• https://theoejwilson.com/
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • 55kbet
  • slot gacor
  • garudaslot
  • link slot gacor
  • PERBANDINGAN PENGARAUH TEKNIK READING QUIZ DENGAN QUESTION STUDENT HAVE TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPS DI SMPN 1 PALEMBANG | Deta | Jurnal PROFIT: Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi

    PERBANDINGAN PENGARAUH TEKNIK READING QUIZ DENGAN QUESTION STUDENT HAVE TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPS DI SMPN 1 PALEMBANG

    Ayu Deta(1*), Siti Fatimah(2), Rusmin AR(3)
    (1) 
    (2) 
    (3) 
    (*) Corresponding Author
    DOI : 10.36706/jp.v3i2.5566

    Abstract

    Absract: The purpose of this research to prove the difference influence between technique Reading Quiz with Question Student Have tolearning’s outcomes of students in social studies lesson at SMPN 1 Palembang. This research uses the quantitative method. The research population was the  whole class VIII SMPN 1 Palembang second semester of the 2015/2016 academic year. The research sample using cluster sampling.Data collection techniques in the form of tests and observation. The result from analysis there are differences of impact that technique Reading Quiz higher than technique Question Student Have  to learning’s outcomes of students in learning social studies at SMPN 1 Palembang. The results of the analysis of experimental observations on the class-1 can be interpreted in learning activities direct from learning is very strong and the other one on eksperimen-2 is strong. Advice relating to the use of techniques Reading Quiz can foster self-confidence for student to face learners and Reading Quiz. While the technique of Question Student Have if the classroom allows the better position of learners should be circular.

    Abstrak:Tujuan penelitian ini untuk membuktikanperbedaan pengaruh teknikReading Quiz dengan Question Student Have terhadap hasil belajar peserta didikpada pembelajaran IPSdi SMPN 1 Palembang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif.Populasi penelitian adalah seluruh kelas VIII SMPN1 Palembang semester genap tahun pelajaran 2015/2016. Sampel penelitian menggunakan Cluster Sampling. Teknik pengumpulan data berupa tes dan observasi.Berdasarkan anlisis data yang dilakukan terdapat perbedaan pengaruh teknik Reading Quiz lebih tinggi dari pada teknik Question Student Have terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPS di SMPN 1 Palembang. Hasil analisis observasi pada kelas eksperimen-1 dapat diinterprestasikan aktivitas yang dilakukan dalam pembelajaran yaitu sangat kuat dan eksperimen-2 kuat. Saran yang berkaitan dengan penggunaan teknik Reading Quiz dapat menumbuhkan rasa percaya diri peserta didik dan dalam menghadapi kuis bacaan. Sedangkan teknik Question Student Have jika ruangan kelas memungkinkan maka lebih baik posisi peserta didik sebaiknya melingkar.

    Keywords


    TeknikReading Quiz, Teknik Question Student Have, Hasil Belajar

    References


    Daryanto, 2014. Pembelajaran Tematik, Terpadu, Terintegrasi (Kurikulum 2013). Yogyakarta: Gava Media

    Depdikbud, 2014. Laporan Hasil Belajar Siswa. Jakarta: Satandar Nasional Pendidikan.

    Djamarah, Syaiful Bahri, 2010. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

    Dimyati dan Mudjiono, 2013. Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

    Hariyanto dan Warsono, 2014. Pembelajaran Aktif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

    Hollingsworth, Pat,dan Lewis Gina, Analisis Wacana: Pembelajaran Aktif. Diterjemah oleh Pambudi, Isnanto, dan Aryanto, 2008. Jakarta: PT. Indeks.

    Huda, Miftahul, 2011. Cooverative Learning Metode, Teknik, Struktur dan Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

    Kosasi, Nadang & Sumarna, Dede, 2013. Pembelajaran Quantum dan Optimulisasi Kecerdasan. Bandung: Alfabeta.

    Prastowo, Andi, 2013. Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Yogyakarta: Diva Press.

    Purwanto, 2009. Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

    Purwanto, M., Ngalim. 2012. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

    Riduwan,2012. Dasar-dasar Statistik. Bandung: Alfabeta.

    Sani, Ridwan Abdullah, 2013. Inovassi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

    Septaria, Linda, 2011. Pengaruh Penarapan Strategi Pembelajaran Pertanyaan Yang Dimiliki Peserta Didik terhadap Keaktifan Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA N 10 Palembang. Skripsi. FKIP UNSRI.

    Sudjana, 2005. Metode Statistika. Bandung: PT. Tristo Bandung.

    Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

    Suprijono, Agus, 2013. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka pelajar.

    Syaiful, Bahri Djawarah dan Aswar Zaini, 2006. Startegi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Rineka Cipta.

    Taniredja dkk, 2014. Model-model Pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung: Alfabeta


    Article Statistic

    Abstract view : 346 times
    PDF (Bahasa Indonesia) views : 628 times

    The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

    If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

    Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

    Fullscreen Fullscreen Off

    Full Text: PDF (Bahasa Indonesia)

    How To Cite This :

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    Copyright (c) 2018 Ayu Deta, Siti Fatimah, Rusmin AR

    Creative Commons License
    This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.