• https://theoejwilson.com/
  • santuy4d
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • https://perpustakaan.stpreinha.ac.id/mahasiswa/
  • https://www.lml.stpreinha.ac.id/lab/
  • https://cursosvirtuales.icip.edu.pe/nice/
  • slot resmi
  • PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, ART, DAN MATHEMATICS BERBASIS PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI | Lilis | Jurnal PROFIT: Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi

    PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, ART, DAN MATHEMATICS BERBASIS PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI

    Lilis Lilis(1*), Neta Dian Lestari(2), Chandra Kurniawan(3)
    (1) Universitas PGRI Palembang
    (2) Universitas PGRI Palembang
    (3) Universitas PGRI Palembang
    (*) Corresponding Author
    DOI : 10.36706/jp.v10i1.19572

    Abstract

    Rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran akuntansi menuntut pendidik untuk merubah model pembelajaran. Penelitian ini bertujuan menguji ada atau tidak pengaruh model pembelajaran STEAM berbasis PjBL terhadap hasil belajar akuntansi di SMK Bina Jaya Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain Posttest Only Control Design. Teknik Pengumpulan data meliputi observasi, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah penulis sampaikan, dapat dilihat hasil dari hipotesis yang telah dibuat, yaitu sebagai berikut: Thitung > Ttabel, atau 3,164 > 1,65882, yang menunjukkan bahwa Ho ditolak. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara hasil belajar di Sekolah Menengah Kejuruan Bina Jaya Palembang dengan pendekatan pembelajaran berbasis proyek dalam pembelajaran sains, teknologi, teknik, seni, dan matematika.

    Keywords


    Model Pembelajaran Steam, PjBL, Hasil Belajar

    References


    Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. PT Rineka Cipta.

    Cahyani, G. P., & Sulastri, S. (2021). Pengaruh Project Based Learning dengan Pendekatan STEAM Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran Online di SMK Negeri 12 Malang. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 9(3), 372–379. https://doi.org/10.26740/jpak.v9n3.p372-379

    Di, O., Negeri, S. M. A., Studi, P., Fisika, P., Teknik, F., & Malikussaleh, U. (2022). Universitas Abulyatama Jurnal Dedikasi Pendidikan Pengaruh Model Project Based Learning Berbasis Steam Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Pada Materi Alat- Alat. 8848(1), 127–136.

    Djamaluddin, A., & Wardana. (2019). Belajar dan Pembelajaran 4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pedagogis. CV. Kaaffah Learning Center.

    Fitriyah, A., & Ramadani, S. D. (2021). Pengaruh Pembelajaran STEAM Berbasis PjBL (Project-Based Learning) terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif dan Berpikir Kritis. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 10(1), 209–226.

    Hidayat, W. W. (2018). Dasar-Dasar Analisa Laporan Keuangan. Uwais Inspirasi Indonesia.

    Kesumawati, N., & Aridanu, I. (2018). Statistik Parametrik Penelitian Pendidikan. NoerFikri Offset.

    Lestari, I. (2015). Pengaruh Waktu Belajar dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2), 115–125. https://doi.org/10.30998/formatif.v3i2.118

    Maith, H. A. (2013). Analisis Laporan Keuangan Dalam Mengukur Kinerja Keuangan Pada Pt. Hanjaya Mandala Sampoerna Tbk. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(3), 619–628. https://doi.org/10.35794/emba.v1i3.2130

    Marjuki. (2020). Model Pembelajaran Paikem berbasis Pendekatan Saintifik. PT Remaja Rosdakarya.

    Mokambu, F. (2021). Pengaruh model project based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada pembelajaran ipa di kelas V SDN 4 Talaga Jaya. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar “Merdeka Belajar Dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0,” November, 56–62.

    Nikodimus, & Christi, L. (2020). Pengaruh project based learning dengan pendektan STEAM terhadap ketrampilan berpikir kreatif peserta didik pada sub materi laporan keuangan (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).

    Pramudya, N., Tri, E., Maharani, W., & Hidayah, F. F. (2011). Analisis Swot Terhadap Belajar Kimia Pada.

    Purwanto. (2020). Evaluasi Hasil Belajar. Pustaka Pelajar.

    Rachim, F. (2019). How To Steam Your Classroom. Agtifindo.

    Rinanityas, & Pramudita, Y. E. (2020). Pengaruh pembelajaran steam berbasis PjBL terhadap hasil belajar kognitif, afektif, dan keterampilan komunikasi peserta didik kelas v di SDN 2 Turen (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).

    Riyanto, Fauzi, R., Syah, I. M., & Muslim, U. B. (2021). Model Pembelajaran STEM Dalam Pendidikan. Widina Bhakti Persada Bandung.

    Septiana, A. (2019). Analisis Laporan Keuangan Konsep Dasar dan Deskripsi Laporan Keuangan. Duta Media Publishing.

    Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. PT Rineka Cipta.

    Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

    Sugiyono. (2019). Statistika Untuk Penelitian. Alfabeta.

    Tabiin, A. (2020). Implementation of STEAM Method (Science, Technology, Engineering, Arts And Mathematics) for Early Childhood Developing in Kindergarten Mutiara Paradise Pekalongan. Early Childhood Research Journal (ECRJ), 2(2), 36–49. https://doi.org/10.23917/ecrj.v2i2.9903

    Widiawati, N. (n.d.). Pengaruh Model Pjbl (Project Based Learning) Dengan Pendekatan Steam (Science, Technology, Engineering, Arts And Mathematics) Terhadap Kemampuan Computational Thinking Pada Pelajaran Fisika (Doctoral Dissertation, Uin Raden Intan Lampung).

    Zubaidah, S. (2019). STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics): Pembelajaran untuk Memberdayakan Keterampilan Abad ke-21. Seminar Nasional Matematika Dan Sains, September, 1–18.


    Article Statistic

    Abstract view : 275 times
    PDF (Bahasa Indonesia) views : 286 times

    The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

    If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

    Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

    Fullscreen Fullscreen Off

    Full Text: PDF (Bahasa Indonesia)

    How To Cite This :

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    Copyright (c) 2023 Lilis Lilis, Neta Dian Lestari, Chandra Kurniawan

    Creative Commons License
    This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.