PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS KONTEKSTUAL SEBAGAI PENDUKUNG PEMBELAJARAN JARAK JAUH KELAS X IPS

Fitriyah Dwi Febriana, Norida Canda Sakti

Abstract


Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya media pembelajaran yang mendukung pembelajaran jarak jauh yang menyebabkan kurangnya pemahaman peserta didik pada materi bank sentral, sistem pembayaran, dan alat pembayaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran E-Modul berbasis kontekstual dengan menguji tingkat kelayakan, respon peserta didik, dan pemahaman peserta. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan R&D dengan model 4D oleh Thiagarajan dengan empat tahap yaitu Pendefinisian, Perancangan, Pengembangan, dan Penyebaran. Desain uji coba yang digunakan ialah One Group Pretest-Posttest Design dengan subjek penelitian 20 peserta didik. E-Modul berbasis kontekstual dinyatakan sangat layak dipergunakan sebagai media pembelajaran dengan rincian hasil validasi ahli materi sebesar 99,44%, validasi ahli bahasa sebesar 78%, validasi ahli media  sebesar 98,3%, dan validasi ahli evaluasi sebesar 94,36%. Hasil respon peserta didik sebesar 94,5% yang dikategorikan sangat layak. Pemahaman peserta didik diukur dengan uji gain score dan memperoleh hasil sebesar 0,375 sehingga dapat dinyatakan terdapat peningkatan pemahaman peserta didik. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran E-Modul berbasis kontekstual layak digunakan dalam pembelajaran mata pelajaran ekonomi untuk meningkatkan pemahaman peserta didik..


Keywords


Pendidikan ekonomi, media pembelajaran

References


Al-Tabany, T. I. B. (2014). Mendesain model pembelajaran inovatif, progresif, dan kontekstual. In Prenadamedia Group.

Clarke, D., & Roche, A. (2017). Using contextualized tasks to engage students in meaningful and worthwhile mathematics learning. Journal of Mathematical Behavior, November 2016, 1–14. https://doi.org/10.1016/j.jmathb.2017.11.006

Dewi, A. S., Sitompul, H., & Napitupulu, E. (2019). Pengembangan E-Modul Pembelajaran Ekonomi SMA. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan. https://doi.org/10.24114/jtikp.v5i2.12592

Erinawati, B. (2016). Pengembangan e-modul penggabungan dan pemberian efek citra bitmap belas XI multimedia SMK negeri 1 klaten. In IOSR Journal of Economics and Finance.

Griffiths, B. (2016). A Faculty’s Approach to Distance Learning Standardization. Teaching and Learning in Nursing. https://doi.org/10.1016/j.teln.2016.04.004

Herawati, N. S., & Muhtadi, A. (2018). Pengembangan modul elektronik (e-modul) interaktif pada mata pelajaran Kimia kelas XI SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan. https://doi.org/10.21831/jitp.v5i2.15424

Hernawan, A. H., Permasih, & Dewi, L. (2012). Pengembangan Bahan Ajar Tematik. In Direktorat UPI Bandung.

Manuel D. Guido, R. (2014). Evaluation of a Modular Teaching Approach in Materials Science and Engineering. American Journal of Educational Research. https://doi.org/10.12691/education-2-11-20

Mulyadi, M., Atmazaki, A., & R, S. (2019). The Development of Interactive Multimedia E-Module on Indonesia Language Course. https://doi.org/10.2991/icoie-18.2019.65

Putra, K. W. B., Wirawan, I. M. A., & Pradnyana, G. A. (2017). Pengembangan E-Modul Berbasis Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Mata Pelajaran “Sistem Komputer” Untuk Siswa Kelas X Multimedia SMK Negeri 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v14i1.9880

Rokhmania, F. T., & Kustijono, R. (2017). Efektivitas penggunaan E-Modul berbasis flipped classroom untuk melatih keterampilan berpikir kritis. Seminar Nasional Fisika.

Septiani, E., & Setyowati, L. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran Secara Daring Terhadap Pemahaman Belajar Mahasiswa. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sungkono, S. (2009). Pengembangan dan Pemanfaatan Bahan Ajar Modul dalam Proses Pembelajaran. Majalah Ilmiah Pembelajaran.

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa: Jurnal Jurnal Komunikasi Pendidikan. Jurnal Jurnal Komunikasi Pendidikan.

Widiana, I. W. (2016). E-Modul Berorientasi Pemecahan Masalah dalam Pembelajaran Statistik Inferensial. Inovasi IPTEKS Perguruan Tinggi Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat.

Winaya, I. K. A., Darmawiguna, I. G. M., & Sindu, I. G. P. (2016). Pengembangan E-Modul Berbasis Project Based Learning pada Mata Pelajaran Pemrograman Web Kelas X Di SMK Negeri 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v13i2.8527

Wulansari, E. W., Kantun, S., & Suharso, P. (2018). Pengembangan E-Modul Pembelajaran Ekonomi Materi Pasar Modal untuk Siswa Kelas XI IPS MAN 1 Jember Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial. https://doi.org/10.19184/jpe.v12i1.6463




DOI: https://doi.org/10.36706/jp.v8i1.14057

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal PROFIT Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi

e-ISSN: 2620-8504 p-ISSN: 2355-7176

PUBLISHED BY :

Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Pendidikan IPS Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya

Jl. Raya Palembang - Prabumulih Indralaya Ogan Ilir Sumatera Selatan

email :profitp_ekonomi@fkip.unsri.ac.id

SPONSORSHIP BY :

 INDEXED BY :

      

 

Creative Commons License
The Journal PROFIT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View PROFIT Stats Flag Counter