ANALISIS FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 15 PALEMBANG
Abstract
Abstract: This research is analysist factor learning’s student that makes result low on economiclearning at SMA Negeri 15 Palembang The problem on this research was how the internal and eksternal factor make effect the learning’s outcome low to students class X at SMA negeri 15 palembang.The purpose of this study was to determine the factors that cause low yields of class X student at SMAN 15 Palembang. This research subject is class X.1, X.2 and X.3 comprising 118 students Sampling uses purposive sampling with the requirements of the required learning outcomes of students who KKM under 78 amount to 70 students. In this research conducted with supporting documentation as to complement the existing data in the field, distributing questionnaires to students, as well as interviews directly to economics teacher. Based on the conclusions the researchers can give advice to students in order to improve learning outcomes on economic subjects, teachers should use teaching methods that interest students, to further research if using a statement questionnaire should use language that facilitates students will have no difficulty in answering statement questionnaire.
Abstrak: Penelitian ini berjudul “Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 15 Palembang”.Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana faktor internal dan faktor eksternal dapat menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa kelas X IPS di SMA Negeri 15 Palembang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor penyebab rendahnya hasil belajar siswa kelas X di SMA Negeri 15 Palembang. Subjek penelitian ini merupakan kelas X.1, X.2 dan X.3 yang terdiri 118 siswa Pengambilan sampel menggunaan purposive sampling yang sesuai dengan persyaratan yang diperlukan hasil belajar siswa yang nilai KKM di bawah 78 yang berjumlah 70 siswa. Dalam penelitian ini dilakukan dengan dokumentasi sebagai pendukung dalam melengkapi data yang ada di lapangan, melakukan penyebaran angket kepada siswa, serta wawancara secara langsung kepada guru ekonomi. Berdasarkan simpulan maka peneliti dapat memberikan saran untuk siswa agar dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi, untuk guru seharusnya menggunakan metode pembelajaran yang menarik perhatian siswa, untuk peneliti selanjutnya jika menggunakan pernyataan angket seharusnya menggunakan kalimat yang memudahkan siswa sehingga siswa tidak mengalami kesulitan dalam menjawab pernyataan angketKeywords
References
Arikunto, Suharismi. 2010. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek.
Jakarta:Rineka Cipta.
Arikunto, Suharismi dan Cepi Safruddin Abdul Jabar. 2009. Evaluasi program pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Dalyono, 2009.psikologi Pendidikan. Jakarta. PT. Rineka Cipta
Djamarah, Saiful bahri. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. 2006. Proses BelajarMengajar. Bumi Aksara: Jakarta
Mulyasa, 2006. Kurikulum yang disempurnakan.Bandung:PT Remaja Rosda Karya.Poerwadarminta, W.JS. Kamus Umum Bahasa Indonesia.
Syah, Muhibbin, 2009. Psikologi Belajar. Jakarta, PT: Raja Grafindo Persada
Riduwan.2012. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan, Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.
Slameto. 2010. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta:PT Rineka Cipta.
St. Y. Slamet dan Suwarto. 2007. Dasar-dasar Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: UNS Press
Sadirman,2011. Interaksi dan motivasi Belajar mengajar.Jakarta : Rajawali Pers.
Article Statistic
Abstract view : 8618 timesPDF (Bahasa Indonesia) views : 16539 times
How To Cite This :
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Aisyah Aisyah, Riswan Jaenudin, Dewi Koryati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.