• https://theoejwilson.com/
  • santuy4d
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • https://perpustakaan.stpreinha.ac.id/mahasiswa/
  • https://www.lml.stpreinha.ac.id/lab/
  • https://cursosvirtuales.icip.edu.pe/nice/
  • slot resmi
  • KEVALIDAN INSTRUMEN PENILAIAN BERBENTUK SOAL OBJEKTF SUBTEMA INDAHNYA KERAGAMAN BUDAYA NEGERIKU BAGI SISWA KELAS IV SDN 59 PALEMBANG | Amelia | Inovasi Sekolah Dasar: Jurnal Kajian Pengembangan Pendidikan

    KEVALIDAN INSTRUMEN PENILAIAN BERBENTUK SOAL OBJEKTF SUBTEMA INDAHNYA KERAGAMAN BUDAYA NEGERIKU BAGI SISWA KELAS IV SDN 59 PALEMBANG

    Oksa Amelia, Bunda Harini

    Abstract


    Abstrak

    Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen penilaian hasil belajar berbentuk soal objektif berorientasi HOTS berupa soal pilihan ganda yang dapat digunakan pada tema 7 subtema indahnya keragaman budaya negeriku di kelas IV yang telah diuji kevalidannya. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan model pengembangan modifikasi 3D Define (pendefinisian, Design (perancangan) dan Develop (pengembangan). Hasil penelitian menunjukkan soal HOTS sebanyak 50 soal yang dinyatakan sangat valid dengan persentase 96,3%. Sehingga soal dapat digunakan untuk melihat tingkat pemahaman dan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas IV sekolah dasar.

    Kata kunci: Instrumen penilaian hasil belajar, Soal Objektif, HOTS.

    Abstract

    This study aims to produce an instrument for assessing learning outcomes in the form of HOTS-oriented objective questions in the form of multiple choice questions that can be used on the 7th sub-theme of the beautiful cultural diversity of my country in class IV which has been tested for validity. This research uses the methodResearch and Development with a modified 3D development modelDefine (definition,Design (planning) andDevelop (development). The results showed that 50 HOTS questions were stated to be very valid with a percentage of 96.3%. So the questions can be used to see the level of understanding and high-level thinking skills of fourth grade elementary school students.

    Keywords: Instruments for assessing learning outcomes, Objective Questions, HOTS.


    Keywords


    Instrumen penilaian hasil belajar, Soal Objektif, HOTS.

    Full Text:

    PDF

    References


    Buku Pedoman Guru Tema 7 Kelas 4.(2017). Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta:

    Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013.

    Dewa, A. S. (2022). Pengembangan Instrumen Hasil Belajar Bentuk Soal Objektif Pada Tema 3

    Subtema “Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan?” Berorientasi Higher Order Thinking Skill

    (HOTS) Di Kelas V SDN 7 LUBAI ULU SKRIPSI oleh. Universitas Sriwijaya , 1-4.

    Fajrina, S., dkk. (2022). Pengembangan Instrumen Performance Assessment Praktikum untuk

    Mengukur Keterampilan Proses Sains (KPS) Siswa SMP Kelas VIII pada Tema Makananku

    Kesehatanku. PENDIPA Journal of Science Education. 6 (1): 105-112.

    Fuadah, SF, Patonah, S, & Nuroso, H. (2017) Pengembangan Instrumen Keterampilan Komunikasi

    Ilmiah dalam Pembelajaran Fisika Kelas X SMA. pdfs.semanticscholar.org,

    https://pdfs.semanticscholar.org/33ae/f92fad3255c8486e985b0868801f7c4221a5.pdf

    Mahmudah, A. (2017). Pengembangan dan Uji Coba Instrumen Penilaian Hasil Belajar IPA

    SMP/MTS Kelas VII Pada Materi Karakteristik Zat. Journal Management System , 9 (1), 8-15.

    Mubarok, H. (2019). HigH Order THinking Skill dalam Pembentukan karakter SiSwa Sekolah dasar di

    era induStri 4.0. Elementary , 7 (2), 216 - 229.

    Muyassarah, A (2019). Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan Motorik Siswa pada

    Pembelajaran Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematic) …. Yogyakarta: Respository Universitas Ahmad …, eprints.uad.ac.id,

    http://eprints.uad.ac.id/15244/7/T1_1500007031_NASKAH%20PUBLIKASI.pdf

    Ndiung, S., & Judiut, M. (2020). Pengembangan Instrumen Tes Hasil Belajar Matematika Peserta

    Didik Sekolah Dasar Berorientasi Pada Berpikir Tingkat Tinggi. ResearchGate , 10 (1), 94 - 111.

    Nikmah, A. (2019). Implementasi Kurikulum 2013 Di Madrasah Aliayah Kecamatan Dukuhseti

    Kabupaten Pati. EDUDEENA: Journal of Islamic , 3 (2), 79-90.

    Nurholis, D., Khodijah, N., & Suryana, E. (2022). Analisis Kebijakan Kurikulum 2013. Jurnal Program

    Studi PGMI , 9 (1), 98-114.

    Oktaviani, N. M., & Wulandari, I. (2019). Problematika Penerapan Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar.

    Supriyadi, G. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis Higher Order Thinking Skill

    (HOTS). Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

    Widiastari, M. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis Higher Oerder Thinking Skill

    Pada Tema Udara Bersih Bagi Kesehatan Kelas V sdn 40 Palembang. Universitas Sriwijaya .




    DOI: https://doi.org/10.36706/jisd.v10i2.20178

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    Copyright (c) 2024 Inovasi Sekolah Dasar: Jurnal Kajian Pengembangan Pendidikan

    Creative Commons License
    This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

    PUBLISHED BY:

    Universitas Sriwijaya in Collaboration with HDPGSDI (Himpunan Dosen PGSD Indonesia)

    Kampus Indralaya 
    Jl. Palembang-Indralaya KM 32 Ogan Ilir
    Kampus Palembang
    Jl. Srijaya KM 5.5 Kelurahan Srijaya Kecamatan Alang-alang Lebar

    email: jisd@fkip.unsri.ac.id


    p-ISSN: 2355-7346

    e-ISSN: 2685-6433