• https://theoejwilson.com/
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • 55kbet
  • slot gacor
  • garudaslot
  • link slot gacor
  • PERSEPSI GURU HONORER SEKOTA PALEMBANG TERHADAP HAMBATAN DAN TANTANGAN DALAM MELAKSANAKAN TUGAS PENGAJARAN | Lestari | Jurnal PROFIT: Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi

    PERSEPSI GURU HONORER SEKOTA PALEMBANG TERHADAP HAMBATAN DAN TANTANGAN DALAM MELAKSANAKAN TUGAS PENGAJARAN

    Neta Dian Lestari(1*)
    (1) Universitas PGRI Palembang
    (*) Corresponding Author
    DOI : 10.36706/jp.v4i1.5581

    Abstract

    Abstract: The problems in this study is "What is the perception of honorary teachers in Palembang City against the obstacles and challenges faced in carrying out their duties?". The purpose of this study, based on the formulation of a problems is to review the obstacles and challenges that occur or experienced teachers honorary in carrying out their duties. This research uses single variable that is Perception of Honorary Teachers of Palembang City against Barriers and Challenges in Running Teaching Task Year 2016/2017. The method used in this research is descriptive research method. This study was conducted Against 19 schools in the city of Palembang, for, get data about teachers honorary. the place. Research sample was taken to 28 teachers honorary. Data collection techniques used are documentation techniques and questionnaires. The honorary teacher is asked to fill out a questionnaire with 48 questions. It is concluded that of the six indicators of economic and accounting teaching preparation, economic and accounting teaching process, economic and accounting teaching and learning medium, economic and accounting teaching methods, economic and accounting teaching evaluation, and remedial economic teaching and accounting of honorary teachers in Palembang city percentage category No Difficulties (TK) 50.66% is the largest, 38.66% category Simply Difficulty (CK), Difficulty category (K) 9.58%, and the category Very Difficult (SK) 1.10%. It can be concluded that the honorary teachers in Palembang city in the average category do not experience difficulties with the percentage of 50.66%.

    Abstrak: Masalah dalam penelitian ini sebagai berikut. “Bagaimana persepsi guru honorer se-kota palembang terhadap hambatan dan tantangan yang dihadapi dalam menjalankan tugasnya?”. Tujuan dalam penelitian ini, berdasarkan rumusan masalah di atas adalah untuk mengeta     hui hambatan dan tantangan yang terjadi atau yang dialami guru honorer dalam menjalankan tugasnya.Penelitian ini menggunakan Variabel tunggal yaitu Persepsi Guru Honorer Se-Kota Palembang terhadap Hambatan dan Tantangan dalamMenjalankan Tugas Pengajaran Tahun 2016/2017.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif.Penelitian ini di lakukan Terhadap 19 Sekolah di kota palembang, untuk, mendapatkan data tentang guru honorer. tempat. Sampel penelitian diambil terhadap 28 guru honorer.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi dan angket.Guru  honorer tersebut di minta mengisi angket dengan 48 pertanyaan. Disimpulkan bahwa dari keenam indikator persiapan pengajaran ekonomi dan akuntansi, proses pengajaran ekonomi dan akuntansi, sarana dan media pengajaran ekonomi dan akuntansi, metode pengajaran ekonomi dan akuntansi, evaluasi pengajaran ekonomi dan akuntansi, dan remedial pengajaran ekonomi dan akuntansi guru honorer di kota Palembang persentase kategori Tidak Kesulitan (TK) 50,66% adalah yang paling besar, 38,66% kategori Cukup Kesulitan (CK), kategori Kesulitan (K) 9,58%, dan kategori Sangat Kesulitan (SK)1,10%. Berarti dapat ditarik kesimpulan bahwa guru honorer di kota Palembang dalam kategori rata-rata tidak mengalami kesulitan dengan persentase sebesar 50,66%

    Keywords


    Hambatan dan Tantang pendidikan

    References


    Alwi Hasan, dkk. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia.Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional Balai Pustaka.

    Arikunto. Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian suatu pendekatan praktik. PT. Rineka Cipta. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya

    Abdurahman, Maman. Dr.,M.Pd dan Muhidin, Sambas Ali. S.Pd., M.Si. 2011. Panduan Praktis Memahami Penelitian. Pustaka Setia. Bandung. Hal.119

    Amilia Setiyaningsih dan (Ed). 2008. Transformasi Pendidikan, Memasuki Milenium Ketiga. Universitas Sanata Dharma. Yogyakarta.

    Arifin, 2007. “Problematika SDM Guru Dalam Penerapan KTSP (Sebuah Renungan mencari jalan keluar)”. Jurnal, Media, Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Jawa Timur. No.08/Th.XXXVII/ Oktober 2007. hal: 62-65.

    Hasan, M Iqbal. 2002. Pokok-pokok Materi Statistika 1 (Statistik Deskriptif). Edisi. Kedua. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

    Hasan, M. Iqbal. 2002. Pokok-pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Bogor: Ghalia Indonesia

    Riduwan, 2010.Metode & Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Bandung: Alfabeta

    Slamento. 2010. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinta. Jakarta: Renika Cipta

    Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

    Salgito, Bimo. 2010. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: CV Andi Offset


    Article Statistic

    Abstract view : 433 times
    PDF (Bahasa Indonesia) views : 1171 times

    The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

    If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

    Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

    Fullscreen Fullscreen Off

    Full Text: PDF (Bahasa Indonesia)

    How To Cite This :

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    Copyright (c) 2018 Neta Dian Lestari

    Creative Commons License
    This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.