PENGARUH KETERAMPILAN ABAD 21 DAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN (PKL) TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA DI SMK NEGERI 1 KARANGANYAR
Abstract
Keterampilan Abad 21 khususnya pada siswa SMK pada bidang life skills individu harus mengikuti perkembangan dan tuntutan zaman agar dapat bersaing di pasar tenaga kerja. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis pengaruh keterampilan abad 21 terhadap kesiapan kerja siswa di SMK Negeri 1 Karanganyar (2) menganalisis pengaruh Praktik Kerja Lapangan (PKL) terhadap kesiapan kerja siswa di SMK Negeri 1 Karanganyar (3) menganalisis pengaruh keterampilan abad 21 dan Praktik Kerja Lapangan (PKL) secara bersama-sama terhadap kesiapan kerja siswa di SMK Negeri 1 Karanganyar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Teknik analisis menggunakan regresi linear berganda. Data diolah menggunakan SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) keterampilan abad 21 berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja siswa di SMK Negeri 1 Karanganyar (2) Praktik Kerja Lapangan (PKL) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja siswa di SMK Negeri 1 Karanganyar (3) keterampilan abad 21 dan Praktik Kerja Lapangan (PKL) berpengaruh secara bersama-sama terhadap kesiapan kerja siswa di SMK Negeri 1 Karanganyar.
Keywords
References
Alifa, N. 2020. Pengaruh Hasil Belajar Praktik Kerja Lapangan terhadap Kesiapan Kerja Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Keluarga, 6 (1), 8-15.
Aslamiah., Abbas, E.W., & Mutiani. 2021. 21st-Century Skills and Social Studies Education. The Innovation of Social Studies Journal, Vol. 2, (2), 82-92.
Chotimah, K., & Suryani, N. 2020. Pengaruh Praktek Kerja Lapangan, Motivasi Memasuki Dunia Kerja, dan Efikasi Diri Terhadap Kesiapan Kerja. Economic Education Analysis Journal, 9 (2), 391-404.
Erikson, E. H. (1950). Childhood and Societ. New York: W. W. Norton.
Hou, L., et al. 2019. “Life is Like This, Not as good as Poetry”: The Lived Experience of A Chinese Rural Vocational School Student in A Mandatory Quasi-Employment Internship. Elsevier Ltd, 1-25.
Husnita & Suparno. 2020. Pendidikan Karakter dan Prakerin Berpengaruh Terhadap Kesiapan Siswa Memasuki Dunia Kerja. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 3 (3), 428-438.
Kurniawan, A., Mukhadis, A., & Widiyanti. 2019. 21st Century Skills sebagai Upaya Pengembangan Kapabilitas Siswa SMK di Fourth Industrial Revolution Era. Jurnal Pendidikan, 4 (7), 857-862.
Martini, E. 2018. Membangun Karakter Generasi Muda Melalui Model Pembelajaran Berbasis Kecakapan Abad 21. JPK, 3 (2), 21-27.
Moscrip, S., & Brown, A. (1990). The Transition from Student to Practitioner in Children and Youth Care. Child & Youth Services, 13(2), 275–286.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 50 Tahun 2020.
Prayogi, R., D., & Estetika, R. 2019. Kecakapan Abad 21: Kompetensi Digital Pendidik Masa Depan. Jurnal Manajemen Pendidikan, 14 (2), 144-151.
Putra, R. A., Widiyanti., & Sutadji, E. 2020. Keterampilan Berkomunikasi dan Berkolaborasi untuk Mempersiapkan Lulusan Siswa SMK. Jurnal Pendidikan, 5 (8), 1072-1077.
Rahman, A., Amiruddin., & Latief, N. 2020. Pengaruh Praktik Kerja Lapangan terhadap Kesiapan Kerja di Era Revolusi Industri 4.0 pada Siswa Kelas XII SMK Negeri 3 Makassar. Eprint.unm.ac.id, 1-16.
Robiah, S. 2018. Keterampilan Abad 21 dalam Kurikulum Pendidikan Nasional. PROSIDING SNTP, [S.l.], v. 1, 79-85.
Rosara, B. D., Harini., & Nugroho, J.A 2018. Pengaruh Pengalaman Praktik Kerja Industri dan Motivasi Memasuki Dunia Kerja terhadap Kesiapan Kerja Peserta Didik SMK Kristen 1 Surakarta Tahun Angkatan 2017/2018. BISE: Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi, 4 (1), 1-14.
Shmatko, N., Gokhberg, L., & Meissner, D. 2020. Skill-Sets for Prospective Careers of High Qualified Labor. Springer Nature Switzerland AG 2020, 1-14.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Syarip, S., M., Suherman, A., & Yayat. 2018. Identifikasi Faktor Faktor yang Mempengaruhi Kesiapan Kerja Siswa Teknik Perbaikan Bodi Otomotif. Journal of Mechanical Engineering Education, 5 (2), 250-255.
Wijaya, E.Y., & Aini, N. 2021. Persepsi Kesiapan Kerja Mahasiswa Setelah Melaksanakan Kerja Praktik Industri (KPI) pada Prodi Pendidikan Informatika. Jurnal Ilmiah Edutic, 7 (2), 150-162.
Zubaidah, S. 2018. Mengenal 4C: Learning and Innovation Skills utuk Menghadapi Era Revolusi Industri 4.01. ResearchGate, 1-18.
Article Statistic
Abstract view : 358 timesPDF (Bahasa Indonesia) views : 395 times
How To Cite This :
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Arindha Nawangsari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.