ANALISIS KECERDASAN INTERPERSONAL PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN EKONOMI DI KELAS X SMA NEGERI 2 TANJUNG RAJA
Abstract
Abstract : This research aims to describe the interpersonal intellegence at economic learning of tenth grade students in SMA Negeri 2 Tanjung Raja at second semester in 2014/2015. The method of this research was descriptive. The population were all students of tenth grade at SMA Negeri 2 Tanjung Raja that amounted 145 students. The sampel of his research was using proportional random sampling, so that get 100 students. The data collection using questionnaire, interviews, and observation. The data were analyzed by quantitative and qualitative method. The result of this research show that, overall the interpersonal intellegence of students was on high category, it means that students could make the social relation on economics learning well. Seen from social sensitivity on high category (80,10%) consist of emphaty very high (84,52%) dan prosocial high (75,67%); social communication on high category (80,32%) consist of indicator can doing communication with decent high (74,65%) and listenig efectively very high (85,99%); social insight on high category (80,43%) consist of indicator self awareness very high (83,85%) and insight of ethics and social situasion high (77,02%). suggested for teachers to improve the guidance and counseling so that some interpersonal intellegence problem which found in this research can be repair so that learning procces especially economic learning can performing well.
Abstrak: Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kecerdasan interpersonal peserta didik pada pembelajaran ekonomi di kelas X SMA Negeri 2 Tanjung Raja semester genap tahun pelajaran 2014/2015. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling, diperoleh sampel 100 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dan observasi. Analisis data menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan secara keseluruhan kecerdasan interpersonal peserta didik berada pada kategori tinggi artinya peserta didik sudah mampu menjalin hubungan sosial dengan baik dalam pembelajaran ekonomi; dilihat dari dimensi sensitivitas sosial dengan kategori tinggi (80,10%) terdiri dari indikator empati sangat tinggi (84,52%) dan sikap prososial tinggi (75,67%); dimensi komunikasi sosial dengan kategori tinggi (80,32%) terdiri dari indikator mampu melakukan komunikasi dengan santun terkategori tinggi (74,65%) dan mendengarkan efektif sangat tinggi (85,99%); dimensi pemahaman sosial dengan kategori tinggi (80,43%) terdiri dari indikator kesadaran diri sangat tinggi (83,85%) dan pemahaman etika serta situasi sosial tinggi (77,02%). Peneliti menyarankan agar guru dapat bekerja sama untuk meningkatkan layanan bimbingan konseling agar nantinya permasalahan kecerdasan interpersonal pada proses pembelajaran yang ditemukan dalam penelitian ini akan dapat teratasi sehingga proses pembelajaran khususnya pembelajaran ekonomi dapat terlaksana dengan baik.Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Alwi, Muhammad. 2014. Anak Cerdas Bahagia Dengan Pendidikan Positif. Jakarta : Noura Books.
Arikunto, Suharsimi. 2013. Manajemen Penelitian. Jakarta:Rineka Cipta
Armstrong, Thomas. 2005.7 Kinds Of Smart. Menemukan dan Meningkatkan Kecerdasan Anda Berdasarkan Teori Multiple Intelligence. Jakarta:PT Gramedia Pustaka Utama.
Azwar, Syaifuddin. 2010. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Budiningsih, Asri. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta
Dalyono.2010. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.
Gunawan, Adi W. 2007. Genius Learning Strategy. Jakarta: PT Gramedia Pustaka.
Hanafiah, Nanang dan Cucu Suhana. 2009.Konsep Strategi Pembelajaran.Bandung:Refika Aditama.
Handini, Risa. 2013. Kecerdasan Interpersonal Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Kembaran Kulon I. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 1 Tahun ke III 2014 : 1-7.
Riyanto, Yatim. 2009. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta : kancana Prenada Media Group.
Safaria,Triantoro. 2005. Interpersonal Intlligence:Metode Pengembangan Kecerdasan Interpersonal Anak. Yogyakarta : Amara Books.
Slameto. 2010. Belajar danFaktor-faktor Yang Mempengaruhinya.Jakarta : Rineka Cipta
Suardana, dkk. 2014.Hubungan Antara Interpersonal Intelligence Dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V Sdn Gugus Letkol I Gusti Ngurah Rai Denpasar.Jurnal Mimbar PGSD Universitas PendidikanGanesha Jurusan PGSD (Vol: 2 No: 1 Tahun 2014), 1-10
DOI: https://doi.org/10.36706/jp.v3i2.5570
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Wulandari Wulandari, Riswan Jaenudin, Rusmin AR
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal PROFIT Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi
e-ISSN: 2620-8504 p-ISSN: 2355-7176PUBLISHED BY :
Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Pendidikan IPS Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas SriwijayaJl. Raya Palembang - Prabumulih Indralaya Ogan Ilir Sumatera Selatan
email :profitp_ekonomi@fkip.unsri.ac.id
SPONSORSHIP BY :
INDEXED BY :
The Journal PROFIT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View PROFIT Stats