• https://theoejwilson.com/
  • santuy4d
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • https://perpustakaan.stpreinha.ac.id/mahasiswa/
  • https://www.lml.stpreinha.ac.id/lab/
  • https://cursosvirtuales.icip.edu.pe/nice/
  • slot resmi
  • IMPLEMENTASI STANDAR PENILAIAN DALAM PEMBELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 4 PAGARALAM | Ardilla | Jurnal PROFIT: Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi

    IMPLEMENTASI STANDAR PENILAIAN DALAM PEMBELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 4 PAGARALAM

    Chatida Noor Ardilla, Siti Fatimah, Deskoni deskoni

    Abstract


    Abstract:This study discusses the implementation of the economic assessment standards in learning in SMAN 4 Pagaralam. The formulation of the problem is how the implementation of the economic assessment standards in learning in SMAN 4 Pagaralam? The variables of this study is the economic assessment standards in learning. This research uses descriptive method. The subjects were 4 economics teacher at SMAN 4 Pagaralam. Data were collected by interview and documentation. The results show that the assessment standards are 8 aspects that make the design and assessment criteria and are informed at the beginning of the semester is very good with the average percentage of 100%, developing indicators and determining the valuation technique is very good with the average percentage of 87.5%, developing assessment instruments and guidelines for good with the acquisition of a percentage of 56.25%, carrying out tests, observations, assignments, and other necessary forms well with the average percentage of 58.33%, processing the results of the assessment of learners well with the average percentage of 75%, restoring the examination results of students work very well with a mean percentage of 100%, utilizing the results of the assessment for learning improvement both with a mean percentage of 75%. reported the results of the assessment included in the criteria very well with the acquisition of a percentage of 100%. Economics teacher suggested that more focus in preparing all the completeness of assessment and assessment techniques to be used to achieve the indicators that have been set. 

    Abstrak: Penelitian ini membahas tentang implementasi standar penilaian dalam pembelajaran ekonomi di SMA Negeri 4 Pagaralam. Rumusan masalahnya adalah bagaimanakah implementasi standar penilaian dalam pembelajaran ekonomi di SMA Negeri 4 Pagaralam ?. Variabel penelitian ini adalah standar penilaian pada pembelajaran ekonomi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah 4 guru ekonomi di SMA Negeri 4 Pagaralam. Data dikumpulkan dengan teknik wawancara dan dokumentasi. Hasilnya menunjukkan bahwa standar penilaian terdiri dari 8 aspek yaitu membuat rancangan dan kriteria penilaian dan diinformasikan pada awal semester sangat baik dengan rerata persentase 100%, mengembangkan indikator dan menentukan teknik penilaian sangat baik dengan rerata persentase 87,5%, mengembangkan instrumen dan pedoman penilaian baik dengan perolehan persentase sebesar 56,25%, melaksanaan tes, pengamatan, penugasan, dan bentuk lain yang diperlukan baik dengan rerata persentase 58,33%, mengolah hasil penilaian peserta didik baik dengan rerata persentase 75%, mengembalikan hasil pemeriksaan pekerjaan peserta didik sangat baik dengan rerata persentase sebesar 100%, memanfaatkan hasil penilaian untuk perbaikan pembelajaran baik dengan rerata presentase sebesar 75%. melaporkan hasil penilaian termasuk ke dalam kriteria sangat baik dengan perolehan persentase sebesar 100%. Guru ekonomi disarankan agar lebih fokus dalam menyiapkan semua kelengkapan penilaian dan teknik penilaian yang akan digunakan untuk mencapai indikator yang telah ditetapkan

    Keywords


    Standar Penilaian, Pembelajaran Ekonomi

    References


    Adji, dkk. 2007. Ekonomi SMA/MA Kelas X. Jakarta: Erlangga.

    Anonim. 2011. Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sinar Grafika.

    Aunurrahman. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

    Chandra, Kurniawan. Studi Implementasi Standar Penilaian Pendidikan oleh Guru Fisika SMA di Kota Medan. Jurnal FMIPA-Unimed Medan.

    Depdiknas. 2008. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Standar Kompetensi. Jakarta : Depdiknas.

    Depdiknas, Permendiknas Nomor 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian Pendidikan.

    Mulyasa. 2010. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah. Jakarta : Bumi Aksara.

    Uno, Hamzah.B dan Satria Koni. 2013. Assessment Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

    Wardhani, Sri. 2008. Standar Penilaian Pendidikan (Implikasinya Terhadap Tugas Guru Matematika dan Sekolah). Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matemtika.




    DOI: https://doi.org/10.36706/jp.v3i2.5571

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    Copyright (c) 2018 Chatida Noor Ardilla, Siti Fatimah, Deskoni deskoni

    Creative Commons License
    This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

    Jurnal PROFIT Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi

    e-ISSN: 2620-8504 p-ISSN: 2355-7176

    PUBLISHED BY :

    Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Pendidikan IPS Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya

    Jl. Raya Palembang - Prabumulih Indralaya Ogan Ilir Sumatera Selatan

    email :profitp_ekonomi@fkip.unsri.ac.id

    SPONSORSHIP BY :

     INDEXED BY :

          

      JournalStories Main logo

    Creative Commons License
    The Journal PROFIT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View PROFIT Stats Flag Counter