PENGARUH PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA DI SMK NEGERI 1 BENAKAT
Abstract
Given the importance of entrepreneurial knowledge and the family environment as supporting factors in growing interest in entrepreneurship, it is hoped that after graduating from school students can participate in the country's economic development by creating jobs to reduce unemployment. This study wants to find out whether there is an influence of entrepreneurial knowledge and family environment on the interest in entrepreneurship at SMKN 1 Benakat. This research method is a quantitative research through multiple regression analysis with a questionnaire instrument, as well as documentation. The t-test results show that the entrepreneurial knowledge variable on the interest in entrepreneurship has an impact of 15%. The results of the t-test show that the family environment on the interest in entrepreneurship has an impact of 14%. Meanwhile, the F-test simultaneously shows the magnitude of the impact of 32%, so that information can be obtained that knowledge of entrepreneurship and the family environment simultaneously has an influence on interest in entrepreneurship at SMK Negeri 1 Benakat.
Pengetahuan kewirausahaan dan lingkungan keluarga sebagai faktor pendukung dalam menumbuhkan minat berwirausaha sehingga diharapkan peserta didik setelah lulus sekolah bisa ikut serta dalam pembangunan perekonomian negara dengan menciptakan pengaruh pekerjaan untuk mengurangi pengangguran. Penelitian ini bertujuan mencari pengaruh pengetahuan kewirausahaan dan lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha di SMKN 1 Benakat. Metode penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif melalui analisis regresi berganda dengan instrumen Angket dan dokumentasi. Hasil uji-t menunjukkan bahwa pengaruh pengetahuan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha memiliki dampak sebesar 15%. Hasil uji-t terlihat bahwa lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha memiliki dampak sebesar 14%. Sementara itu, uji-F secara sekaligus menunjukkan besarnya dampak sebesar 32%, sehingga dapat diperoleh pengaruh bahwa pengetahuan kewirausahaan dan lingkungan keluarga secara simultan mempunyai pengaruh terhadap minat berwirausaha di SMK Negeri 1 Benakat.
Keywords
References
Alma, B. (2019). Kewirausahaan Untuk Mahasiswa dan Umum. Alfabeta.
Azwar, S. (2019). Penyusunan Skala Psikologi Edisi2. Anggota IKAPI.
BPS. (2021). Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) Sebesar 6,49 Persen. Badan Pusat Statistik. https://www.bps.go.id/pressrelease/2021/11/05/1816/agustus-2021--tingkat-pengangguran-terbuka--tpt--sebesar-6-49-persen.html
Darmianti. (2021). Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Pada Siswa SMK Negeri 1 Pangkep. http://eprints.unm.ac.id/21131/1/ARTIKEL-DARMIANTI-1692042010-PENDIDIKAN AKUNTANSI -.pdf
Gatiningsih, & Sutrisno, E. (2017). Modul mata kuliah kependudukan dan ketenagakerjaan. In Ipdn. INSTITUT PEMERINTAHAN DALAM NEGERI FAKULTAS MANAJEMEN PEMERINTAHAN. http://eprints.ipdn.ac.id/2402/1/Buku GATI dan EKO Kependudukan LENGKAP.pdf
Hasmidyani, D., Suranto, & Soetjipto, B. E. (2019). Conceptual model on entrepreneurial intention in higher education. Humanities and Social Sciences Reviews, 7(3). https://doi.org/10.18510/hssr.2019.733
Hendro. (2019). Dasar-Dasar Kewirausahaan: Panduan Bagi Mahasiswa Untuk Mengenal, Memahami, dan Memasuki Dunia Bisnis. Erlangga.
Isra, F., Prayitno, P., & Karneli, Y. (2020). Hubungan Motivasi Siswa Memilih Sekolah Terhadap Perencanaan Arah Karier. Jurnal KOPASTA, 7(2), 85–93.
Mulyani, E. (2011). Model Pendidikan Kewirausahaan di Pendidikan Dasar dan Menengah. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 8(1), 1–18.
Nasution, M. F., & Panggabean, S. M. (2019). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan dan Pendapatan Orang Tua Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas XII Pemasaran SMK Negeri 7 Medan T.a 2018/2019. Niagawan, 8(1), 16–26. https://doi.org/https://doi.org/10.24114/niaga.v8i1.12802
Nisa, K., & Murniawaty, I. (2020). Pengaruh Atribut Personal, Lingkungan Keluarga, dan Pengetahuan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa. Economic Education Analysis Journal, 9(1), 84–99. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/eeaj.v9i1.37229
Prayetno, S., & Ali, H. (2020). The Influence Of Work Motivation, Entrepreneurship Knowledge and Advocate Independence On Advocate Performance. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 12(3), 147–164.
Pribadi, R. A. (2014). Hubungan Antara Prestasi Belajar Praktik Las Busur Manual dan Bimbingan Karir dengan Minat Berwirausaha Siswa. E-Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 2(3), 1–8.
Purnamasari, W. (2018). Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Minat Berwirausaha dalam Perspektif Pendidikan Ekonomi. http://eprints.unm.ac.id/10317/1/jurnal wulan purnamasari.pdf
Purwanto, N. (2013). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Remaja Rosdakarya.
Riduwan. (2013). Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru - Karyawan dan Penelitian Pemula. Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta.
Sundari, & Zuan, M. M. M. (2018). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas XI SMKN 1 Dlanggu Kabupaten Mojokerto. Jurnal Syariah Dan Hukum Islam, 3(2), 107–119. https://doi.org/https://doi.org/10.31538/adlh.v3i2.451
Tamara, E., Hodsay, Z., & Aradea, R. (2020). Hubungan Pengetahuan Kewirausahaan dan Minat Berwirausaha Dengan Hasil Belajar Siswa SMA Setia Darma Palembang. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Ekonomi Akuntansi, 4(2), 238–245. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31851/neraca.v4i2.5066
Wardani, S. F., Junaidi, & Asriati, N. (2021). Pengaruh Pengetahuan dan Praktik Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Peserta Didik Kelas XII Jurusan Manajemen dan Pemasaran. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 10(4), 1–11. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v10i4.46165
Wiani, A., Ahman, E., & Machmud, A. (2018). Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Minat di Kabupaten Subang. Jurnal Manajemen Dan Sistem Informasi, 17(2), 227–238.
Widianingrum, E. (2020). Pengaruh Efikasi Diri dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Wirausaha Siswa SMK di Masa Pandemi Covid-19. POINT: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 2(2), 133–141. https://doi.org/https://doi.org/10.46918/point.v2i2.726
Windayani, N. L., Widyastuti, A., Herlina, emmi silvia, Chamidah, D., Yusuf, rini novianti, Ince weya dede ajeng arini, agung prihatmojo, & Karwanto. (2021). Pengantar Teori Perkembangan Peserta Didik. Yayasan Kita Menulis.
Article Statistic
Abstract view : 594 timesPDF (Bahasa Indonesia) views : 298 times
How To Cite This :
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Nanda Elpita Sari, Depi Pramika, M. Toyib
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.