• https://theoejwilson.com/
  • santuy4d
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • https://perpustakaan.stpreinha.ac.id/mahasiswa/
  • https://www.lml.stpreinha.ac.id/lab/
  • https://cursosvirtuales.icip.edu.pe/nice/
  • slot resmi
  • MEDIA PEMBELAJARAN, FASILITAS DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SELAMA PANDEMI COVID-19 | Setyorini | Jurnal PROFIT: Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi

    MEDIA PEMBELAJARAN, FASILITAS DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SELAMA PANDEMI COVID-19

    Indah Dwi Setyorini(1*), Siti Sri Wulandari(2)
    (1) Surabaya State University
    (2) 
    (*) Corresponding Author
    DOI : 10.36706/jp.v8i1.13598

    Abstract

    Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi pandemi Covid-19 yang saat ini menuntut siswa melaksanakan pembelajaran dengan sistem online yang didukung dengan media pembelajaran yang disediakan oleh guru, fasilitas yang cukup mendukung dan lingkungan belajar yang kondusif agar hasil belajar siswa meningkat. Riset ini bertujuan untuk mengetahui dampak secara parsial variabel independen kepada variabel dependen. Subjek pada penelitian ini yaitu siswa OTKP SMK IPIEMS pada mata pelajaran OTK Keuangan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan Metode analisis regresi linier berganda. Teknik Pengambilan sampel yang digunakan yaitu probability Sampling dengan jenis random sampling yang mana pengambilan sampel dilakukan secara acak tanpa melihat jenjang. Pada penelitian ini sampel yang diambil sebanyak 53 siswa. Hasil yang didapat menyimpulkan bahwa secara parsial tiap variabel independent mempunyai pengaruh yang signifikan kepada hasil belajar yaitu memiliki nilai uji- t media pembelajaran 0,36<0,05; fasilitas belajar 0,22<0,05 dan lingkungan belajar 0,36<0,05.

    Keywords


    media pembelajaran; fasilitas belajar; lingkungan belajar

    References


    Anggraini, Y., Phatmanthara, S., & Purnomo. (2017). Pengaruh Lingkungan Belajar Dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Kompetensi Keahlian Elektronika Industri Di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(12), 1650–1655.

    Astutik, S. M., & Wasiti. (2016). Pengaruh Self Regulated Learning dan Ketersediaan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Otomatisasi Perkantoran. Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Manajemen, 2(1), 50–57.

    Azma, H. (2019). Pengaruh Fasilitas Belajar, Minat Belajar, Lingkungan Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS SMK Kabupaten Tanah Datar: Kajian. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 19(2), 387–390. https://doi.org/10.33087/jiubj.v19i2.685

    Damanik, B. E. (2019). Pengaruh Fasilitas Dan Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar. Publikasi Pendidikan, 9(1), 46. https://doi.org/10.26858/publikan.v9i1.7739

    Farid, M. M. (2014). Pengaruh Motivasi Belajar, Gaya Belajar Dan Lingkungan Belajar Pada Hasil Belajar Ekonomi Di SMA Negeri 1 Wringinanom Gresik. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 2(2), 142–156.

    Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 (edisi 9).

    Halim, N. H., & Rahma. (2020). Pengaruh Lingkungan Belajar, Motivasi Belajar dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPA SMAN 9 Pangkep. Mandalika Mathematics and

    Education Journal, 2(2), 102–109.

    Lastrijanah, Prasetyo, T., & Mawardini, A. (2017). Pengaruh Media Pembelajaran Geoboard Terhadap Hasil

    Belajar Siswa. Didaktika Tauhidi, 4(2), 87–100.

    Mardhiah, A., & Akbar, S. A. (2018). Efektivitas Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Sma

    Negeri 16 Banda Aceh. Lantanida Journal, 6(1), 49–58. https://doi.org/10.22373/lj.v6i1.3173

    Marintan, D., & Widiyanto. (2017). Pengaruh Media Pembelajaran Dan Strategi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Ekonomi SMA Sedes Sapientiae Semarang. Economic Education

    Analysis Journal, 6(1), 161–172.

    Menrisal, Radyuli, P., Sanjaya, D., & Zuzanti, Z. (2020). Kontribusi Lingkungan Belajar dan Sarana Prasarana

    Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran TIK. Jurnal Paris Langkis, 1(1), 51–62.

    Napitupulu, B., & Munthe, D. R. S. (2019). Pengaruh Fasilitas Belajar Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kearsipan Di SMK Swasta Jambi Medan T.A 2018/2019. Jurnal Administrasi

    Dan Perkantoran Modern, 8(3), 1–6.

    Noviati, R., Misdar, M., & Adib, H. S. (2019). Pengaruh Lingkungan Belajar Terhadap Tingkat Konsentrasi

    Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di Man 2 Palembang. Jurnal PAI Raden Fatah, 1(1),

    –20. https://doi.org/10.19109/pairf.v1i1.3010

    Nur, S. (2015). Korelasi Kelengkapan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Pkn Di Sma 2 Polewali. Jurnal

    Pepatuzdu, 10(1), 47–67. Retrieved from https://journal.lppm-

    unasman.ac.id/index.php/pepatudzu/article/view/38

    Nurastanti, Z., Ismail, F., & Sukirman. (2019). Pengaruh Lingkungan Belajar Di Sekolah Terhadap Hasil BelajarSiswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 1 Banyuasin. Jurnal PAI Raden Fatah,

    (1), 41–46.

    Nuriansyah, F. (2020). Efektifitas Penggunaan Media Online Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mahasiswa

    Pendidikan Ekonomi Saat Awal Pandemi Covid-19. Jurnal Pendididikan Ekonomi Indonesia, 1(2), 61–65. Nurwidayanti, D., & Mukminan. (2018). Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Ditinjau

    Dari Gaya Belajar Siswa SMA Negeri. Jurnal Pendidikan IPS, 5(2), 105–114.

    Pardanus, R. H. W. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Terhadap Hasil Belajar Sistem Pendingin Siswa Kelas XI SMK Negeri 3 Merauke Provinsi Papua. Engineering Education

    Journal, 7(3), 1–5.

    Prihatin, M. S. (2017). Pengaruh Fasilitas belajar, Gaya Belajar Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata

    Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X IIS SMA Negeri 1 Seyegan. Jurnal Pendidikan Dan Ekonomi, 6(5),

    –452.

    Puspita, A., Kurniawan, A. D., & Rahayu, H. M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Booklet Pada

    Materi Sistem Imun Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Sman 8 Pontianak. Jurnal Bioeducation, 4(1),

    –73. https://doi.org/10.29406/524

    Royani, F., Sawiji, H., & Ninghardjanti, P. (2020). Pengaruh Keaktifan Dan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil

    Belajar Siswa Kelas XII SMK N 1 Banyudono 2019/2020. Jurnal Informasi Dan Komunikasi, 4(2), 112–

    Santika, F., Johan, R. S., & Haryana, G. (2017). The Effect Of Learning Facilities Toward Student Learning

    Outcomes In SMAN 1 Teluk Kuantan Kecamatan Kuantan Tengah Kabupaten Kuantan Singingi.

    JOMFKIP, 4(1), 1–12.

    Saragih, D. K. (2014). Pengaruh Kemandirian, Gaya Belajar Dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar

    Akuntansi Siswa Kelas X Program Keahlian Akuntansi Smk Pgri 3 Sidoarjo. Jurnal Ekonomi Pendidikan

    Dan Kewirausahaan, 2(1), 29–41. https://doi.org/10.26740/jepk.v2n1.p29-41

    Sholekhah, I. M., & Hadi, S. (2014). Pengaruh Fasilitas Belajar Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar

    IPS Terpadu Melalui Motivasi Belajar SMP Negeri 1 Ambarawa. Economic Education Analysis Journal,

    (2), 372–378.

    Siahaan, C. D., & Pramusinto, H. (2018). Pengaruh Disiplin Belajar, Lingkungan Sekolah, Dan Fasilitas Belajar

    Terhadap Hasil Belajar. Economic Education Analysis Journal, 7(1), 279–285.

    Sitinjak, R. S., & Sembiring, B. (2018). Pengaruh Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pengantar Ekonomi Dan Bisnis Kelas X Akuntansi Di SMK Negeri 4 Kota Jambi. Scientific

    Journals of Economic Education, 2(1), 110–120.

    Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: ALFABETA.

    Tumangkeng, Y. W. (2018). Meta-Analisis Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Matematika

    Siswa.

    Widiasih, R., Widodo, J., & Kartini, T. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Bervariasi Dan Motivasi Belajar

    Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas Xi Ips Sma Negeri 2 Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 11(2), 103–107. https://doi.org/10.19184/jpe.v11i2.6454

    Wulandari, S. S. (2018). Peningkatan Kompetensi Profesional Guru Kewirausahaan Melalui Lesson Study Berbasis Pantai Dan Laut. Jurnal Pendidikan Edutama, 5(2), 69–77. https://doi.org/10.30734/jpe.v5i2.193 Wulandari, S. S., Trisnawati, N., Suratman, B., & Narmaditya, B. S. (2020). Factors Affecting the Quality of Education : A Comparison Study in Vocational High School in East Java. International Journal of

    Psychosocial Rehabilitation, 24(07), 8742–8748.

    Yendrita, & Syafitri, Y. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Biologi.

    BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 2(1), 26–32.

    https://doi.org/10.31539/bioedusains.v2i1.620

    Yolanda, M., & Refdinal. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Microsoft Powerpoint

    Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Kelas X Tp Smk Negeri 1 SungaiLimau. Ranah Research : Journal of Multidicsiplinary Research and Development, 1(4), 936–942.


    Article Statistic

    Abstract view : 1632 times
    PDF (Bahasa Indonesia) views : 2016 times

    The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

    If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

    Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

    Fullscreen Fullscreen Off

    Full Text: PDF (Bahasa Indonesia)

    How To Cite This :

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    Copyright (c) 2021 Indah Dwi Setyorini, Siti Sri Wulandari

    Creative Commons License
    This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.