PERBANDINGAN PENGARUH MODEL CO-OP CO-OP DENGAN INTEGRATED READING AND COMPOSITION TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 1 PAGARALAM
Abstract
Abstract: The title of this research is “The Comparison of the Influence between Co-op Co-op Model and Integrated Reading and Composition Model in Learning Outcomes in Economics Subject in SMA Negeri 1 Pagaralam. For the research question in this study is “Whether or not there was any significant different influence in learning outcomes in learning Economics who were taught by using Co-op Co-op Model and those who were taught by using Integrated Reading Composition Model in SMA Negeri 1 Pagaralam.” This study is a comparative research which is used completely randomized design and pretest posttest. The populations of this study are tenth grade students of SMA Negeri 1 Pagaralam. The writer applied cluster random sampling, XH were chosen as experimental 1 class and XI class were chosen as experimental 2 class. Each of them consists of 34 students. For collecting the data, the writer used tests and observation. The hypothesis used parametric statistics, one way ANOVA and Fhitung value is bigger than Ftable so H0 is rejected and H1 is accepted. The result showed there was a significant different influence in learning outcomes in learning Economics who were taught by using Co-op Co-op Model and those who were taught by using Integrated Reading Composition Model in SMA Negeri 1 Pagaralam.” According to the difficulties in this study, for the teacher who will apply Co-op Co-p Model should offer the material in a good way and guide the students who find difficulties in learning the material individually. The teacher also controls the students when learning the material so there is no student who counting another friend in their groups. For the teacher who will apply Cooperative Integrated Reading and Composition Model should deliver the relevant texts and teach the material in easy way to be understood by the students.
Abstrak: Penelitian ini berjudul “Perbandingan Pengaruh Model Co-opCo-op dengan Model Integrated Reading and Composition terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Pagaralam”. Adapun rumusan masalah yaitu “apakah terdapat perbedaan pengaruh model Co-opCo-op dengan model Integrated Reading and Composition terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Pagaralam”. Penelitian ini merupakan penelitian komparatif, yang menggunakan desain compeletely randomized design, dengan bentuk pretest posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X di SMA Negeri 1 Pagaralam. Sampel penelitian menggunakan cluster random sampling, sehingga terpilih kelas X H sebagai kelas eksperimen 1 dan X I sebagai kelas eksperimen 2 yang masing-masing berjumlah 34 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan observasi.Hipotesis menggunakan statistik parametris yaitu anova satu jalan dan diperoleh nilai Fhitung lebih besar dari Ftabel maka hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan terdapat perbedaan pengaruh model Co-opCo-op dengan model Integrated Reading and Composition terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Pagaralam. Berdasarkan kendala dalam penelitian ini, disarankan guru yang akan menerapkan model Co-opCo-op harus menyajikan materi dengan baik sedangkan bagi guru yang akan menerapkan model Cooperative Integrated Reading and Composition harus menyediakan wacana yang tidak terlalu panjang dan dengan cara penyampaian yang mudah dipahami oleh peserta didikKeywords
References
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Adji, dkk. 2007. Ekonomi SMA/MA Kelas X. Jakarta: Erlangga.
Amri, Sofan. 2013. Pengembangan dan Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi pustakaraya.
Depdiknas. 2008. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Standar Kompetensi. Jakarta: Depdiknas.
Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Fathurrohman, Muhammad. 2015. Model-model Pembelajaran Inovatif, Alternatif Desain Pemelajaran yang Menyenangkan.Yogyakarta.Ar-Ruzz Media.
Isjoni. 2009. Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Ngalimun. 2014. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Oktariani, Feni. 2014. Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Peserta didik Kelas IV melalui Model CooperativeIntegrated Reading and Composition (CIRC) di SD Negeri 4 Palembang.Skripsi. Indralaya: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sriwijaya.
Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Prastowo, Andi. 2014. Pembelajaran Konstruktivistik- Scientific untuk Pendidikan Agama di Sekolah/Madrasah. Jakarta: Rajawali Pers.
Riduwan. 2013. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.
Rusman. 2012. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung Alfabeta
Rusman. 2010. Model-model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sani, Ridwan Abdullah.2014. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Sanjaya, Wina. 2013. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Bandung: Kencana.
Shadiq, Fadjar. 2009. Model-model Pembelajaran Matematika SMP. Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Matematika.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Article Statistic
Abstract view : 292 timesPDF (Bahasa Indonesia) views : 274 times
How To Cite This :
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Yuspitra Aliati, Ikbal Barlian, Siti Fatimah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.