PENGARUH MEDIA WEB ENHANCED COURSE TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI MAN 1 PRABUMULIH

Desi Safitri, Riswan Jaenudin, Deskoni .

Abstract


Abstract: This study aims to determine whether or not there is an enhanced web media influence the course of the learning outcomes of students in economic subjects in MAN 1 Prabumulih. This study design using pre-experimental design in the form of one - group pretest-posttest design. The population in this study were all students of class X MAN 1 Prabumulih semester 2014/2015 academic year consisting of six classes ie 4 grade 2 class IIS and MIA. Sample selection techniques using random cluster sampling, the chosen one class taken through a lottery to be selected as the study sample, the elected class is a class X. IIS 1, which consists of 29 students. Data collection techniques obtained using tests and observation. Observation was used to observe the learning process takes place. The statistics are used to analyze the data in the proof using the formula t-test, with significance level ? = 5% (0.05), and dk = n - 2 so (df = 29-2 = 27) was 1,703, the results of hypothesis testing obtained thitung> table = 4.366> 1.703. If thitung> ttabel makaHo rejected Ha accepted. So the conclusion is no difference in the effect of enhanced web media course on learning outcomes of students in economic subjects in MAN 1 Prabumulih. It can also be seen from differences in learning outcomes of students before and after the treated media web enhanced course with the increase in the average value of a low of 37, with 26 during pretest increased menjadi63 during the posttest, the increase is also contained in the value of the highest rates of 26 is 73 during the pretest and increased to 96 during the posttest. Therefore, it is advisable for teachers to implement the enhanced web media in the course of learning as an alternative teachers to improve student learning outcomes.

Abstrak: Penelitian  ini bertujuan  untuk mengetahui ada atau tidak ada pengaruh media web enhanced course  terhadap  hasil belajar  peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di MAN 1 Prabumulih. Desain penelitian ini menggunakan pre-experimental design  dengan bentuk one – group pretest-posttest  design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MAN 1 Prabumulih semester ganjil tahun ajaran 2014/2015 yang terdiri dari 6 kelas yaitu 4 kelas IIS dan 2 kelas MIA. Teknik pemilihan sampel menggunakan cluster random sampling, yaitu dipilih satu kelas yang diambil melalui undian  untuk dipilih sebagai sampel penelitian, kelas yang terpilih adalah kelas X. IIS 1yang terdiri dari 29 peserta didik. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan tes dan observasi. Observasi digunakan untuk mengamati proses pembelajaran berlangsung. Statistik yang digunakan untuk menganalisa data dalam pembuktian  menggunakan rumus uji-t, dengan taraf signifikan ? = 5%(0,05), dan dk = 1,703 maka hasil  pengujian   hipotesis  didapat   thitung  >  ttabel   =  4,366 > 1,703. Apabila thitung  > ttabel makaHditolak Hditerima.Jadi kesimpulannya ada perbedaan pengaruh  media web enhanced course terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di MAN 1 Prabumulih. Hal ini juga dapat dilihat dari perbedaan hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah diberi perlakuan media web enhanced course  dengan peningkatan rerata nilai terendah sebesar 37, yaitu 26 pada saat pretest meningkat menjadi 63 pada saat  posttest, peningkatan juga terdapat pada nilai rerata tertinggi sebesar 26 yaitu 73 pada saat pretest dan meningkat menjadi 96 pada saat posttest.Oleh karena itu, disarankan bagi guru untuk menerapkan  mediaweb enhanced course dalam  pembelajaran sebagai salah satu alternatif guru dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Keywords


Media Web Enhanced Course, Hasil Belajar

References


Abdurrahman, Mulyono. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar, Jakarta: PT.Rineka Cipta.

Asyhar,Rayandra2011.Kreatif MengembangkanMediaPembelajaran.Jakarta:GP. Press.

Azhar, Arsyad.2007. Media Pembelajaran.Jakarta: Raja Grafindo Persada

Azhar, Arsyad. 2011. Media Pembelajaran.Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Daryanto.2011.Media Pembelajaran.Bandung: Satu Nusa.

Geminastiti, Kinanti.2013.Ekonomi Untuk SMA/MA Kelas X Peminatan. Bandung:Yrama Widya.

Ibrahim, Nurdin. 2004. Pemanfaatan Tutorial Audio Interaktif, Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, No. 044, Tahun Ke-9, September, 2004.

Ibrahim, Nurdin. 2011. Pemanfaatan Tutorial Audio Interaktif, Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, No. 044, Tahun 2011.

Johan, riche cyntia. 2008. Pengaruh Pesan Visua Web terhadap pembentukan Motivasi belajar secara Visrtual. Dalam Mimbar Pendidikan UPI Vol. XXXII No.3 Tahun 2008.

Miarso, Yusufhadi. 2011. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Purwanto, Ngalim.2002.Psikologi Pendidikan.Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Raharja, Pratama dan Manurung, Mandala. 2008. Pengantar Ilmu Ekonomi. Jakarta: LP. FEUI.

Riduwan.2010. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru – Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Rusman. 2012. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta.

Sadiman, Arief S. 2011. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali.

Salma, Dewi Prawiradilaga.2008. Mozaik Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sa’ud, udin. 2009. Inovasi pendidikan. Banadung: ALFABETA.

Soekartiwi.2004.E-learning untuk Pendidikan Khususnya Pendidikan Jarak jauh dan Aplikasinya Di Indonesia, Mozaik Teknologi Pendidikan. Jakarta: Prenada Media.

Sudjana, Nana. Dan Ahmad, Rivai. 2002. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sudjiono, Anas.2011.Pengantar Evaluasi Pendidikan.Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta Bandung.

Sugiyono. 2010. Statistik dan Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suyanto, Asep Herman. 2005. Mengenal E Learning. Tersedia pada http://www.asep-hs.web.ugm.ac.id.

Syah, Muhibbin. 2006.Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Warsita, Bambang.2008. Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Wijaya, Muksin.2012.“Pengembangan Media Pembelajaran E Learning Berbasis Web dengan Prinsip E-pedagogy dalam Meningkatkan HasilBelajar” http:www.bpkpenabur.or.id/files/hal.20 37.Pengembangan Model Pembelajaran R.Pdf.Diakses 9 April 2014.




DOI: https://doi.org/10.36706/jp.v2i2.5544

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal PROFIT Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi

e-ISSN: 2620-8504 p-ISSN: 2355-7176

PUBLISHED BY :

Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Pendidikan IPS Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya

Jl. Raya Palembang - Prabumulih Indralaya Ogan Ilir Sumatera Selatan

email :profitp_ekonomi@fkip.unsri.ac.id

SPONSORSHIP BY :

 INDEXED BY :

      

 

Creative Commons License
The Journal PROFIT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View PROFIT Stats Flag Counter