PENGARUH MINAT BELAJAR DAN EFIKASI DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATICKA PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Dewi, N.P.W.P. & Agustika, G.N.S. 2020. Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan PMRI Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 4(2): 204–214. Tersedia di https://www.researchgate.net/publication/346079624_Efektivitas_Pembelajaran_Matematika_Melalui_Pendekatan_PMRI_Terhadap_Kompetensi_Pengetahuan_Matematika.
Febriliani, L. & Jaino 2018. Hubungan Minat Belajar dan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas V. Joyful Learnng Journal, 7(2): 10–18. Tersedia di https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jlj/article/view/24049/13261.
Herlina, L. & Suwatno 2018. Kecerdasan Intelektual dan Minat Belajar sebagai Determinan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(2): 246–254. Tersedia di https://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper/article/view/11771/7069.
Hermawan, J.S., Efendi, U. & Hasanah, W.W. 2022. The Relationship between Efficacy and Self-Regulation with Learning Outcomes in Elementary School Mathematics. Terampil: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 9(2): 205–214. Tersedia di http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/terampil/article/view/13575/6024.
Iskandar, M.T., Sasmita, K. & Tatminingsih, S. 2022. Pengaruh Minat Belajar dan Efikasi Diri Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar. 5(1): 36–47. Tersedia di doi: 10.31949/jee.v4i1.3763.
Mulyani, Mubarak & Hairina, Y. 2015. AMT (Achievement Motivation Training) Sebuah Rancangan Intervensi Untuk Meningkatkan Efikasi Diri Pada Mahasiswa Program Khusus Ulama IAIN Antasari Banjarmasin. Jurnal Studia Insania, 3(1): 45–62. Tersedia di https://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/insania/article/view/1103/847.
Riwahyudin, A. 2015. Pengaruh Sikap Siswa dan Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar di Kabupaten Lamandau. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1): 11–23. Tersedia di https://media.neliti.com/media/publications/119773-ID-pengaruh-sikap-siswa-dan-minat-belajar-s.pdf.
Riyanto 2022. Metodologi Penelitian Matematika. Boyolali: Lakeisha. Tersedia di https://books.google.co.id/books?id=IKJgEAAAQBAJ&pg=PT13&dq=matematika+adalah&hl=ban&sa=X&ved=2ahUKEwjB2OPJg_L8AhUPyKACHVtvB6wQ6AF6BAgJEAI#v=onepage&q=matematika adalah&f=false.
Siagian, R.E.F. 2015. Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2): 122–131. Tersedia di https://www.academia.edu/6151291/Jurnal_Formatif_2_2_122_131_122_pengaruh_minat_dan_kebiasaan_belajar_siswa_terhadap_prestasi_belajar_matematika.
Sirait, E.D. 2016. Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1): 35–43. Tersedia di https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/view/750/659.
Suhendri, H. 2019. Pengaruh Kecerdasan Matematis Logis dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 1(1): 29–39. Tersedia di https://www.neliti.com/publications/234923/pengaruh-kecerdasan-matematislogis-dan-kemandirian-belajar-terhadap-hasil-belaja.
Widyastuti, Wijaya, A.P., Rumite, W. & Marpaung, R.R.T. 2019. Minat Siswa Terhadap Matematika dan Hubungannya dengan Metode Pembelajaran dan Efikasi Diri. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1): 83–100. Tersedia di https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jpm/article/view/6750.
Wiradarma, K.S., Suarni, N.K. & Renda, N.T. 2021. Analisis Hubungan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Daring IPA Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, 9(3): 408–415. Tersedia di https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/39212.
Wirda, Y., Ulumudin, I., Widiputera, F., Listiawati, N. & Fujianita, S. 2020. Faktor-Faktor Determinan Hasil Belajar Siswa. Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Redaksi: Tersedia di https://www.ptonline.com/articles/how-to-get-better-mfi-results.
Wulanningtyas, M.E. & Ate, H.M. 2020. Pengaruh Efikasi Diri Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Proseding Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1): 166–169. Tersedia di http://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/Prosiding_KoPeN/article/view/1095.
Yuliani, R., Handayani, S.D. & Somawati 2017. Peran Efikasi Diri (Self Efficacy) dan Kemampuan Berpikir Positif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Formatif, 7(2): 130–143. Tersedia di https://media.neliti.com/media/publications/234933-peran-efikasi-diri-self-efficacy-dan-kem-63a319d4.pdf.
DOI: https://doi.org/10.36706/jisd.v10i2.22414
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Inovasi Sekolah Dasar: Jurnal Kajian Pengembangan Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
PUBLISHED BY:
Universitas Sriwijaya in Collaboration with HDPGSDI (Himpunan Dosen PGSD Indonesia)
Kampus Indralaya
Jl. Palembang-Indralaya KM 32 Ogan Ilir
Kampus Palembang
Jl. Srijaya KM 5.5 Kelurahan Srijaya Kecamatan Alang-alang Lebar
email: jisd@fkip.unsri.ac.id