PENGGUNAAN E-COMMERCE DALAM PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAN UNTUK MENINGKATKAN PROFESIONAL BISNIS RELIGIUS MAHASISWA FEBI IAIN SALATIGA

Fernaldi Anggadha Ratno

Abstract


Penelitian ini mengguji hasil penggunaan perangkat pembelajaran kewirausahaan menggunakan sistem informasi dan teknologi digital marketing di Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam IAIN Salatiga. Sebuah perangkat pembelajaran menggunakan sistem informasi dan teknologi yang digunakan dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa dan dosen, maka perangkat pembelajaran yang menggunakan sistem informasi dan teknologi yang dihasilkan harus memiliki kriteria mudah digunakan. Tantangan yang lain dalam pemanfaat sistem informasi dalam praktik kewirausahaan adalah praktik dan perilaku bisnis untuk meningkatkan penjualan, seperti kejujuran, amanah dan dapat dipercaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan digital marketing dalam pembelajaran kewirausahan untuk meningkatkan profesional bisnis religius mahasiswa FEBI IAIN Salatiga.

Alat analisis yang digunakan analisis koefisien jaulur. Analisis koefisien jalur bertujuan untuk melihat signifikansi besaran koefisien path (regression weights estimate) untuk membuktikan pengaruh yang ada. Pada pengujian dua arah (two tailed), hasil pengaruh signifikan jika dengan tingkat signifikansi 0,05 nilai critical ratio > 1,96 dan dengan tingkat signifikansi 0,01 nilai critical ratio > 2,58. Kesesuaian arah hubungan path dengan arah hubungan yang telah dihipotesiskan sebelumnya juga diperhatikan, jika arah hubungan (positif atau negatif) sesuai dengan nilai critical ratio-nya juga memenuhi syarat, maka dapat dikatakan bahwa pengaruh variabel yang diuji memperoleh dukungan yang kuat. Sehingga memungkinkan dengan adanya ecommerce maka akan mampu meningkatkan profesional berbinis untuk mahasiswa.

References


Bahri. 2018. Islamic Entrepreneurship: Implementation of The Concept of Entrepreneurship and Sharia Transaction with Vertical Dimension Methods (Hablumminallah) and Dimensions Horizontal (Hablumminannas), 1 (2), 67-87.

Fauzan 2014: Hubungan Religiusitas Dan Kewirausahaan: Sebuah Kajian Empiris Dalam Perspektif Islam (10), 147-157.

Ginting, Mbayak. & Yuliawan, Eko. 2015. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Berwirausaha Mahasiswa (Studi Kasus Pada Stmik Mikroskil Medan), 1 (5), 61-69.

Hart O. Awa, Ojiabo Ukoha dan Bartholomew C. Emecheta. 2017. Integrating TAM and TOE Frameworks and Expanding their Characteristic Constructs for E-commerce Adoption by SMEs. International journal of Proceedings of Informing Science & IT Education Conference. Vol. 2:15-28

Indah Mustikowati, Rita. & Wilujeng, Sri. 2016. Religiusitas dan Kewirausahaan; Faktor Kritis dalam Mencapai Kinerja Bisnis pada UKM di Kabupaten Malang, 3 (2), 102-113.

Mar’atur Rosyidah, Siti. & Lestari, Wiwik. 2013. Religiusitas dan Persepsi Risiko dalam Pengambilan Keputusan Investasi Pada Perspektif Gender, 3 (2), 61-69.

Ma’zumi, Taswiyah & Najmudin. 2017. Pengaruh Religiusitas Terhadap Perilaku Ekonomi Masyarakat Pasar Tradisional (Studi Empiris Pada Masyarakat Pasar Tradisional Di Kota Serang Provinsi Banten) 34 (2), 25-46.

Pratama, Abdul Aziz. 2014. Pengaruh Spiritualitas, Intelektualitas, dan Profesionalisme terhadap Kinerja Dosen STAIN Salatiga, 8 (2), 415-436.

Raja irfan sabir, Muhammad shahnawaz, Batool zaidi, Husnain kamil dan Naeem akhtar. 2018 Adoption of E-commerce amongst Pakistani Consumers A Case of Mobile Banking. International journal of management and bussines reseacrh. Vol. 1

Shafiq Ur Rehman dan Jane-Lisa Coughlan. 2017. Building Trust of Mobile Users and their Adoption of M-Commerce. International journal of Engineering and Technology. Vol:5




DOI: https://doi.org/10.36706/jp.v7i1.10177

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal PROFIT Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi

e-ISSN: 2620-8504 p-ISSN: 2355-7176

PUBLISHED BY :

Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Pendidikan IPS Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya

Jl. Raya Palembang - Prabumulih Indralaya Ogan Ilir Sumatera Selatan

email :profitp_ekonomi@fkip.unsri.ac.id

SPONSORSHIP BY :

 INDEXED BY :

      

 

Creative Commons License
The Journal PROFIT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View PROFIT Stats Flag Counter