PERBEDAAN HASIL PEMBELAJARAN EKONOMI DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN TIME TOKEN DAN THINK TALK WRITE DI SMA NEGERI 8 PRABUMULIH TAHUN PEMBEALAJARAN 2018/2019

Erma Yulaini, Diana Widhi Rachmawati, Elin Sartika

Abstract


Metode pembelajaran adalah suatu cara atau upaya yang dilakukan oleh para pendidik agar proses belajar mengajar pada siswa tercapai sesuai tujuan. Masalah penelitian ini adalah apakah terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa menggunakan metode pembelajaran Time Token dengan menggunakan metode pembelajaran Think Talk Write pada pelajaran ekonomi di SMA Negeri 8 Prabumulih tahun 2018/2019? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan antara hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Time Token dengan menggunakan model pembelajaran Think Talk Write pada pelajaran ekonomi di SMA Negeri 8 Prabumulih. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian komparatif yang bersifat membandingkan. Variabel penelitian ini terdiri dari dua variabel bebas yaitu hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan metode pembelajaran Time Token dan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan metode pembelajaran Think Talk Write. Sampel penelitian berjumlah 50 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, observasi dan tes, sedangkan teknik analisis data menggunakan uji t. Berdasarkan hasil observasi diperoleh rata-rata aktivitas belajar kelompok Time Token sebesar 72,99% dengan kategori aktif  lebih rendah dibandingkan dengan rata-rata kelompok Think Talk Write sebesar 81,34%  yang  juga termasuk dalam kategori kategori aktif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil belajar siswa setelah diterapkan metode pembelajaran Time Token sebesar 70,45 yang dikategorikan baik, sedangkan rata-rata metode pembelajaran Think Talk Write sebesar 78,84 juga dikategorikan baik. Berdasarkan hasil uji t diperoleh nilai thitung sebesar 4,75 > ttabel sebesar 1,677224, sehingga disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa menggunakan metode pembelajaran Time Token dengan menggunakan metode pembelajaran Think Talk Write pada pelajaran ekonomi di SMA Negeri 8 Prabumulih tahun 2018/2019.

 


Keywords


hasil pembelajaran time token, think talk write

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian edisi revisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2017. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamdayama, Jumanta. 2016. Metodologi Pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamida, Yulia Djahir, dan Fatimah, Siti. 2017. Perbandingan Pengaruh Model Pembelajaran Time Token dengan Think Talk Write terhadap Keterampilan Sosial Peserta Didik dalam Pembelajaran IPS di SMPN 10 Palembang. Jurnal Profil Vol 4, No 1. https: //ejournal. unsri. ac. id/index. php/jp/article/view/5575

Huda, Miftahul. 2017. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nazir. 2014. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sadirman. 2012. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model-Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-Ruzz Media.

Slameto. 2010. Belajar & Faktor-faktor yang memperngaruhi. Jakarta: Rineka Cipta

Sudjana. 2010. Metode Statistik. Bandung: Tarsito.

Sudjana. 2017. Penilaian hasil proses proses belajar mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suprijono. 2014. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Trisnasari, Reny. 2017. Efektifitas metode pembelajaran Time Token dan metode pembelajaran Think Talk Write terhadap hasil belajar siswa kelas VIII Pada pokok bahasan aljabar di smpn 3 kediri Tahun 2016/2017. Universitas Nusantara PGRI Kediri. http://simki.ac. id/mahasiswa/file_artikel/2017/12. 1. 01. 05. 0131. Pdf




DOI: https://doi.org/10.36706/jp.v7i1.11216

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal PROFIT Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi

e-ISSN: 2620-8504 p-ISSN: 2355-7176

PUBLISHED BY :

Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Pendidikan IPS Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya

Jl. Raya Palembang - Prabumulih Indralaya Ogan Ilir Sumatera Selatan

email :profitp_ekonomi@fkip.unsri.ac.id

SPONSORSHIP BY :

 INDEXED BY :

      

 

Creative Commons License
The Journal PROFIT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View PROFIT Stats Flag Counter