PENGEMBANGAN PENDIDIKAN PARTISIPATIF SEBAGAI UPAYA MENGHADAPI MASYARAKAT EKONOMI ASEAN
Abstract
Abstract : Asean Economic Community (AEC) is a part of social change will be faced by the nation of Indonesia. On a global scale, MEA is began to the development of strategic sectors such as economic development, the application of information technology and the creation of a conducive socio-cultural in masyarakat.In life, education became the main focus in producing quality human resources. Thus, intelligently filling of opportunities and face the challenges MEA.Therefore, participatory learning, which is based on the individual's involvement in a whole series of learning becomes important to develop. Teachers as educators function as a facilitator and partner simultaneously. The taps in the expression is opened widely and integrative bagisetiap individuals.In the process of the development of participatory learning, experience and reasoning thinking as bases in sharpening social sensitivity is intended to respond to social change. So that individuals are able to see and understand the social reality as a whole. In addition, individuals should be able to read or potential opportunities in the face of the MEA. Thus, the potential will be able to thrive in both the local and global scale. Through the development of participatory education learning, learners are encouraged to be able to be personally critical, creative and innovative. With so may increase the human resources that are responsive and adaptive to social change.
Abstrak : Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) merupakan bagian dari perubahan sosial yang akan segera dihadapi oleh bangsa Indonesia. Dalam skala global,MEAakanmenitikberatkan pada upaya pengembangan sektor strategis seperti pembangunan ekonomi, penerapan teknologi informasi dan penciptaan sosial budaya yang kondusif dalam kehidupan masyarakat.Untuk itu,pendidikan menjadi lokus utama yang dinilaiberkontribusi dalam menghasilkan sumber daya manusia berkualitas. Sehingga, mampu secara cerdas mengisi peluang sekaligus menghadapi tantangan MEA.Oleh sebab itu, pembelajaran partisipatif yang bertumpu pada keterlibatan individu dalam seluruh rangkaian pembelajaran menjadi penting untuk dikembangkan. Guru sebagai tenaga pendidik menjalankan fungsi sebagai fasilitator sekaligus patner secara bersamaan. Keran dalam berekspresi dibuka secara luas dan integratif bagisetiap individu. Dalam proses pengembangan pembelajaran partisipatif,pengalaman dan penalaran berpikir menjadi basis dalam mengasah kepekaan sosial yang ditujukan untuk merespon perubahan sosial. Sehingga individu mampu melihat dan memahami realitas sosial secara utuh.Disamping itu, individu diharapkan mampu membaca peluang ataupun potensi diri dalam menghadapi MEA. Dengan demikian, potensi akan dapat berkembang baik dalam skala lokal maupun global. Melalui pengembangan pembelajaran pendidikan partisipatif, peserta didik didorong untuk dapat menjadi pribadi yang kritis, kreatif serta inovatif.Dengan begitu dapat meningkatkan sumber daya manusia yang responsif dan adaptif terhadap perubahan sosial.Keywords
References
Abduh, Ahmad H. 2013. Pengembangan Hypermedia Berbasis World Wide Web Bertemakan Curug Silawe Materi Pokok Usaha dan Energi Sebagai Media Pembeljaran Untuk SMP/MTs, Skripsi (Tidak Diterbitkan). Jurusan Pendidikan Fisika. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Anitah, Sri. 2009. Strategi Pembelajaran. Jakarta : Universitas Terbuka
Aqib, Zainal. 2013. Model-Model Media dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.
Arifin, Zainal, dkk. 2012. Pengembangan Pembelajaran Aktif dengan ICT.Yogyakarta : Skripta Media Creative.
Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Grafindo Persada.
Dananjaya, Utomo. 2010. Media Pembelajaran Aktif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Daryanto. 2010. Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta:Gava Media
Darsono, Max, dkk. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Semarang : IKIP Semarang Press.
Diat, Lantip & Riyanto. 2011. Teknologi Informasi Pendidikan. Yogyakarta : Gava Media
Dimyati dan Mudijono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya.
Erma, Ade, Suryani. 2013. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Komputet Model Permainan Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Muhammadiyah 1 Palembang. Universitas Sriwijaya. Tidak diterbitkan.
Gulo, W. 2002.Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Grasindo.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.2013.Kurikulum 2013.Jakarta : Tim Penelitian dan Pengembangan.
Kustandi, Cecep & Sutjipto, Bambang. 2011. Media Pembelajaran Manual danDigital.Bogor : Ghalia Indonesia.
Mardalena, Ita. 2012. “Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Konstruktivisme Menggunakan Macromedia Flash Profesional 8 pada Mata Pelajaran Biologi Kelas XI Sekolah Menengah Atas”.Thesis.Palembang : Program Studi Teknologi Pendidikan Universitas Sriwijaya. Tidak dipublikasikan.
Munir. 2009. Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung : CV ALFABETA.
Nurlawati. 2000. Pendekatan-Pendekatan Konsturktivitas Dalam Pembelajaran Surabaya: Program Pasca Sarjana IKIP Surabaya.
Prawiradilaga, Dewi Salma. 2008. Prinsip Disain Pembelajaran (Instructional Design Principles).Bandung : Prenada Media Group.
Roziqin, Muhammad Zainur. 2007. Moral Pendidikan di Era Globa; Pergeseran Pola Interaksi Guru-Murid di Era Global. Malang : Averroes Press.
Rusman. 2011. Model – Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta : Rajawali Pers.
Sadiman, Arif s & R Raharjo. 2009. Media Pendidikan : Pengertian, Pengembangan, danPemanfaatnya. Jakarta : Rajawali Pers
Sanjaya, Wina. 2010. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta : Kencana.
Smaldino, Sharon E. 2011. Instructional Technology and Media for Learning ; Teknologi Pembelajaran dan Media Untuk Belajar. Bandung : Prenada Media Group.
Sudjana, Nana & Rivai, Ahmad. 2011. Media Pengajaran. Bandung : Sinar Baru Algensindo.
Sudjana.2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar.Bandung : Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : CV. ALFABETA.
Sukardi. 2010. Evaluasi Pendidikan: prinsip dan operasionalnya. Jakarta:PT.Bima Aksara.
Susilana, Rudi dan Cepi Riyana. 2007. Media Pembelajaran. Bandung : CV Wacana Prima.
Trianto, M.P.D.2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Prograsif: KonsepLandasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta : Kencana.
Udin, S. 2007. Perencanaan Pendidikan : Suatu Pendekatan Komprehensif. Bandung : Rosda.
Wena, Made. 2011. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer : Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Yogyakarta:Media
Article Statistic
Abstract view : 330 timesPDF views : 683 times
How To Cite This :
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Ika Pasca Himawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.