ANALISIS KEBUTUHAN INSTRUMEN PENILAIAN BERBASIS HOTS PADA MATA KULIAH PENDIDIKAN IPS

Dian Eka Amrina, Deskoni Deskoni, Edutivia Mardetini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan instrument penilaian berbasis HOTS pada mata kuliah Pendidikan IPS. Hal tersebut bertitik tolak dari belum dikembangkannya instrument penilaian yang dapat merangsang mahasiswa untuk berpikir tingkat tinggi, sedangkan Pendidikan IPS memiliki tradisi pembelajaran salah satunya adalah reflective inkuiri. Penelitian ini dilakukan secara deskriptif kuantitatif, dengan sampel penelitian yaitu dosen pengasuh mata kuliah Pendidikan IPS dan Mahasiswa kampus indralaya Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Sriwijaya yang berjumlah 56 orang. Data penelitian diperoleh melalui wawancara, observasi dan angket. Wawancara digunakan untuk mendapatkan informasi mengenai teknik penilaian pada mata kuliah PPIS. Observasi dilakukan untuk menganalisis instrumen penilaian dan jawaban UAS mata kuliah PIPS. Angket digunakan untuk mendapatkan informasi kebutuhan mahasiswa akan instrumen penilaian berbasis HOTS. Dari hasil wawancara di peroleh informasi mengenai butir soal dibuat belum berbasis HOTS dan belum bervariasi. Observasi yang dilakukan pada instrument penilaian UAS menunjukkan bahwa butir soal 80% masih berfokus pada MOTS, dan dari lembar jawaban mahasiswa dapat diketahui mahasiswa masih menjawab pertanyaan soal dari proses hafalan. Hasil angket yang di peroleh menunjukkan 92,9% mahasiswa berpendapat untuk memahami konsep-konsep ilmu sosial perlu di buatkan soal-soal pemecahan masalah yang dapat melatih HOTS. Sehingga bisa disimpulkan bahwa, dosen dan mahasiswa membutuhkan instrument penilaian berbasis HOTS pada mata kuliah PIPS.

 


Keywords


Kebutuhan, Instrumen Penilaian, HOTS

Full Text:

PDF

References


Dewi, Putu Ida Arsani. 2020.Pengembangan Pembelajaran Berbasis HOTS dalam meningkatkan kemampuan pada maka Kuliah Pembelajaran IPS Sekolah Dasar. Tersedia: http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/widyacarya/article/view/556 .

Endayani H 2018 Sejarah dan Konsep Pendidikan IPS http://ejournal-ittihad.alittihadiyahsumut.or.id/index.php/ittihad/article/view/43

Fanani M Zainal 2018 Strategi Pengembangan Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) dalam Kurikulum 2013 https://jurnal.iainkediri.ac.id/index.php/edudeena/article/view/582

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2019). Buku Penilaian Berorientasi Higher Order Thinking Skills

Sani, Ridwan Abdullah. (2019). Pembelajaran Berbasis HOTS. Tangerang: TSMart.

Setiawan W dkk 2019 Buku Penilaian Berorientasi Higher Order Thinking Skills (Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Berbasis Zonasi) Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan http://repositori.kemdikbud.go.id/15158/1/Buku%20Penilaian%20HOTS.pdf

Sudijono A 2015 Pengantar Evaluasi Pendidikan Jakarta Rajawali Press

Suryana Y 2015 Kompetensi Pedagogik Jakarta AZ-Zahra pp




DOI: https://doi.org/10.36706/jp.v8i1.13119

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal PROFIT Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi

e-ISSN: 2620-8504 p-ISSN: 2355-7176

PUBLISHED BY :

Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Pendidikan IPS Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya

Jl. Raya Palembang - Prabumulih Indralaya Ogan Ilir Sumatera Selatan

email :profitp_ekonomi@fkip.unsri.ac.id

SPONSORSHIP BY :

 INDEXED BY :

      

 

Creative Commons License
The Journal PROFIT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View PROFIT Stats Flag Counter