PENGEMBANGAN BUKU AJAR AKUNTANSI PERPAJAKAN BERBASIS MASALAH

Edutivia Mardetini(1*), Dian Eka Amrina(2), Sani Safitri(3)
(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author
DOI : 10.36706/jp.v7i2.13043

Abstract

Permasalahan yang dirumuskan adalah bagaimanakah validitas dan efektivitas buku ajar akuntansi perpajakan berbasis masalah. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan tingkat validitas dan efektivitas buku ajar akuntansi perpajakan berbasis masalah. Jenis penelitian ini yaitu penelitian R&D oleh Borg & Gall. Populasi dalam penelitian ini seluruh mahasiswa pendidikan ekonomi semester genap tahun akademik 2019-2020. Dengan sampel penelitian yaitu mahasiswa  yang mengikuti mata kuliah akuntansi perpajakan kelas Indralaya yang berjumlah 56 mahasiswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi, angket, dan tes. Dengan uji validitas 3,40 dari ahli materi terkategori sangat valid dan 3,19 dari ahli media yang terkategori valid. Kemudian dari uji efektivitas, nilai keefektifan buku ajar diperoleh gain sebesar 0,38 yang termasuk kategori sedang/efektif. Dengan demikian pengembangan buku akuntansi perpajakan berbasis masalah bersifat valid dan efektif untuk digunakan dalam kegiatan perkuliahan.

Keywords


Buku ajar, akuntansi perpajakan, metode pembelajaran berbasis masalah

Article Statistic

Abstract view : 140 times
PDF (Bahasa Indonesia) views : 151 times

The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: PDF (Bahasa Indonesia)

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.