PENGEMBANGAN HYPERMEDIA PADA PEMBELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 TANJUNG RAJA

Novria Hanifa, Riswan Jaenudin, Dewi Koryati

Abstract


Abstract: This research is aimed at producing hypermedia development of valid, practical, and the potential effects of the use of hypermedia produced on student learning outcomes. The model used is a model development Rowntree which consists of three stages, namely planning, development and evaluation phase which has been modified with a formative evaluation Tessmer. To see the validity, the researcher uses a validation performed on the stage of assessment experts (Expert Review) with the average yield - media expert assessment average of 87.5% to the category of Very Good / Very Valid and average - average expert assessment of materials 77.1 % with good category / Invalid. To see the practicalities, carried out at one of the test phase (One To One) through interviews with students and obtained yield was 91.1% and the small group (Small Group) uses a questionnaire with the results of the average - average response of 85.3% of students with Very Good category. As for seeing the potential effects of extensive tests performed on stage (Field Test) using the test results of the initial study (pretest) and the final achievement test (posttest). Field Test in this study conducted in a computer lab SMA Negeri 1 Tanjung King of the number of students as many as 34 people, and the percentage increase in value of 73.6% complete and total average - average value of 91.2% completion has passed classical completeness criteria for 85%, so that the use of hypermedia produced, including effective category. It concluded that hypermedia produced has a valid, practical and effective on subjects economy and can be used as an alternative in the learning process, and is expected to continue to apply a hypermedia learning that has been developed to see the high interest of the students in the learning process through a computer

Abstrak:Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan bertujuan untuk menghasilkan hypermedia yang valid, praktis, dan efek potensial penggunaan hypermedia yang dihasilkan terhadap hasil belajar siswa. Model pengembangan yang digunakan adalah model Rowntree yang terdiri dari tiga tahapan, yaitu tahap perencanaan, tahap pengembangan dan tahap evaluasi yang telah dimodifikasi dengan evaluasi formatif Tessmer. Untuk melihat validitas, peneliti menggunakan lembar validasi yang dilakukan pada tahap penilaian para ahli (Expert Review) dengan hasil rata – rata penilaian ahli media sebesar 87,5% dengan kategori Sangat Baik/Sangat Valid dan rata – rata penilaian ahli materi sebesar 77,1% dengan kategori Baik/Valid. Untuk melihat praktikalitas, dilakukan pada tahap uji satu satu (One To One) melalui wawancara dengan siswa dan diperoleh hasil sebesar 91,1%  dan kelompok kecil (Small Group) menggunakan lembar kuisioner dengan hasil rata – rata tanggapan siswa sebesar 85,3% dengan kategori Sangat Baik. Sedangkan untuk melihat efek potensial dilakukan pada tahap uji luas (Field Test) dengan menggunakan tes hasil belajar awal (Pretest) dan tes hasil belajar akhir (Posttest).Field Test dalam penelitian ini dilakukan di laboratorium komputer SMA Negeri 1 Tanjung Raja dengan jumlah siswa sebanyak 34 orang dan hasil persentase peningkatan nilai tuntas sebesar 73,6% serta total rata – rata nilai yang tuntas sebesar 91,2% telah melewati kriteria ketuntasan klasikal sebesar 85%, sehingga penggunaan hypermedia yang dihasilkan termasuk kategori efektif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hypermedia yang dihasilkan telah valid, praktis serta efektif pada mata pelajaran Ekonomi dan dapat dijadikan alternatif dalam proses pembelajaran, dan diharapkan dapat terus menerapkan pembelajaran hypermedia yang telah dikembangkan melihat tingginya minat siswa dalam proses pembelajaran melalui komputer.


Keywords


Hypermedia, Pembelajaran Ekonomi

References


Abduh, Ahmad H. 2013. Pengembangan Hypermedia Berbasis World Wide Web Bertemakan Curug Silawe Materi Pokok Usaha dan Energi Sebagai Media Pembeljaran Untuk SMP/MTs, Skripsi (Tidak Diterbitkan). Jurusan Pendidikan Fisika. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Anitah, Sri. 2009. Strategi Pembelajaran. Jakarta : Universitas Terbuka

Aqib, Zainal. 2013. Model-Model Media dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.

Arifin, Zainal, dkk. 2012. Pengembangan Pembelajaran Aktif dengan ICT.Yogyakarta : Skripta Media Creative.

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Grafindo Persada.

Dananjaya, Utomo. 2010. Media Pembelajaran Aktif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Daryanto. 2010. Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting dalamMencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta:Gava Media

Darsono, Max, dkk. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Semarang : IKIP Semarang Press.

Diat, Lantip & Riyanto. 2011. Teknologi Informasi Pendidikan. Yogyakarta : Gava Media

Dimyati dan Mudijono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya.

Erma, Ade, Suryani. 2013. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Komputet Model Permainan Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Muhammadiyah 1 Palembang. Universitas Sriwijaya. Tidak diterbitkan.

Gulo, W. 2002.Strategi Belajar Mengajar.Jakarta : Grasindo.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.2013.Kurikulum 2013.Jakarta : Tim Penelitian dan Pengembangan.

Kustandi, Cecep & Sutjipto, Bambang. 2011. Media Pembelajaran Manual danDigital.Bogor : Ghalia Indonesia.

Mardalena, Ita. 2012. “Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Konstruktivisme Menggunakan Macromedia Flash Profesional 8 pada Mata Pelajaran Biologi Kelas XI Sekolah Menengah Atas”.Thesis.Palembang : Program Studi Teknologi Pendidikan Universitas Sriwijaya. Tidak dipublikasikan.

Munir.2009. Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi.Bandung : CV ALFABETA.

Nurlawati. 2000. Pendekatan-Pendekatan Konsturktivitas Dalam PembelajaranSurabaya: Program Pasca Sarjana IKIP Surabaya.

Prawiradilaga, Dewi Salma. 2008. Prinsip Disain Pembelajaran (Instructional Design Principles).Bandung : Prenada Media Group.

Riduwan.2012. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru – Karyawan dan Peneliti Pemula.Bandung : Alfabeta.

Roziqin, Muhammad Zainur. 2007. Moral Pendidikan di Era Globa; Pergeseran Pola Interaksi Guru-Murid di Era Global. Malang : Averroes Press.

Rusman. 2011. Model – Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta : Rajawali Pers.

Sadiman, Arif s & R Raharjo. 2009. Media Pendidikan : Pengertian, Pengembangan, danPemanfaatnya. Jakarta : Rajawali Pers

Sanjaya, Wina. 2010. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta : Kencana.

Setyosari, Punaji. 2010. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan.Jakarta : Rawamangun.

Smaldino, Sharon E. 2011. Instructional Technology and Media for Learning ; Teknologi Pembelajaran dan Media Untuk Belajar. Bandung : Prenada Media Group.

Sudijono, Anas. 2012. Evaluasi Pendidikan.Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Sudjana, Nana & Rivai, Ahmad. 2011. Media Pengajaran. Bandung : Sinar Baru Algensindo.

Sudjana.2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar.Bandung : Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : CV. ALFABETA.

-------------. 2011. Statistika Untuk Penelitian.Bandung : CV ALFABETA.

Suharsimi, Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Sukardi. 2010. Evaluasi Pendidikan: prinsip dan operasionalnya. Jakarta:PT.Bima Aksara.

Susilana, Rudi dan Cepi Riyana. 2007. Media Pembelajaran. Bandung : CV Wacana Prima.

Trianto, M.P.D.2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Prograsif:KonsepLandasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat SatuanPendidikan (KTSP). Jakarta : Kencana.

Udin, S. 2007. Perencanaan Pendidikan : Suatu Pendekatan Komprehensif. Bandung : Rosda.

Wena, Made. 2011. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer : Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Yogyakarta: Media Abad




DOI: https://doi.org/10.36706/jp.v2i2.5539

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal PROFIT Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi

e-ISSN: 2620-8504 p-ISSN: 2355-7176

PUBLISHED BY :

Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Pendidikan IPS Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya

Jl. Raya Palembang - Prabumulih Indralaya Ogan Ilir Sumatera Selatan

email :profitp_ekonomi@fkip.unsri.ac.id

SPONSORSHIP BY :

 INDEXED BY :

      

 

Creative Commons License
The Journal PROFIT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View PROFIT Stats Flag Counter