PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KLARIFIKASI NILAI TERHADAP SIKAP KEPEDULIAN SOSIAL PESERTA DIDIK DALAM MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 45 PALEMBANG
Abstract
Abstract: This research is entitled "The Effect of Grade Clarification Learning Model towards Students’ Social Concern within Social Science Lesson at SMP Negeri 45 Palembang." The core problem of this research is going to see whether there is effect of Grade Clarification Learning Model towards Students’ Social Concern within Social Science Lesson at SMP Negeri 45 Palembang. The population of this this research are the students of class VIII consisting of 286 students and the samples are taken by using the techniques of Cluster Random Sampling and obtained class VIII 2 as samples totaling 40 learners. This study uses research methods form Pre-Experimental Design with design studies One-group pretest-posttest. Data collection techniques in research using questionnaire and observation. The statistics are used to analyze the data in statistical parametric verification is through a hypothesis test (t-test) using t-test formula product moment and significance level (?) = 5% and df = n-2. From the hypothesis testing results obtained t = 46.56> table = 1.686 then Ho is rejected and Ha accepted. This shows that there is a learning model values clarification influence on the attitudes of social awareness of learners in social studies in SMP 45 Palembang. Therefore, it is advisable for teachers to implement learning model truth-values in social studies learning as an alternative to improve the caring attitude social learners.
Abstrak: Penelitian ini berjudul “Pengaruh Model Pembelajaran Klarifikasi Nilai Terhadap Sikap Kepedulian Sosial Peserta Didik Dalam Mata Pelajaran IPS Di SMP Negeri 45 Palembang.” Dengan rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Adakah pengaruh model pembelajaran klarifikasi nilai terhadap sikap kepedulian sosial peserta didik dalam mata pelajaran IPS di SMP Negeri 45 Palembang. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Klarifikasi Nilai terhadap sikap kepedulian sosial peserta didik dalam mata pelajaran IPS di SMP Negeri 45 Palembang.Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas VIII yang berjumlah 286 peserta didik.Pemilihan sampel diambil dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling dan diperoleh kelas VIII 2 sebagai sampel penelitian yang berjumlah 40 peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian bentuk Pre-Eksperimental Design dengan design penelitian One-Group Pretest-Posttest. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan Angket dan Observasi. Statistik yang digunakan untuk menganalisa data dalam pembuktian adalah statistik parametris melalui uji hipotesis (uji-t) dengan menggunakan rumus uji-t product moment dan taraf signifikansi (?) = 5% dan dk = n-2. Dari hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung = 46,56> ttabel = 1,686 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran klarifikasi nilai terhadap sikap kepedulian sosial peserta didik dalam mata pelajaran IPS di SMP Negeri 45 Palembang.Oleh karena itu, disarankan bagi guru untuk menerapkan model pembelajaran klarifikasi nilai dalam mata pelajaran IPS sebagai alternatif pembelajaran untuk meningkatkan sikap kepedulian sosial peserta didikKeywords
References
Adisusilo, Sutarjo. 2013. Pembelajaran Nilai-Karakter Konstruktivisme dan VCT sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajaran Afektif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Aldrine, Zico P. 2013. Pengaruh Aktivitas Jasmani Dalam Permainan Aktivitas Luar Sekolah Terhadap Kepedulian Sosial Siswa Kelas X Di Sma Negeri 1 Margahayu. Skripsi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT.Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2003. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Baskoro, Panji D M. 2010. Hubungan Antara Depresi Dengan Perilaku Antisosial Pada Remaja Di Sekolah. Artikel Karya Tulis Ilmiah. Semarang: FK Universitas Diponegoro.
Depdiknas. 2006. Panduan Penyusunan KTSP. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.
Hanafiah, Nanang, dkk.2009. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.
Harmianto, Sri. 2012. Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) Untuk Menanamkan Kemampuan Mengenal Permasalahan Sosial dan Menentukan Sikap Terhadap Pengaruh Globalisasi Pada Siswa Sekolah Dasar. Thesis.Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Hasan, Zaini. 2010. Pengantar Ilmu Sosial. Jakarta: Proyek Pendidikan Tenaga Akademik.
Kasmadi. 2007. Pembelajaran IPS. Bandung: Alfabeta.
Kemendiknas. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya Dan Karakter Bangsa. Jakarta: Kemendiknas.
Majid, Abdul. 2012. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Kompetensi Guru.Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Murniati, Baiq. 2011. Pengaruh Pendekatan Analisis Nilai Dalam Pembelajaran IPS terhadap Sikap Kepedulian Sosial Peserta Didik (Studi Eksperimen Kuasi di kelas VIII SMPN 1 Praya Barat Kabupaten Lombok Tengah).Thesis.Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Rahmawati, Devi S. 2013. Pengaruh Model Kooperatif Pada Pembelajaran Senam Terhadap Kepedulian Sosial: Studi Eksperimen Pada Siswa SMK Budi Bakti Utama Padalarang Kabupaten Bandung Barat. Skripsi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Riduwan. 2011. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.
Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sagala, Syaiful. 2003. Konsep Dan Makna Pembelajaran untuk Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta.
Sani, Ridwan A. 2013. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Sanjaya, Wina. 2013. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sapriya. 2011. Pendidikan IPS Konsep dan Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.
Sobur, Alex. 2003. Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, Nana S. 2012. Kurikulum dan Pembelajaran Kompetensi. Bandung: PT. Refika Aditama.
Taniredja, Tukiran, dkk. 2013. Model-model Pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung: Alfabeta.
Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara
Trianto.2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Trimo, Lavyanto. 2006. Model-model Pembelajaran Inovatif. Bandung: CV Citra Praya.
Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (UU RI No. 20 Tahun 2003). 2008. Jakarta: Sinar Grafika.
Wahyu, Imam P. 2013. Penanaman Nilai Karakter Melalui Penerapan Model VCT (Value Clarification Tecnique) Dalam Mata Pelajaran PKn Kelas VIII Di SMP Negeri 11 Semarang.Skripsi.Semarang: IKIP PGRI Semarang.
Widoretno, Hayu. 2012. Teknik Role Playing Untuk Mengurangi Perilaku Bullying Siswa: Studi Pra-Eksperimen terhadap Siswa Kelas VIII SMPN 9 Bandung Tahun Ajaran 2011/2012.Skripsi.Universitas Pendidikan Indonesia.
Wiradimadja, Agung. 2013. Penerapan Value Clarification Technique (VCT) Model Role Playing dalam Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Untuk Menekan Perilaku Bullying Siswa di SMP Negeri 4 Bandung.Skripsi. Bandung:Universitas Pendidikan Indonesia.
Yanzi, Hermi. 2011. Pembelajaran Inovatif Berbasis VCT (Value Clarification Technique/Teknik Pengungkapan Nilai) Untuk Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn). http://staff.unila.ac.id/hermiyanzi/2011/09/09/ pembelajaran-inovatif-berbasis-vct-value-clarification-techniqueteknik-pengungkapan-nilai-untuk-mata-pelajaran-pendidikan-kewarganegaraan-pkn/. Diakses tanggal 17 Mei 2013
Article Statistic
Abstract view : 885 timesPDF (Bahasa Indonesia) views : 817 times
How To Cite This :
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Dian Yudhistira, Riswan Jaenudin, Fitriyanti .
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.