EVALUASI KUALITAS DESAIN PEMBELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS MENGGUNAKAN MODEL COUNTENENCE STAKE

Ikbal Barlian, Dewi Koryati, Riswan Jaenudin

Abstract


ABSTRACT

The purpose of this study is to evaluate the quality of economics teacher learning design.The evaluation method uses the Stake Countenance Model.Data were collected through observation, interviews, and documentation obtained from 2 economics teachers as evaluants who teach in social studies class X at different high schools.The data analysis technique used is descriptive qualitative.The conclusion of the research is;1) the average value of the lesson plan matching of the two economics teachers was 83.33% (Good);2) Good categorized learning (transaction) (78.26%);and 3) learning outcomes have reached KKM, with an actuality of 82%.However, economics teachers are advised to improve the quality of the process and assessment of learning outcomes by training students to improve higher-order thinking skills.

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini untuk mengevaluasi kualitas desain pembelajaran guru ekonomi.Metode evaluasi menggunakan Stake Countenance Model.Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi yang diperoleh dari 2 orang guru ekonomi sebagai evaluan yang mengajar di kelas X IPS di SMA yang berbeda.Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif.  Kesimpulan hasil penelitian adalah; 1)rata-rata nilai kesesuain RPP dari kedua guru ekonomi adalah 83.33% (Baik); 2) Pelaksanaan pembelajaran (transaction) terkatagori Baik (78.26%); dan 3) hasil belajar (Outcomes)sudah mencapai KKM, dengan aktualitas ketercapaian sebesar 82 %. Namun demikian, kepada guru ekonomi disarankan untuk meningkatkan kualitas proses dan penilaian hasil belajar dengan cara melatih peserta didik untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi.

Keywords


Desain pembelajaran ekonomi, stake countenance model

References


Arikunto, S. (2008). Evaluasi Program Pendidikan (Edisi ke-2). Jakarta: Bumi Aksara.

Artika, E. (2018). Evaluasi Pembelajaran Teaching Factory Dengan Model Countenance Stake Pada Program Keahlian APHP di SMK Negeri 1 Pacet. Bandung: Repository Indonesia University of Education.

Hapsari, S. I. (2017). Evaluasi Penerapan ICT Dalam Mendukung Keterampilan Saintifik Pada Pembelajaran Tata Surya. UNNES Science Education Journal.

Hasan, H. (2008). Evaluasi Kurikulum. Jakarta: Departemen Penddikan dan Kebudayaan, Dirjen Pendidikan Tinggi, P2LPTK.

Hasan, S. (2008). Evaluasi Kurikulum. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Kusmana, H. P. (1993). Struktur Ilmu Ekonomi sebagai Salah satu Kerangka Kajian yang Harus Diolah dalam Merumuskan Materi Pengajaran IPS. JPIPS, No. 2, 59.

Lukum, A. (2015). Evaluasi Program Pembelajaran IPA SMP Menggunakan Model Countenance Stake. Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 25-37.

Maryani. (2018). Evaluasi Program MGMP Sosiologi Dalam Peningkatan Kompetensi Profesional Guru (Studi Evaluatif Model Countenance Stake Pada Program MGMP Sosiologi SMA/MA Kota Bengkulu) . Bengkulu: UNIB Scholar Repository.

Mulyana, A. (2018, Agustus Sabtu). Retrieved Maret Sabtu, 2019, from https://ainamulyana.blogspot.com/2016/07/download-permendikbud-no-22-tahun-2016_14.html

Munthe, B. (2009). Desain Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

Pramono, H. S. (2018). Evaluasi Model Countenance Stake Pada Penerapan E-Learning Di SMK PIRI 1 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Teknik Mekatronika, 268-275.

Puspayanti, A. (2018). Evaluasi Pembelajaran Diklat Menggunakan Model Countenance Stake. Andragogi, Jurnal Diklat Teknis Pendidikan dan Keagamaan, 143-167.

Savage, T. V., & Armstrong, D. G. (1996). Effective Teaching in Elementary Social Studies. New Jersey: Prentice-Hall,Inc.

Sukmadinata, N. S. (1988). Prinsip dan Landasan Pengembangan Kurikulum. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, P2LPTK.

Sukmadinata, N. S. (2004). Kurikulum dan Pembelajaran Kompetensi. Bandung: Kesuma Karya.

Tompong, B. n., & Jailani. (2019). An Evaluation of Mathematics Learning Program at Primary Education Using Countenance Stake Evaluation Model. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Vol 23, No.2.

Yuniartik, H., Hidayah, T., & Nasuka. (2017). Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SLB C Se-Kota Yogyakarta. Journal of Physical Education and Sports, 148-156.




DOI: https://doi.org/10.36706/jp.v7i1.11395

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal PROFIT Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi

e-ISSN: 2620-8504 p-ISSN: 2355-7176

PUBLISHED BY :

Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Pendidikan IPS Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya

Jl. Raya Palembang - Prabumulih Indralaya Ogan Ilir Sumatera Selatan

email :profitp_ekonomi@fkip.unsri.ac.id

SPONSORSHIP BY :

 INDEXED BY :

      

 

Creative Commons License
The Journal PROFIT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View PROFIT Stats Flag Counter