PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL INTERAKTIF DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATA KULIAH TEORI EKONOMI MIKRO

Yuliana FH, Siti Fatimah, Ikbal Barlian

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar digital interaktif dengan pendekatan kontekstual yang  valid dan dapat digunakan pada mata kuliah Teori Ekonomi Mikro di Pogram Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Sriwijaya. Jenis penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang menggunakan langkah pengembangan model Borg dan Gall dan telah dimodifikasi oleh Sukmadinata dengan tiga tahapan, yakni tahap studi pendahuluan, pengembangan dan pengujian. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam tahap pengembangan adalah analisis deskiptif dan analisis kelayakan bahan ajar digital melalui validasi tim ahli. Berdasarkan penilaian produk bahan ajar yang telah dilakukan oleh tim ahli diperoleh hasil bahwa pada aspek materi memperoleh skor 82% dengan kategori Sangat Baik, pada aspek media memperoleh skor 83,3% dengan kategori Sangat Baik, dan pada aspek bahasa memperoleh skor 81%, dengan kategori Sangat Baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar digital yang dikembangkan valid dan layak dan praktis untuk dapat digunakan pada proses pembelajaran. 


Keywords


Bahan Ajar Digital Interaktif, Kontekstual, Teori Ekonomi Mikro

Full Text:

PDF

References


Buchori, A. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif dengan Pendekatan Konekstual untuk Mengkatkan Pemecahan Masalah Kemampuan Matematika. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan 6 (1), 104-115.

Budiyono. (2018). Pengantar Metodologi Penelitian Pendidikan. Surakarta: UNS Press.

Chaerunisa, A. (2019). Pengembangan E-Module Berbasis Multimedia Interaktif dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Pokok Bahasan Statistika untuk Siswa SMA/MA. Jurnal Pendidikan Matematika 3 (1), 16-21.

Fajarini, A. (2018). Diktat Mata Kuliah Pengembangan Bahan Ajar IPS. Program Studi Tadris IPS FTIK IAIN Jember.

Gao, B., & Huang, L. (2019). Understanding Interactive user behavior in Smart Media Content Service: An Integration of TAM and Smart Service Belief Factors. Heliyon 5 (2019). 1-13.

Indriani, A., Pramuditya, S.A., & Firmasari, S. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbasis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pada pembelajaran Matematika. EduMa 7 (2). 89-98.

Johnson, E.B. (2007) Contexual Teaching and Learning Menjadikan Kegiatan Belajar-Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna. Bandung: Mizan Learning Center.

Khamidah, N., Winarto, & Mustikasari, V.R. (2019). Discovery Learning: Penerapan dalam pembelajaran IPA berbantuan bahan ajar digital interaktif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan IPA Veteran (JIPVA), 3 (1).87-99.

Kurniawan, H.E. (2013). Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA SMP Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Getaran dan Gelombang. Tesis. Pascasarjana Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

Lestari, Ika. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi (Sesuai dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan). Padang: Akademia Permata.

Mawarni, S., & Muhtadi, A. (2017). Pengembangan Digital Book Interaktif Mata Kuliah Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Untuk Mahasiswa Teknologi Pendidikan. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan 4 (1). 84-96.

Muslich, M. (2011). KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Jakarta: Bumi Aksara.

Mustafidah, H., & Aryanto, D. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Digital Interaktif Kalkulus-II Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Mahasiswa. Techno 11 (2). 84-93.

Nugraha, D.A., Binadja, A., & Supartono. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Reaksi Redoks Bervisi SETS Berorientasi Konstruktivistik. Journal of Innovative Science Education 2 (1). 27-34.

Prastowo, A. (2015). Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik Terpadu Implementasi Kurikulum 2013 untuk SD/MI. Jakarta: Kencana.

Puspitasari, A., & Rakhmawati, L. (2013). Pengembangan e-Book Interaktif Pada Mata Kuliah Elektronika Digital. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2 (2). 537-543

Rusman, Kurniawan, D., & Riyana, C. (2012). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Sinaga, M dan Situmorang, M (2015) dengan judul penelitian Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kontekstual untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Mahasiswa pada Pengajaran Reaksi Redoks. digilib.unimed.ac.id.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tegeh, I.M., Jampel, I.N., & Pudjawan, K. (2014). Model Penelitian Pengembangan. Singaraja: Graha Ilmu.

Wibowo, T.P., Endang, S.M., & Dewi, N.K. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Multimedia Book Pada Sistem Organisasi Kehidupan di SMP. Unnes Journal of Biology Education 3 (1). 101-109.




DOI: https://doi.org/10.36706/jp.v8i1.13875

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal PROFIT Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi

e-ISSN: 2620-8504 p-ISSN: 2355-7176

PUBLISHED BY :

Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Pendidikan IPS Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya

Jl. Raya Palembang - Prabumulih Indralaya Ogan Ilir Sumatera Selatan

email :profitp_ekonomi@fkip.unsri.ac.id

SPONSORSHIP BY :

 INDEXED BY :

      

 

Creative Commons License
The Journal PROFIT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View PROFIT Stats Flag Counter