INTEGRASI MODEL PEMBELAJARAN PBL DAN NHT BERBANTUAN MEDIA TTS DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR
Abstract
Pembelajaran masih menjadikan guru sebagai pusat informasi sehingga hasil belajar peserta didik yang tuntas hanya 14% dan yang tidak tuntas 86%. Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Konsep Badan Usaha dengan penerapan integrasi model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Numbered Head Together (NHT) berbantuan media Teka Teki Silang (TTS). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas X IPA 7 SMAN 1 GEDEG. Berdasarkan hasil penelitian, penerapan integrasi model, pada siklus I, peserta didik yang tuntas mengalami peningkatan menjadi 31% dan tidak tuntas berkurang menjadi 69% hingga pada siklus II, peserta didik yang tuntas meningkat menjadi 100% dan yang tidak tuntas 0%. Penerapan integrasi model pembelajaran Problem Based Learning dan Numbered Head Together berbantuan media Teka Teki Silang dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan pokok bahasan Konsep Badan Usaha dalam mata pelejaran Ekonomi di kelas X IPA 7 SMAN 1 Gedeg
Keywords
References
Apriasih, B. D. (2020). Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Heads Together Berbantu Media Teka-Teki Silang Ditinjau Dari Motivasi …. Https://Lib.Unnes.Ac.Id/38579/
Atiyah, U., Asri Untari, M. F., & Nashir Tsalatsa, A. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Dengan Media Teka-Teki Silang Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa. International Journal Of Elementary Education, 3(1), 46. Https://Doi.Org/10.23887/Ijee.V3i1.17284
Audie, N. (2019). Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 589–590.
Dana Ratifi Suwardi. (2012). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Kompetensi Dasar Ayat Jurnal Penyesuaian Mata Pelajaran Akuntansi Kelas Xi Ips Di Sma Negeri 1 Bae Kudus. Economic Education Analysis Journal, 1(2).
Estherina Ratih Isnawang Wulan. (2017). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Ips Kelas Iv Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantu Media Teka Teki Silang Sd Negeri Mangunsari 07 Salatiga Semester Ii Tahun 2016/2017.
Fajhriani. N, D. (2020). Manajemen Waktu Belajar Di Perguruan Tinggi Pada Masa Pandemi Covid-19. JIEMAN: Journal Of Islamic Educational Management, 1(3), 298–309. Https://Doi.Org/10.35719/Jieman.V1i3.27
Febrita, Y., & Ulfah, M. (2019). Peranan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Prosiding DPNPM Unindra 2019, 0812(2019), 181–188.
Herdiwati. (2021). Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Crossword Puzzle Untuk Meningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Sosiologi Herdiwati Problem Based Learning Assisted With Crossword Puzzle To Improve Motivation And Sociology L. 6(1), 101–107.
Hotimah, H. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi, 7(3), 5. Https://Doi.Org/10.19184/Jukasi.V7i3.21599
Kuniasari, I. R., Susilo, H., & Hastuti, U. S. (2016). Kajian Penerapan Problem Based Learning Dipadu Numbered Head Together Berbasis Lesson Study. 2016, 579–583.
Kurnia Marlinda Sari. (2011). Penerapan Media Teka-Teki Silang Pada Pembelajaran Stenografi Dengan Model Pembelajaran Berkelompok Tipe Nht ( Numbered Heads Together ) Untuk Meningkatkan Semangat Belajar Siswa Bidang Administrasi Perkantoran Kelas.
Lestari, I. (2015). Pengaruh Waktu Belajar Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2), 115–125. Https://Doi.Org/10.30998/Formatif.V3i2.118
Lidia, W. (2018). Pengaruh Pembelajaran Numbered Head Together Dan Talking Stick Terhadap Hasil Belajar IPS. Insipirasi: Jurnal Ilmi-Ilmu Sosial, 15(2), 15–32.
Maasrukhin A. R. (2019). 166-Article Text-562-3-10-20201129. Jurnal Auladuna, 01(02), 100–109.
Marhadi, H. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipenumbered Heads Together (Nht) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Vd Sdn 184 Pekanbaru. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2), 73. Https://Doi.Org/10.33578/Jpfkip.V3i2.2497
Masrinah, E. N., Aripin, I., & Gaffar, A. A. (2019). Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. Seminar Nasional Pendidikan, 924–932.
Moch. Sya’roni Hasan, K. T. S. (2021). Pengaruh Manajemen Waktu Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Fiqih Di Mts Al-As’ad Brambang Diwek Jombang. Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Islam, 5(3), 93–117.
Nurfarida, K. (2011). Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Dengan Pendekatan Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 15 Yogyakarta.
Nurhayati, L., Martini, K., & Redjeki, T. (2013). Peningkatan Kreativitas Dan Prestasi Belajar Pada Materi Minyak Bumi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Dengan Media Crossword. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Sebelas Maret, 2(4), 151–158.
Nurmala, D. A., Tripalupi, L. E., & Suharsono, N. (2014). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Aktivitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Akuntansi. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(1), 86–95.
Nuryani, F., Ekonomi, P., Ekonomi, F., Yogyakarta, U. N., & Kognitif, H. B. (N.D.). Upaya Peningkatan Keaktifan.... (Fitri Nuryani ) 536. 536–542.
Oktavilia, A. D., Fatmawati, L., Rahayu, R., Guru, P. P., Dahlan, U. A., Guru, P. P., Dahlan, U. A., Silang, M. T., Belajar, M., & Belajar, H. (2021). Peningkatan Minat Dan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Media Teka-Teki Silang Di Sd Negeri 1 Jambukidul. 1(1), 275–288.
Stiawan, D. (2021). Pembelajaran Paradigma Baru. 1–6. https://Books.Google.Com/Books?Hl=En&Lr=&Id=3AZGEAAAQBAJ&Oi=Fnd&Pg=PA2&Dq=Sakralitas+Maluku&Ots=Bpwbm1ofwq&Sig=5uh07--OD0F07zlJdl654EJRNvc
Suparlan, H. (2016). Filsafat Pendidikan Ki Hadjar Dewantara Dan Sumbangannya Bagi Pendidikan Indonesia. Jurnal Filsafat, 25(1), 56. Https://Doi.Org/10.22146/Jf.12614
Suparmi. (2015). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (Nht) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Biologi Kelas Vii-1 Smpn 25 Pekanbaru. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 98. Https://Doi.Org/10.33578/Jpfkip.V4i2.2943
Syawaly, A. M., & Hayun, M. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Instruksional, 2(1), 10. Https://Doi.Org/10.24853/Instruksional.2.1.10-16
Triana Putri Batubara. (2012). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together (Nht) Dengan Media Teka – Teki Silang (Tts) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Zat Aditif Makanan Pada Siswa Kelas Viii. 2012.
Triani, T., Copriady, J., Rasmiwetti, R., Studi, P., Kimia, P., Keguruan, F., Universitas, P., & Km, K. B. (2021). Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Riau Integrasi Strategi Pembelajaran Nht Dalam Model Hasil Belajar Peserta Didik. 6(2), 64–72.
Wijiati. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Nht Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Vi Sdn 011 Beringin Makmur Kecamatan Kerumutan. 5(September).
Yulianti, E., & Gunawan, I. (2019). Model Pembelajaran Problem Based Learning ( Pbl ): Efeknya Terhadap Pemahaman Konsep Dan Berpikir Kritis Problem Based Learning ( Pbl ) Learning Model : The Effect On Understanding Of Concept And Critical Sejak Dini . Selain Berpikir Kritis Peserta Dihada. 02(3), 399–408.
Article Statistic
Abstract view : 497 timesPDF (Bahasa Indonesia) views : 570 times
How To Cite This :
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Izza Milenia Ariyati, Riza Yonisa Kurniawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.