IMPLEMENTASI STANDAR PENILAIAN DALAM PEMBELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 4 PAGARALAM
Abstract
Abstract:This study discusses the implementation of the economic assessment standards in learning in SMAN 4 Pagaralam. The formulation of the problem is how the implementation of the economic assessment standards in learning in SMAN 4 Pagaralam? The variables of this study is the economic assessment standards in learning. This research uses descriptive method. The subjects were 4 economics teacher at SMAN 4 Pagaralam. Data were collected by interview and documentation. The results show that the assessment standards are 8 aspects that make the design and assessment criteria and are informed at the beginning of the semester is very good with the average percentage of 100%, developing indicators and determining the valuation technique is very good with the average percentage of 87.5%, developing assessment instruments and guidelines for good with the acquisition of a percentage of 56.25%, carrying out tests, observations, assignments, and other necessary forms well with the average percentage of 58.33%, processing the results of the assessment of learners well with the average percentage of 75%, restoring the examination results of students work very well with a mean percentage of 100%, utilizing the results of the assessment for learning improvement both with a mean percentage of 75%. reported the results of the assessment included in the criteria very well with the acquisition of a percentage of 100%. Economics teacher suggested that more focus in preparing all the completeness of assessment and assessment techniques to be used to achieve the indicators that have been set.
Abstrak: Penelitian ini membahas tentang implementasi standar penilaian dalam pembelajaran ekonomi di SMA Negeri 4 Pagaralam. Rumusan masalahnya adalah bagaimanakah implementasi standar penilaian dalam pembelajaran ekonomi di SMA Negeri 4 Pagaralam ?. Variabel penelitian ini adalah standar penilaian pada pembelajaran ekonomi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah 4 guru ekonomi di SMA Negeri 4 Pagaralam. Data dikumpulkan dengan teknik wawancara dan dokumentasi. Hasilnya menunjukkan bahwa standar penilaian terdiri dari 8 aspek yaitu membuat rancangan dan kriteria penilaian dan diinformasikan pada awal semester sangat baik dengan rerata persentase 100%, mengembangkan indikator dan menentukan teknik penilaian sangat baik dengan rerata persentase 87,5%, mengembangkan instrumen dan pedoman penilaian baik dengan perolehan persentase sebesar 56,25%, melaksanaan tes, pengamatan, penugasan, dan bentuk lain yang diperlukan baik dengan rerata persentase 58,33%, mengolah hasil penilaian peserta didik baik dengan rerata persentase 75%, mengembalikan hasil pemeriksaan pekerjaan peserta didik sangat baik dengan rerata persentase sebesar 100%, memanfaatkan hasil penilaian untuk perbaikan pembelajaran baik dengan rerata presentase sebesar 75%. melaporkan hasil penilaian termasuk ke dalam kriteria sangat baik dengan perolehan persentase sebesar 100%. Guru ekonomi disarankan agar lebih fokus dalam menyiapkan semua kelengkapan penilaian dan teknik penilaian yang akan digunakan untuk mencapai indikator yang telah ditetapkanKeywords
References
Adji, dkk. 2007. Ekonomi SMA/MA Kelas X. Jakarta: Erlangga.
Anonim. 2011. Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sinar Grafika.
Aunurrahman. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Chandra, Kurniawan. Studi Implementasi Standar Penilaian Pendidikan oleh Guru Fisika SMA di Kota Medan. Jurnal FMIPA-Unimed Medan.
Depdiknas. 2008. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Standar Kompetensi. Jakarta : Depdiknas.
Depdiknas, Permendiknas Nomor 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian Pendidikan.
Mulyasa. 2010. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah. Jakarta : Bumi Aksara.
Uno, Hamzah.B dan Satria Koni. 2013. Assessment Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Wardhani, Sri. 2008. Standar Penilaian Pendidikan (Implikasinya Terhadap Tugas Guru Matematika dan Sekolah). Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matemtika.
Article Statistic
Abstract view : 663 timesPDF (Bahasa Indonesia) views : 1166 times
How To Cite This :
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Chatida Noor Ardilla, Siti Fatimah, Deskoni deskoni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.