PENGARUH PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN, PENGGUNAAN E-COMMERCE DAN TEMAN SEBAYA TERHADAP INTENSI BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI
Abstract
Rendahnya intensi berwirausaha merupakan salah satu masalah krusial yang dapat mempengaruhi kondisi perekonomian. Berdasarkan hal tersebut, peneliti tertarik untuk menganalisis masalah tersebut dan melihat berbagai faktor yang mempengaruhnya dari segi Theory of planned behavior. Pendekatan penelitian ini didasarkan pada kuantitatif (metode ex post facto) dimana analisisnya menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan program aplikasi SPSS versi 21. Adapun penelitian ini menggunakan quesioner sebanyak 53 pernyataan (terdiri dari 14 dari X1, 15 dari X2, 13 dari X3 dan 11 dari Y) dengan sampel 209. Berdasarkan analisis data (baik regresi linier berganda maupun uji hipotesis) diperoleh hasil yang menunjukan bahwa pengetahuan kewirausahaan dan penggunaan e-commerce berpengaruh positif dan sig, dimana kedua variabel ini akan mendorong pengembangan wirausaha serta mempermudah proses wirausaha sedangkan teman sebaya menunjukkan pengaruh negatif dan sig. pengaruh ini terbentuk karena lingkungan teman sebaya belum cukup dewasa dalam menyikapi berbagai kondisi dan situasi sekitar
Keywords
References
Achmad. (2018). Pengaruh Pengguna E-Commerce terhadap Transaksi Online Menggunakan Konfirmasi Faktor Analisis. Faktor Exacta, 11(1), 7–16.
Aini, Q., & Oktafani, F. (2020). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan, Motivasi Berwirausaha dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Komunikasi dan Bisnis Telkom University. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 17(2), 151–159.
Ajzen, I. (1991). The Theory of Planned Behavior. Organizational Behavior And Human Decision Processes, 50(2), 179–211. https://doi.org/10.1016/0749-5978(91)90020-T
Alam, A. A., Eryanto, H., & Fadillah, N. (2023). The Effect of entrepreneurial knowledge and Entrepreneurship Motivation on Entrepreneurial Intention Mediated by the Utilization of Media Social. Research Trend in Management and Technology, 1(2), 68–82.
Astuti, M. E. (2021). Pengaruh Keluarga, Etnis, Kepribadian, Gender, Dan Teman Sebaya Terhadap Minat Berwirausaha. Jurnal Bina Manajemen, 9(2), 162–183. https://doi.org/10.52859/jbm.v9i2.155
Bazkiaei, H. A., Heng, L. H., Khan, N. U., Saufi, R. B. A., & Kasim, R. S. R. (2020). Do entrepreneurial education and big-five personality traits predict entrepreneurial intention among universities students? Cogent Business & Management ISSN:, 7(1), 1–18. https://doi.org/10.1080/23311975.2020.1801217
Erlinda, & Astuti, R. (2019). Pengaruh E-Commerce terhadap Minat Berwirausaha yang Dimoderasi oleh Pendidikan Kewirausahaan (Studi Kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Aceh). Jurnal Ilmiah Manajemen Muhammadiyah Aceh (JIMMA), 9(2). https://doi.org/10.37598/jimma.v9i2.985
Fauzyah, R. (2019). Pengaruh Kelompok Teman Sebaya dan Perhatian Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Informasi Dan Komunikasi, 3(1), 19–36.
Friantini, R. N., & Winata, R. (2019). Analisis Minat Belajar pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 4(1), 6–11.
Gultom, E. (2021). Pengaruh E-Commerce , Pengetahuan Kewirausahaan dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa (Studi Pada Mahasiswa Program S1 Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Riau Pekanbaru ). Journal of Business and Economics Research (JBE), 2(2), 40–46.
Hendrawan, J. S., & Sirine, H. (2017). Pengaruh Sikap Mandiri, Motivasi, Pengetahuan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha (Studi Kasus pada Mahasiswa FEB UKSW Konsentrasi Kewirausahaan). AJIE-Journal of Innovation and Entrepreneurship, 02(03), 291–314. https://doi.org/10.1097/SCS.0b013e318240fa84
Ho, M.-H. R., Uy, M. A., Kang, B. N. Y., & Chan, K.-Y. (2018). Impact of Entrepreneurship Training on Entrepreneurial Efficacy and Alertness among Adolescent Youth. Frontiers in Education, 3(13), 1–10. https://doi.org/10.3389/feduc.2018.00013
Hockerts, K. (2018). The Effect of Experiential Social Entrepreneurship Education on Intention Formation in Students The Effect of Experiential Social Entrepreneurship Education on Intention Formation in Students. Journal of Social Entrepreneurship, 9(3), 234–256. https://doi.org/10.1080/19420676.2018.1498377
Indarthi, A. W., Sunarsih, A., Purwandari, T. A., & Ayu, P. P. (2021). Peranan E-Commerce di Berbagai Kalangan di Indonesia dalam Berbagai Bidang Perekonomian Akibat dari Dampak Pandemi Covid-19. Journal of Education and Technology, 1(1), 6–11.
Indriyani, I., & Subowo. (2019). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Melalui Self Efficacy. Economic Education Analysis Journal, 8(2), 470–484. https://doi.org/10.15294/eeaj.v8i2.31493
Istiqomah. (2020). Pemanfaatan E-commerce Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Akademi Kesejahteraan AKK Yogyakarta. Jurnal Socia Akademika, 6(2), 109–115.
Jena, R. K. (2020). Measuring the impact of business management Student’s attitude towards entrepreneurship education on entrepreneurial intention: A case study. Computers in Human Behavior, 107, 1–10. https://doi.org/10.1016/j.chb.2020.106275
Kholiq, M. H. (2021). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Teman Sebaya, dan Internal Locus Of Control Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Kentingan Universitas Sebelas Maret Tahun Angkatan 2015. Universitas Sebelas Maret (UNS).
Kuntowicaksono. (2012). Pengaruh Pengetahuan Wirausaha dan Kemampuan Memecahkan Masalah Wirausaha Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Journal of Economic Education, 1(1), 46–52.
Kurniawan, Y., & Sudrajat, A. (2010). Peran teman sebaya dalam pembentukan karakter siswa madrasah tsanawiyah. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 15(2), 149 – 163.
Maris, W. Y., & Listiadi, A. (2021). Pengaruh lingkungan teman sebaya , status sosial ekonomi orang tua , dan literasi keuangan terhadap perilaku konsumtif dengan locus of control sebagai variabel intervening. Akuntabel, 18(3), 574–584.
Noviantoro, G., & Rahmawati, D. (2017). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan, Motivasi Berwirausaha dan Lingkungan Keluarga terhadap Minat Berwirausaha pada Mahasiswa Akuntansi FE UNY. Jurnal Fakultas Ekonomi, 135(January 2006), 989–1011.
Nurhadifah, S. N., & Sukanti. (2018). Pengaruh Kepribadian, Lingkungan Keluarga dan Teman Sebaya Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, XVI(2), 82–98.
Pangestuti, E. (2018). Pengaruh Interaksi Teman Sebaya dan Pengetahuan Kewirausahaan Terhadap Kesiapan Berwirausaha Siswa Kelas XII SMK Negeri 10 Merangin. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Jambi.
Pramiswari, D. A. A., & Dharmadiaksa, I. B. (2017). Pengaruh E-commerce dan Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi Dalam Pengambilan Keputusan untuk Berwirausaha. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 20, 261–289.
Pratama, I. M., & Nugraha, N. (2019). Increase Interest in Entrepreneurship Seen from Financial Literature , Self Efficiency and E-Commerce. 1st International Conference on Economics, Business, Entrepreneurship, and Finance (ICEBEF 2018), 65, 34–37.
Puspita, J. (2022). Pengaruh E-commerce, Pengetahuan Kewirausahaan dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa untuk Berwirausaha (Studi Kasus Mahasiswa Kos di Lingkungan Kampus UIN Raden Intan Lampung). Journal of Accounting Taxing and Auditing (JATA), 3(1), 60–73.
Sadya, S. (2022). Tingkat Pengangguran Indonesia Capai 5,86% pada Agustus 2022.
Saptono, A., Wibowo, A., Narmaditya, B. S., Karyaningsih, R. P. D., & Yanto, H. (2020). Does entrepreneurial education matter for Indonesian students’ entrepreneurial preparation: The mediating role of entrepreneurial mindset and knowledge. Cogent Education, 7(1), 1–16. https://doi.org/10.1080/2331186X.2020.1836728
Saragih, F. (2020). Pengaruh Lingkungan terhadap Kemandirian Belajar. Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 1(2), 62–72.
Saragih, F., Munawar, A., Simanungkalit, E. F. B., & Sihotang, J. A. T. (2022). Lingkungan dan Intensi Berwirausaha pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi. JURNAL PROFIT: Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 9(2), 73–83.
Sari, B., & Rahayu, M. (2020). Pengaruh Lingkungan, Pendidikan Kewirausahaan dan Penggunaan E-commerce pada Peningkatan Minat Berwirausaha Mahasiswa FEB UPI YAI. IKRA-ITH Ekonomi, 3(2).
Sari, D. R. C. (2018). Pengaruh Pengalaman PPP, Lingkungan Keluarga, dan Teman Sebaya terhadap Minat menjadi Guru pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 6(3), 161–168.
Seprina, L., Suroyo, H., & Komalasari, D. (2018). Pengaruh Efektivitas Penggunaan E- Commerce pada Peningkatan Motivasi Berwirausaha pada Siswa SMK Bina Jaya Palembang. Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informasi Dan Komputer, 8(2), 2089–0265.
Sholih, M. W., Prayogo, I., Ubaidillah, M., Wardhani, A. P., & A’yun, A. Q. (2022). The Effect of Entrepreneurship Education and E-Commerce on Entrepreneurship Interest Moderated by Android-Based Accounting Information Systems. International Journal of Finance, Economics and Business, 1(3), 220–230.
Sinaga, D. H., & Kustanti, E. R. (2017). Hubungan Antara Dukungan Sosial Teman Sebaya Dengan Efikasi Diri Wirausaha Pada Mahasiswa Fakultas Imu Sosial Dan Ilmu Politik Univeristas Diponegoro. Jurnal Empati, 6(1), 74–79.
Soetadi, I. (2010). Kewirausahaan. Erlanngga.
Sudarwati, N., & Chalimah. (2022). Technopreneurship Intention : A Study of Economic Education Study Program Students Influenced by Entrepreneurial Learning. Jurnal Pendidikan Indonesia, 11(4), 698–706.
Suebuddin, M. (2021). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan, Motivasi Berwirausaha dan Menanamkan Jiwa Leadership Terhadap Minat Berwirausaha. Jurnal Sinau, 7(1), 1–12.
Suhartini, C. (2020). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan dan Efikasi Diri terhadap Motivasi Berwirausaha Mahasiswa (Survey pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universitas Kuningan). Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 17(2), 36–43. https://doi.org/10.25134/equi.v17i02.
Suryana. (2006). Kewirausahaan, Pedoman Praktis, Kiat dan Proses Menuju Sukses. Salemba Empat.
Suryaningsih, T., & Agustin, T. M. (2020). Pengaruh Kepribadian dan Pengetahuan Kewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha pada Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 13(1), 42–49. https://doi.org/10.17977/um014v13i12020p042
Tetep, T., Suherman, A., Susanti, Y., Nisa, A., & Fatah, G. A. (2021). E-Commerce Knowledge in the Digital Era on Students ’ Entrepreneurial Interest. 6th Global Conference on Business, Management, and Entrepreneurship (GCBME 2021), 220, 47–50.
Trihudiyatmanto, M. (2019). Membangun Minat Berwirausaha Mahasiswa Dengan Pengaruh Faktor E-Commerce, Pengetahuan Kewirausahaan dan Gender. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 6(2), 93–103. https://doi.org/10.32699/ppkm.v6i2.678
Tunisa, L. J., Kusmuriyanto, & Santoso, J. T. B. (2021). Pengaruh Self Efficacy , Pendidikan Kewirausahaan , dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Minat Berwirausaha. Journal of Economic Education and Entrepreneurship Studies, 2(2), 199–214.
Wijaya, U. T. (2014). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan dan Konsep Diri Terhadap Minat Berwirausaha. E-Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 2(2), 79–86.
Yadewani, D., & Wijaya, R. (2017). Pengaruh E-Commerce Terhadap Minat Berwirausaha (Studi Kasus : AMIK Jayanusa Padang). Jurnal Rekayasa Sistem Dan Teknologi Informasi (Jurnal Resti), 1(1), 64–69.
Yasin, A. F. (2022). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan, Motivasi Berwirausaha, E-commerce dan Penggunaan Sosial Media Terhadap Minat Berwirausaha Pasca Pandemi Covid-19 Pada Wanita Generasi Z Di Kota Medan. Jurnal Perspektif Manajerial Dan Kerirausahaan (JMPK), 3(1), 1–8.
Yuliyaningsih, I. P., Susilaningsih, & Jaryanto. (2013). Hubungan Pengetahuan Kewirausahaan dan Persepsi Peluang Kerja di Bidang Akuntansi dengan Minat Berwirausaha. Jupe UNS, 2(1), 131–145.
Yuwono, D. C., Murtini, W., & Subarno, A. (2022). Pengaruh E-Commerce dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa. Efisiensi : Kajian Ilmu Administrasi, 19(2), 139–148
Article Statistic
Abstract view : 485 timesPDF (Bahasa Indonesia) views : 212 times
How To Cite This :
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Elisa Yena Serni, Fernando Saragih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.