ANALISIS KECAKAPAN HIDUP SISWA PADA PEMBELAJARAN EKONOMI KREATIF MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DI SMA NEGERI 15 PALEMBANG

Rafika Rahmadani(1*), Riswan Jaenudin(2), Ikbal Barlian(3)
(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author
DOI : 10.36706/jp.v3i1.5559

Abstract

Abstract : Formulation of the problem in this researh is how the values of the specific skills of students learning the creative economy through project based learning can see values on specific skills of students. The variables of this study are life skills that are restricted to specific skills and focused on values. the subject were SMAN 15 Palembang X. IPS 2 grade students and one teacherof the creative economy. observational data used to determine the values of the specific skills of the students, a quetionnaire used to determine students respons to learning the creative economy and the interview is used to determine the creative economy concept of learning through projrct based learning. the result showed that the values of the specific skills students consisting of academy pretty good. Result for the value of academic skill was 68,7% in the category is quite good and the value of vocational skills is 69,7% and can be quite good. It shows that with in the students have the values of the good life skills so that these values can be used as the procces of formation student skill.

Abstrak : Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana nilai-nilai kecakapan spesifik siswa pada pembelajaran ekonomi kreatif di SMA Negeri 15 Palembang dan bagaimana pembelajaran ekonomi kreatif melalui pembelajaran berbasis proyek dapat memperlihatan nilai-nilai pada kecakapan spesifik siswa. Variabel penelitian ini adalah kecakapan hidup siswa yang dibatasi pada kecakapan spesifik dan difokuskan pada nilai-nilainya.Subjek penelitian ini adalah SMA Negeri 15 Palembang dengan siswa kelas X.IPS 2 dan satu guru mata pelajaran ekonomi kreatif.Data observasi digunakan untuk mengetahui nilai-nilai kecakapan spesifik siswa, angket digunakan untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap pembelajaran ekonomi kreatif dan wawancara digunakan untuk mengetahui konsep pembelajaran ekonomi kreatif melalui pembelajaran berbasis proyek.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai-nilai kecakapan spesifik siswa yang terdiri dari kecakapan akademik dan kecakapan vokasional terlihat cukup baik. Hasil untuk nilai kecakapan akademik adalah 68,7% masuk dalam kategori cukup baik dan nilai kecakapan vokasional adalah 69.7% dan dapat dikatakan cukup baik. Hal tersebut menunjukkan bahwa di dalam diri siswa memiliki nilai-nilai kecakapan hidup yang baik sehingga nilai-nilai tersebut dapat dijadikan sebagai proses pembentukan keterampilan diri siswa.

Keywords


kecakapan hidup, nilai-nilai, kecakapan akademik dan kecakapan vokasional, pembelajaran ekonomi kreatif, pembelajaran berbasis proyek

References


Anwar, 2006.Pendidikan Kecakapan Hidup(Life Skills Education) Konsep dan Aplikasi.Bandung: Alfabeta.

Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Depdiknas. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasiona, Jakarta: Depdiknas.

E, Mulyasa. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi, Konsep, Karakteristik dan Implementasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

George Lucas Educational Foundation, 2005. Intructional Module Project Based Learning.(Diaksesmelaluihttp://www.edutopia.org/modules/PBL/whatpbl.php 10-08-2014)

Jamal Ma’mur Asmani. 2009. Sekolah life skill, Lulus Siap Kerja. Yogyakarta: Diva Press.

Kattsoff, Louis O. 1992. Element of Philosophy, Alih Bahasa Soejono Soemargono. Yogyakarta: Tiara Wacana

Mawardi, Imam. 2012. Pendidikan Life Skills Berbasis Budaya Nilai-nilai Islami dalam Pembelajaran.(Dimuat dalam Jurnal Pendidikan Islam Vol. 6. No.2. Oktober 2012)

Michael, M. Grant, 2002. Getting A Grip on Project Based-Learning: Theory, Cases and Recomendations. North Carolina: Meredian A Middle School Computer Technologies Journal (vol 5 2002, hal 1-3).

Pardjono. 2003. Kecakapan Hidup (Life skill) dan Urgensinya Bagi Sekolah Menengah Kejuruan (Dimuat dalam Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan edisi Mei 2003 oleh LPM-UNY)

Riduwan.2012. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan, Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta

Sampurno, Agus. 2006. Penerapan Metode Belajar Aktif dan Pembelajaran Berbasis Proyek. Jakarta: Rineka Cipta.

Siti Irene Astuti D. 2003. Pengembangan Kecakapan Hidup(life skill) Melalui Peranana Etos Kerja dan Membangun Kreativitas Anak.Yogyakarta: Cakrawala.

Sugiono, 2007.Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiono, 2010.Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukidjo, 2003.Peranan Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skills) dalam Mengatasi Penganggguran Terdidik. Yogyakarta: Cakrawala Pendidikan.

Sumarmi, Sri. 2002. Konsep Dasar Pendidikan Kecakapan Hidup (life skill) dan Relefansinya dengan Pendidikan Islam, Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, Vol.4 No. 3 hal 127)

Suryana, 2013.Ekonomi Kreatif, Ekonomi Baru: Mengubah Ide dan Menciptakan Peluang. Jakarta: Salemba Empat

Turgut, Hall. 2008. Prospective Science Teacher Conceptualizations About Project Based Learnin. International Journal of Instructions.Vol 1 No. 2.61-79.


Article Statistic

Abstract view : 443 times
PDF views : 1644 times

The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: PDF

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Rafika Rahmadani, Riswan Jaenudin, Ikbal Barlian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.