subjek penelitiannya adalah guru kelas IV.A, IV.B, dan IV.C di SD Negeri 57 Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan tahap pra-lapangan, pekerjaan lapangan, dan analisis data. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa teknik guru dalam membuka pelajaran di kelas IV SD Negeri 57 Palembang telah baik. Teknik guru dalam menarik perhatian berada pada kategori sangat baik. Teknik guru dalam menimbulkan motivasi berada pada kategori baik. Teknik guru dalam memberi acuan berada pada kategori cukup. Teknik guru dalam mengaitkan materi pelajaran berada pada kategori baik. Dari sejumlah teknik tersebut, mengemuka­kan ide bertentangan pada teknik menimbulkan motivasi dan membandingkan atau mempertentangkan pengetahuan baru dengan pengetahuan yang diketahui pada teknik mengaitkan materi dikategorikan kurang. Jika dilihat berdasarkan pengalaman mengajar atau masa kerja, pengala­man mengajar guru yang masih baru mendapat jumlah nilai terbesar dimana guru masih mem­punyai semangat tinggi dalam meningkatkan kompetensi profesional, namun tetap saja jumlah nilai ketiga guru dalam  membuka pelajaran berada pada kategori baik.

    Kata Kunci : teknik-teknik, guru, membuka pelajaran

    Full Text:

    PDF


    DOI: https://doi.org/10.36706/jisd.v4i2.8346

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    Copyright (c) 2019 Jurnal Inovasi Sekolah Dasar



    PUBLISHED BY:

    Universitas Sriwijaya in Collaboration with HDPGSDI (Himpunan Dosen PGSD Indonesia)

    Kampus Indralaya 
    Jl. Palembang-Indralaya KM 32 Ogan Ilir
    Kampus Palembang
    Jl. Srijaya KM 5.5 Kelurahan Srijaya Kecamatan Alang-alang Lebar

    email: jisd@fkip.unsri.ac.id


    p-ISSN: 2355-7346

    e-ISSN: 2685-6433