MOTIVASI BELAJAR SEBAGAI DETERMINAN PRESTASI BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN DARING DENGAN MENGGUNAKAN E-LEARNING

Amelia Fahruniza(1*), Riswan Jaenudin(2), Dwi Hasmidyani(3)
(1) Universitas Sriwijaya
(2) Universitas Sriwijaya
(3) Universitas Sriwijaya
(*) Corresponding Author
DOI : 10.36706/jp.v8i2.15309

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa yang menggunakan aplikasi e-learning. Metode penelitian adalah ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Sriwijaya Tahun Akademik 2018 sebanyak 73 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan menggunakan modifikasi skala likert. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan dokumentasi. Uji hipotesis yang digunakan adalah korelasi Pearson Product Moment dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar memiliki pengaruh yang positif terhadap prestasi belajar. Oleh karena itu, prestasi belajar mahasiswa dapat ditingkatkan melalui peningkatan motivasi belajar mahasiswa.

Keywords


Motivasi Belajar, Prestasi Belajar, Pembelajaran Daring, E-Learning

References


Arifin, M. & Ekayati, R. (2019). E-learning berbasis edmodo. Yogyakarta: Deepublish.

Aunurrahman. (2014). Belajar dan pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Aurora, A. & Effendi, H. (2019). Pengaruh penggunaan media pembelajaran e-learning terhadap motivasi belajar mahasiswa di Universitas Negeri Padang. JTEV. 5(2): 12-15.

Chusna, N. L. (2019). Pembelajaran e-learning. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan KALUNI. 9(2):116.

Djamarah, S. B. (2012). Prestasi belajar dan kompetensi guru. Surabaya: Usaha Nasional.

Emda, A. (2017). Kedudukan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran. Lantanida. 5(2):176.

Harandi, S. R. (2015). Effects of e-learning on students' motivation. Procedia. 181: 426.

Ibrahim, D. S. & Suardiman, S. P. (2014). Pengaruh penggunaan e-learning terhadap motivasi dan prestasi belajar matematika siswa SD Negeri Tahunan Yogyakarta. Jurnal Prima Edukasia. 2(1): 77-78.

Islam, S.,dkk. (2018). To boost students' motivation and achievement through blended learning. IOP Publishing. 1114 (012046): 2.

Kompri. (2018). Motivasi pembelajaran perspektif guru dan siswa. Bandung: PT Remaja Rasdakarya Offset.

Lin, H. M., Chen, W. J., & Nien, S. F. (2014). The study of achievement and motivation by e-learning–a case study. Journal of Information and Education Technology. 4(5): 421-422.

Makmur, S. A. (2012). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Mustajab, M. Z. R. & Abdullah, A. R. (2020). Prestasi belajar. Malang: Literasi Nusantara.

Pianda, D. (2018). Kinerja guru. Jawa Barat: CV Jejak.

Pratama, H. F. A., & Arief, S. (2019). Pengaruh pemanfataan e-learning, lingkungan teman sebaya, dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar. JPIPS. 6(1):10.

Priambodo, C. G. (2013). Pengaruh penerapan e-learning terhadap peningkatan motivasi dan efektivitas belajar menurut keragaman siswa dan orang tua: studi kasus SMALB Pangudi Luhur Jakarta. Faktor Exacta. 6(1): 9.

Rachmawati, A., & Rusydiyah, E. F. (2018). Implementasi pembelajaran berbasis e-learning pada mata pelajaran pendidikan agama islam. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia. 5(1):11.

Rosyid, M. Z. (2020). Prestasi belajar edisi 2. Malang: Literasi Nusantara.

Sari, W. F.& Kurniawati, T. (2020). Pengaruh motivasi belajar dan pemanfaatan e-learning terhadap prestasi belajar mahasiswa jurusan Pendidikan Ekonomi. EcoGen. 3(1): 176-178.

Setiawardhani, R. T. (2013). Pembelajaran elektronik e-learning dan internet dalam rangka mengoptimalkan kreativitas belajar siswa. Edunomic. 1(2):87-88.

Setyawan, F. E. B. (2017). Pedoman metodologi penelitian. Jawa Timur: Zifatama Jawara.

Sihotang, H. T. (2017). Pembuatan aplikasi e-learning pada SMK Swasta Pariwisata Imelda Medan. Jurnal Mantik Penusa. 1(2):75.

Simanihuruk, L.,dkk. (2019). E-learning: Implementasi, strategi, dan inovasinya. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Soewono, E. B. (2018). Pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika menggunakan e-learning pendekatan bimbingan belajar. IKRAITH-INFORMATIKA. 2(2):23.

Sunadi, L. (2013). Pengaruh motivasi belajar dan pemanfaatan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMA Muhammadiyah 2 Surabaya. JUPE. 1(3): 4-6.

Uno, H. B. (2019). Teori motivasi dan pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Wahyuningsih, D. & Makmur, R. (2017). E-learning teori dan aplikasi. Bandung: Informatika Bandung.

Wijaya, I. G. N. S. (2018). Pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa di Stmik Stikom Bali. Jurnal Bakti Saraswati. 7(2): 197.

Yadewani, D. (2016). Pengaruh pemanfaatan e-learning dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa Amik Jayanusa Padang. Jurnal Jayanusa. 3(2): 96-98.


Article Statistic

Abstract view : 222 times
PDF (Bahasa Indonesia) views : 143 times

The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: PDF (Bahasa Indonesia)

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Amelia Fahruniza, Riswan Jaenudin, Dwi Hasmidyani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.