PENGEMBANGAN BUKU AJAR AKUNTANSI PERPAJAKAN BERBASIS MASALAH

Edutivia Mardetini, Dian Eka Amrina, Sani Safitri

Abstract


Permasalahan yang dirumuskan adalah bagaimanakah validitas dan efektivitas buku ajar akuntansi perpajakan berbasis masalah. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan tingkat validitas dan efektivitas buku ajar akuntansi perpajakan berbasis masalah. Jenis penelitian ini yaitu penelitian R&D oleh Borg & Gall. Populasi dalam penelitian ini seluruh mahasiswa pendidikan ekonomi semester genap tahun akademik 2019-2020. Dengan sampel penelitian yaitu mahasiswa  yang mengikuti mata kuliah akuntansi perpajakan kelas Indralaya yang berjumlah 56 mahasiswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi, angket, dan tes. Dengan uji validitas 3,40 dari ahli materi terkategori sangat valid dan 3,19 dari ahli media yang terkategori valid. Kemudian dari uji efektivitas, nilai keefektifan buku ajar diperoleh gain sebesar 0,38 yang termasuk kategori sedang/efektif. Dengan demikian pengembangan buku akuntansi perpajakan berbasis masalah bersifat valid dan efektif untuk digunakan dalam kegiatan perkuliahan.


Keywords


Buku ajar, akuntansi perpajakan, metode pembelajaran berbasis masalah



DOI: https://doi.org/10.36706/jp.v7i2.13043

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal PROFIT Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi

e-ISSN: 2620-8504 p-ISSN: 2355-7176

PUBLISHED BY :

Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Pendidikan IPS Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya

Jl. Raya Palembang - Prabumulih Indralaya Ogan Ilir Sumatera Selatan

email :profitp_ekonomi@fkip.unsri.ac.id

SPONSORSHIP BY :

 INDEXED BY :

      

 

Creative Commons License
The Journal PROFIT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View PROFIT Stats Flag Counter