PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VISUAL, AUDITORY, KINESTHETIC BERBANTUAN MULTIMEDIA BERBASIS PREZI TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA

Edutivia Mardetini(1*), Siti Fatimah(2), Dian Eka Amrina(3)
(1) Universitas sriwijaya
(2) Universitas Sriwijaya
(3) Universitas Sriwijaya
(*) Corresponding Author
DOI : 10.36706/jp.v6i2.10031

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk membuktikan pengaruh model pembelajaran Visual, Auditory, Kinesthetic berbantuan multimedia berbasis Prezi terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah pajak perpajakan di Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Sriwijaya. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen menggunakan desain penelitian Quasi Experimental Design dalam bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh mahasiswa semester VII yang mendapatkan mata kuliahn Pajak dan Perpajakan berjumlah 88 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling yaitu dengan cara diundi sehingga diperoleh mahasiswa kampus Palembang sebagai kelas eksperimen dan kampus Indralaya sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan tes. Analisis data tes dengan mencari peningkatan hasil belajar mahasiswa di kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan rumus n-gain. Uji hipotesis menggunakan statistik non parametris yaitu Kolmogorov Smirnov dengan bantuan SPPS versi 24 dapat diketahui nilai Sig. 0,000 lebih kecil dari  @ 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran Visual, Auditory, Kinesthetic berbantuan multimedia berbasis Prezi terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah pajak perpajakan di Pendidikan Ekonomi FKIP Unsri.

Keywords


Visual, Auditory, Kinesthetic, Prezi, Hasil Belajar

References


DePorter, B., & Hernacki, M. (2016). Quantum Teaching Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa.

Huda, M. (2018). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Munir. (2012). Multimedia (Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan). Bandung: Alfabeta.

Priansa, D. J., & Setiani, A. (2015). Manajemen Peserta Didik dan Model Pembelajaran: Cerdas, Kreatif, dan Inovatif. Bandung: Alfabeta.

Rusyfian, Z. (2016). Prezi Solusi Presentasi Masa Kini. Bandung: Informatika Bandung.

Shoimin, A. (2014). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Warsono. (2012). Pembelajaran Aktif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.


Article Statistic

Abstract view : 203 times
PDF (Bahasa Indonesia) views : 214 times

The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: PDF (Bahasa Indonesia)

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Edutivia Mardetini, Siti Fatimah, Dian Eka Amrina

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.