PENGARUH MOTIVASI DAN PENGETAHUAN TERHADAP MINAT INVESTASI DI PASAR MODAL PADA MAHASISWA

Richo Elfrizal Ar Rahman(1*), Waspodo Tjipto Subroto(2)
(1) Program Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Negeri Surabaya
(2) Program Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Negeri Surabaya
(*) Corresponding Author
DOI : 10.36706/jp.v9i2.17263

Abstract

Managing personal finances is not an easy thing for students due to the growing phenomenon of consumptive behavior. Even though they have been equipped with knowledge through courses on financial institutions and capital markets, students seem desperate to invest in the capital market due to several factors. This study aims to explain the effect of motivation and knowledge on interest in investing in the capital market in Students of the Economics Education Study Program, State University of Surabaya. This research uses quantitative methods. Determining the research population used a purposive sampling technique, namely students of the 2018 economics study program, a total of 62 students. Collecting data using a questionnaire. The analytical method uses multiple linear regression analysis with the help of the SPSS 24 for windows program. The results of this study indicate that there is a positive effect of motivation on investment interest in the capital market, there is a positive effect of knowledge on investment interest in the capital market and simultaneously motivation and knowledge have a positive effect on investment interest in the capital market in Unesa Economics Education Study Program students.

Mengelola keuangan pribadi bukanlah hal yang mudah bagi mahasiswa dikarenakan fenomena perilaku konsumtif yang berkembang. Walaupun sudah dibekali pengetahuan melalui mata kuliah lembaga keuangan dan pasar modal, mahasiswa terkesan putus asa untuk berinvestasi di pasar modal karena beberapa faktor. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh motivasi dan pengetahuan terhadap minat investasi di pasar modal pada mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Penentuan populasi penelitian menggunakan teknik purposive sampling yaitu mahasiswa prodi pendidikan ekonomi angkatan 2018 yang berjumlah 62 mahasiswa. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Metode analisis menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS 24 for windows. Hasil penelitian ini menunjukan terdapat pengaruh positif motivasi terhadap minat investasi di pasar Modal, terdapat Pengaruh positif pengetahuan terhadap minat investasi di pasar modal dan secara simultan Motivasi dan pengetahuan berpengaruh positif terhadap Minat Investasi di Pasar Modal pada mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi Unesa.

Keywords


Motivasi, Pengetahuan, Minat Investasi, Pasar Modal

References


Adiguna, R. S. (2018). Kampanye ‘ Yuk Nabung Saham ’ IDX Untuk Mengubah Mindset Saving Society Menjadi Investing Society. Jurnal Komunikasi, 9(1), 93–99.

Andriani, S. (2019). Minat Investasi Saham Pada Mahasiswa. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Indonesia, 4(1), 37–44. https://doi.org/10.37673/jebi.v4i1.285

Badriatin, T., Rinandiyana, L. R., & Mujtahidin, F. W. (2019). Capital market literation program in class. 2(1), 24–29.

Burhanudin, H., Mandala Putra, S. B., & Hidayati, S. A. (2021). Pengaruh Pengetahuan Investasi, Manfaat Investasi, Motivasi Investasi, Modal Minimal Investasi Dan Return Investasi Terhadap Minat Investasi Di Pasar Modal ( Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram ). Distribusi - Journal of Management and Business, 9(1), 15–28. https://doi.org/10.29303/distribusi.v9i1.137

Darmawan, Akhmad; Japar, J. (2016). Pengaruh Pengetahuan Investasi, Modal Minimal, Pelatihan Pasar Modal Dan Motivasi Terhadap Minat Investasi Di Pasar Modal. v(Syariah Economic, Zakat), 1–7.

Fridana, I. O., & Asandimitra, N. (2020). Analisis Faktor Yang Memengaruhi Keputusan Investasi (Studi Pada Mahasiswi Di Surabaya). Jurnal Muara Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 4(2), 396. https://doi.org/10.24912/jmieb.v4i2.8729

Haidir, M. S. (2019). Pengaruh Pemahaman Investasi, Modal Minimal Investasi Dan Motivasi Terhadap Minat Mahasiswa Berinvestasi Di Pasar Modal (Studi pada Mahasiswa Sekolah Tinggi Kesuma Negara). Jurnal Istiqro: Jurnal Hukum Islam, Ekonomi Dan Bisnis, 2(2), 22–35. https://doi.org/10.51289/peta.v2i2.309

Halim, A. (2015). Analisis Investasi di Aset Keuangan. Salemba Empat.

Hidayat, L., Muktiadji, N., & Supriadi, Y. (2019). Pengaruh Pengetahuan Investasi Terhadap Minat Mahasiswa Berinvestasi Di Galeri Investasi Perguruan Tinggi. JAS-PT (Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi Indonesia), 3(2), 63. https://doi.org/10.36339/jaspt.v3i2.215

Isticharoh, & Kardoyo. (2020). Minat Investasi Diprediksi Dari Motivasi Diri, Pengetahuan Investasi, dan Teknologi Media Sosial. Economic Education Analysis Journal, 9(3), 904. https://doi.org/10.15294/eeaj.v9i3.42414

Janie, D. N. A. (2012). Analisis Statistik Ekonomi dan Bisnis Dengan SPSS. In Cv. Wade Group. Semarang University Press.

Jayengsari, R., & Ramadhan, N. F. (2021). Pengaruh Pengetahuan Investasi dan Motivasi Terhadap Minat Investasi di Pasar Modal Syariah Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Suryakancana Cianjur. El-Ecosy : Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Islam, 1(2). https://doi.org/10.35194/.v1i2.1657

Maulida, D., & FW Pospos, A. F. (2021). Pengaruh Pengetahuan, Motivasi dan Modal Minimum terhadap Minat Berinvestasi. Jurnal Investasi Islam, 6(1), 22–41. https://doi.org/10.32505/jii.v6i1.3019

Merawati, L. K., & Putra, I. P. M. J. S. (2015). Kemampuan Pelatihan Pasar Modal Memoderasi Pengaruh Pengetahuan Investasi Dan Penghasilan Pada Minat Berinvestasi Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Bisnis, 10(2).

Nasution, Y. S. J. (2015). Peranan Pasar Modal Dalam Perekonomian Negara. HUMAN FALAH: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 2(1), 95–112.

Pajar, R. C. (2017). Pengaruh Motivasi Investasi Dan Pengetahuan Investasi Terhadap Minat Investasi Di Pasar Modal Pada Mahasiswa Fe Uny. 210093.

Rasyid, R. (2012). Analisis Tingkat Literasi Keuangan Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang. ????????? ???????, 1(September), 32.

Riyadi, A. (2016). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Untuk Berinvestasi Di Pasar Modal (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta). Ekonomi Dan Bisnis, 7.

Saputra, D. (2018). “Pengaruh Manfaat, Modal, Motivasi Dan Edukasi Terhadap Minat Dalam Berinvestasi Di Pasar Modal.” Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 5(2), 178–190.

Suryanto. (2017). Pola Perilaku Keuangan Mahasiswa Di Perguruan Tinggi. Jurnal Ilmu Politik Dan Komunikasi, VII(1), 11–20.

Widyastuti, D. (2004). Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk).

Wijayanti, R. (2015). Pengaruh Modal Minimal Investasi, Promosi Dan Pengetahuan Terhadap Minat Mahasiswa Berinvestasi Dinar di Gerai Dinar BMT Daarul Mustaqiim Pekalongan. IAIN Pekalongan.

Witakusuma, G. E., Kurniawan, P. S., & Sujana, E. (2018). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Mahasiswa Dalam Berinvestasi di Pasar Modal (Sebuah Tinjauan Empiris Pada Investor Pemula). E-Journal S1 Ak Universitas Pendidikan Ganesha, 9(1), 87–98.

Wulandari, A. (2020). Pengaruh Motivasi Investasi Dan Pengetahuan Investasi Terhadap Minat Investasi Mahasiswa Di Pasar Modal. Journal of Chemical Information and Modeling, 0(0), 1–12.

Yenti, F., & Azzara, S. (2021). Pengaruh Pengetahuan Mahasiswa tentang Investasi terhadap Minat Mahasiswa Berinvestasi pada Galeri Investasi Syariah IAIN Batusangkar. Al-Bank: Journal of Islamic Banking and Finance, 1(1), 33. https://doi.org/10.31958/ab.v1i1.2556

Yuliani, W. et al. (2020). Analisa Minat Investasi Pasar Modal Pada Mahasiswa. Nominal: Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen, 9(2), 150–167.

Yuliati, R., Amin, M., & Anwar, S. A. (2020). Pengaruh Motivasi Investasi, Modal Minimal Investasi, Pengetahuan Investasi, Dan Return Investasi Terhadap Minat Investasi Di Pasar Modal Rosa. Journal of Physics A: Mathematical and Theoretical, 09(3), 32–48.

Yusuf, M. (2019). Pengaruh Kemajuan Teknologi dan Pengetahuan terhadap Minat Generasi Milenial dalam Berinvestasi di Pasar Modal. Jurnal Dinamika Manajemen Dan Bisnis, 2(2), 86–94. https://doi.org/10.21009/jdmb.02.2.3


Article Statistic

Abstract view : 468 times
PDF (Bahasa Indonesia) views : 288 times

The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: PDF (Bahasa Indonesia)

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Richo Elfrizal Sabda Ar Rahman, Waspodo Tjipto Subroto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.