PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DIATUR SENDIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 11 PALEMBANG

Mizia Elliza, Muhammad Djahir Basir, Deskoni .

Abstract


Abstract: This study aims to determine the effect of self-regulated learning model with problem-based learning model on student learning outcomes in SMA Negeri 11 Palembang. This research problem whether there is any difference of influence of self-regulated learning model with problem-based learning model to student learning outcomes in SMA Negeri 11 Palembang. This research is an experimental research with pretest-posttest control group design research design. The population in this research is all the students of class X in SMA Negeri 11 Palembang consisting of seven classes which amounted to 305 students. The sampling technique was taken by Cluster Random Sampling, so selected X.5 class as experiment class and class X.6 as control class. Data collection techniques used tests to measure student learning outcomes and observation aims to observe the learning process takes place. The statistic used is parametric statistic through t-test thus it can be concluded that there is difference of influence of model of learning arranged by itself with problem-based learning model to student learning result at Economic subject at SMA Negeri 11 Palembang. Therefore it is suggested to the teacher in order to apply the self-regulated learning model in the learning process so as to improve student learning outcomes.

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh model pembelajaran diatur sendiri  dengan model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 11 Palembang. Penelitian ini permasalahan apakah ada perbedaan pengaruh model pembelajaran diatur sendiri  dengan model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 11 Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian ekperimen dengan design penelitian pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMA Negeri 11 Palembang yang terdiri dari tujuh kelas yang berjumlah 305 siswa. Teknik pengambilan sampel diambil secara Cluster Random Sampling, sehingga terpilih kelas X.5 sebagai kelas eksperimen dan kelas X.6 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan tes untuk mengukur hasil belajar siswa dan observasi bertujuan untuk mengamati proses pembelajaran berlangsung. Statistik yang digunakan adalah statistik parametris melalui uji-t dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan pengaruh model pembelajaran diatur sendiri dengan model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 11 Palembang. Oleh karena itu disarankan kepada guru agar dapat menerapkan model pembelajaran diatur sendiri dalam proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Keywords


Model Pembelajaran Diatur Sendiri, Hasil Belajar

References


Abdurrahman. 2012. Anak Berkesulitan Belajar Teori Diagnosis, dan Remidialisasi. Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati dan Mujiono.2010. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hanafiah, Nanang dan Cucu Suhana. 2010. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Rafika Aditama.

Komalasari, Kokom. 2011. Pembelajaran Konstekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT Rafika Aditama.

Riduwan. 2011. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan ProfessionalismeGuru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sudjana, Nana. 2006. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sudijono, Anas. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2011. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

.2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Trianto. 2011. Mendesain ModelPembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Prenada Media Group.




DOI: https://doi.org/10.36706/jp.v1i1.5513

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal PROFIT Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi

e-ISSN: 2620-8504 p-ISSN: 2355-7176

PUBLISHED BY :

Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Pendidikan IPS Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya

Jl. Raya Palembang - Prabumulih Indralaya Ogan Ilir Sumatera Selatan

email :profitp_ekonomi@fkip.unsri.ac.id

SPONSORSHIP BY :

 INDEXED BY :

      

 

Creative Commons License
The Journal PROFIT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View PROFIT Stats Flag Counter