• https://theoejwilson.com/
  • santuy4d
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • 55kbet
  • slot gacor
  • garudaslot
  • link slot gacor
  • https://perpustakaan.stpreinha.ac.id/mahasiswa/
  • https://www.lml.stpreinha.ac.id/lab/
  • https://cursosvirtuales.icip.edu.pe/nice/
  • KETERAMPILAN MENYIMAK SISWA KELAS V SD NEGERI 128 PALEMBANG MELALUI MODEL PAIRED STORY TELLING | effendi | Inovasi Sekolah Dasar: Jurnal Kajian Pengembangan Pendidikan

    KETERAMPILAN MENYIMAK SISWA KELAS V SD NEGERI 128 PALEMBANG MELALUI MODEL PAIRED STORY TELLING

    umar effendi

    Abstract


    Abstract: This study used a Class Action Research conducted in stages consisting of the planning, implementation, observation, and reflection. Data was collected by using listening skills tests and observations of students in learning activities. Indicators set to measure student success was when students get ?70 and mastery learning 80%. In the first cycle of students mastery learning reached 63.75% (enough) and Cycle II students mastery learning becomes 73.12% (good), then the third cycle student mastery learning percentage increased to 81.04% (excellent). It can be concluded that the learning using media AudioVisual through learning model Paired Story Telling was very supportive in improving listening skills and can be applied in learning Indonesian.

     

    Keywords: listening skills, audio visual media, learning model of paired story telling.

     

     

    Abstrak: Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan secara bertahap terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes keterampilan menyimak dan observasi terhadap aktivitas siswa dalam pembelajaran. Indikator yang ditetapkan untuk mengukur keberhasilan siswa adalah apabila siswa memperoleh nilai ?70 dan ketuntasan belajar klasikal 80%. Pada siklus I  ketuntasan belajar siswa mencapai 63,75% (cukup) dan Siklus II persentase  ketuntasan belajar  siswa menjadi 73,12% (baik), kemudian pada siklus III persentase ketuntsan belajar siswa meningkat menjadi 81,04% (sangat baik). Maka dapat disimpulkan bahwa pembel­ajaran menggunakan mediaAudioVisual melalui model pembelajaran Paired Story Telling sangat mendukung dalam meningkatkan keterampilan menyimak dan dapat diterapkan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia.

     

    Kata Kunci: KeterampilanMenyimak, MediaAudioVisual, Model Pembelajaran Paired StoryTelling.


    Full Text:

    PDF


    DOI: https://doi.org/10.36706/jisd.v3i1.8612

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    Copyright (c) 2019 Jurnal Inovasi Sekolah Dasar



    PUBLISHED BY:

    Universitas Sriwijaya in Collaboration with HDPGSDI (Himpunan Dosen PGSD Indonesia)

    Kampus Indralaya 
    Jl. Palembang-Indralaya KM 32 Ogan Ilir
    Kampus Palembang
    Jl. Srijaya KM 5.5 Kelurahan Srijaya Kecamatan Alang-alang Lebar

    email: jisd@fkip.unsri.ac.id


    p-ISSN: 2355-7346

    e-ISSN: 2685-6433