ANALISIS IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA PERTIWI AMBON
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Penilaian Autentik Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X2s di SMA Pertiwi Ambon T.A 2020/2021. Dalam penelitian ini, jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif merupakan penelitian yang dilakukan untuk mengetahui nilai variabel mandiri, baik satu variabel atau lebih tanpa membuat perbandingan atau menghubungkan dengan variabel yang lain. Teknik penumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner dan Dokumentasi, angket digunakan untuk memperoleh data mengenai implementasi penilaian autentik yang dilakukan oleh guru ekonomi dalam pembelajaran, sedangkan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data berupa arsip atau dokumen yang berhubungan dengan penelitian ini. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari enam indikator yang dikemukakan dalam variabel penelitian ini rata-rata berada pada presentase 50% dan termasuk dalam kualifikasi cukup baik. Sehingga implementasi penilaian autentik yang diterapkan oleh guru ekonomi cukup baik.
Keywords
References
Arikunto S. (1998). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Cetakan ke- 11. Jakarta: PT Rineka Cipta.
S. Jerome Arcaro. (2007). Pendidikan Berbasis Mutu; Prinsip-Prinsip Perumusan dan Tata Langkah Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Nurgiyantoro, Burhan. (2001). Penilaian dalam Pembelajaran Bahasa dan sastra. Yogyakarta: BPEE.
Soleh Hidayat. (2013). Pengembangan kurikulum baru. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Mulyasa, E. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Penerbit PT Remaja Rosdakarya.
Kunandar. (2013). Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: Rajawali Press.
Majid Abdul. (2006). Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Rosdakarya.
Masnur Muslich. (2011). Authentik Assessment (Penilaian Berbasis Kelas dan Kompetensi). Bandung: Rafika Aditama.
Subali Bambang. (2012). Prinsip Asesmen & Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: UNY Press.
Budimansyah Dasim. (2003). Model Pembelajaran Berbasis Portofolio Ekonomi. Bandung: Genesindo.
Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Riduwan. (2008). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Cetakan 5. Bandung: ALVABETA.
Sugiyono. 2013. Statistik untuk Penelitian. Cetakan ke 23. Penerbit: ALFABETA.
A.G.Bluman. (2012). Elementari Statistic: A Step By Approach. New York: McGraw Hill.
Sariono. (2013). Kurikulum 2013: kurikulum generasi emas. Surabya: E-Jurnal Dinas Guru.
Pantiwati. (2013). Hakekat assesmen autentik dan penerapannya dalam pembelajaran biologi.JMS (Jurnal Edukasi Matematikan dan Sains).
Ross. J. A. dan Rolheiser. C. (2005). Student Self-Evaluation: What Research Says and What Practice Shows: Open University Press.
Khafidzoh. (2016). Implementasi Penilaian Autentik Dalam Pembelajaran Ekonomi Di MA Se-Kabupaten Sleman Universitas Negeri Yogyakarta.
Depdiknas, (2005). Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005, Tentang Standar Nasional. Jakarta: Depdiknas.
Depdiknas, (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
Muhammad.F. (2012).Uji Validitas dan Reliabilitas menggunakan SPSS. Tersedia: http//melihat+ dunia _ acakadut. blogspot.com. online (5 Pembruarii 2020): 17:00WIT.
Suaidinmath. (2014). Inti dari Kurikulum 2013 dan Alasan dari Perubahan Kurikulum KTSP ke Kurikulum 2013. tersedia di: https://www.google.co.id/amp/suaidinmath.wordpress.com. Online (13 Pebruari 2021):12:20 WIT.
Article Statistic
Abstract view : 532 timesPDF (Bahasa Indonesia) views : 295 times
How To Cite This :
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Amjad Salong, Novita E Latupeirissa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.